Jadwal Kegiatan

Ibadah Umum - (08PM - 09PM)
Ibaadah Remaja - (09PM - 10PM)

Minggu 26 April 2020 : Roma 3 : 1 - 8

Invocatio : "Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah Pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu IA tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai IA akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya.( 1 Kor.10:13 ).

Bacaan.   : Bilangan 14 : 17-19

Khotbah  : Roma 3 : 1-8

Tema.     : Tuhan setia pada janjiNYA

Pendahuluan.

Sebagai manusia adalah mudah bagi kita untuk berjanji, namun untuk menepati janji itu tidaklah gampang, bahkan seringkali meleset.  Banyak orang kecewa karena orang yang diharapkan ternyata telah ingkar janji.  Seorang pemuda berjanji hendak menikahi seorang gadis, ternyata janji itu tidak ia tepati, ia malah berpaling ke lain hati dan meninggalkan gadis itu.  Janji manusia seringkali berujung pada kekecewaan, padahal pepatah dunia mengatakan bahwa janji adalah utang, sebab itu bayarlah janjimu supaya jangan berutang.

Namun, Bagaimana dengan Tuhan kalau Dia berjanji?  Alkitab menyatakan bahwa  "Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya,"  (2 Petrus 3:9a) dan  "Janji Tuhan adalah janji yang murni, bagaikan perak yang teruji, tujuh kali dimurnikan dalam dapur peleburan di tanah."  (Mazmur 12:7).  Karena itu jangan pernah ragu akan janji Tuhan.

ISI

Paulus mengingatkan kepada Jemaat Korintus yang sedang menghadapi berbagai percobaan, bahwa Pencobaan-pencobaan yang sedang mereka hadapi pada saat itu bukanlah suatu pencobaan diluar kemampuan manusia. Namun pencobaan itu adalah pencobaan yang biasa yang sering dihadapi oleh orang lain. Namun yang berbeda adalah kekuatan dan cara pandang setiap orang dalam menghadapi pencobaan. Sewaktu menghadapi pencobaan, Tuhan sedang menguji iman kita, sebab Tuhan sedang menuntun kita ke jalan yang baru. Oleh karena itu, dengarkanlah dan berjalanlah bersama Tuhan dengan imanmu. (Invocatio).

Berbagai peristiwa ajaib yang diterima bangsa Israel selama ini dari Tuhan, ternyata tidak cukup untuk membuat mereka percaya terhadap laporan positif dari Yosua dan Kaleb, hanya dikarenakan laporan negatif dari 10 pengintai yang pulang dari mengintai tanah Kanaan. Sehingga Tuhan mendatangkan murkaNya. Oleh karena itu Musa meminta kepada Tuhan, belas kasihNya dan kemurahanNya bagi bangsa Israel. Tuhan panjang sabar dan kasih setiaNya sangat berlimpah-limpah. Tuhan bukan hanya besar kemurahanNya, tapi IA juga mau mengampuni. Walaupun bangsa Israel selalu tidak setia dan selalu memberontak terhadap Tuhan, tapi Tuhan tetap setia kepada bangsaNya. (Bacaan)

Roma 3:1-8, Perlu diketahui bahwa orang-orang Yahudi seringkali menyombongkan diri sebagai umat Allah lalu menghina mereka yang di luar Yahudi sebagai bangsa kafir, tidak berhukum, dll. Mereka merasa bahwa Merekalah yang paling benar, karena merekalah yang menerima dan menjalankan hukum taurat dan sunat. Meskipun berdosa, orang Yahudi tetap memiliki kelebihan. Bukan pada diri mereka, melainkan pada panggilan Allah yang mempercayakan firman-Nya kepada mereka supaya mereka bisa menjadi berkat bagi bangsa-bangsa lain (ay. 2). Lalu, apa jadinya jika bangsa pilihan Allah itu gagal dalam melakukan kehendak Allah? Apakah berpengaruh terhadap kasih dan kesetiaan Allah? Ternyata tidak (ay. 3-4). Paulus menyatakan bahwa ketidaksetiaan manusia tidak akan mempengaruhi kesetiaan Allah kepada manusia. Allah tetap setia kepada manusia walaupun manusia tidak setia kepada Allah. Karena Allah adalah setia, itulah sifat Allah. Allah itu tetap setia walaupun sebagian orang Israel tidak setia terhadap perjanjian karena tidak percaya kepada Yesus Kristus. Orang Yahudi tidak percaya dan tidak setia kepada Firman Tuhan tetapi Allah yang pemberi Firman itu tetap setia kepada mereka yang tidak setia menjalankan FirmanNya. Kegagalan manusia semakin menegaskan kesetiaan Allah. Semakin besar kesalahan manusia, semakin besar pula pengampunan yang Dia berikan. Allah memang setia. Bahkan kesetiaan-Nya mengatasi keberdosaan kita. Tetapi, bukan berarti manusia bisa berlaku seenaknya, bahkan menyepelekan kasih Allah dan hidup cemar (ay. 8).

PENUTUP

1. Sumber kekuatan kita, ketika kita menghadapi berbagai percobaan adalah Kesetiaan Allah yang menolong kita memberikan jalan keluar sehingga kita dapat menanggungnya.

2. Kasih Karunia dan Kemurahan Tuhan mendatangkan keadilan dan kebenaran bagi orang orang yang berdosa.

3. Allah itu adalah Allah yang setia, yang memberikan pengampunan bagi orang yang bertobat.

4. Setialah kita kepada Allah karena Allah jauh sangat lebih setia kepada kita dengan kasih karunia dan pengampunanNya bagi kita.

                             Pdt. Nur Elly Tarigan

                                     GBKP RG  Karawang

Minggu 19 April 2020 ; Mazmur 42 : 1 -6

Minggu Kenca Paskah/ Minggu Quasidemogeneti: Bagi Anak-anak Si Mbaru Tubuh

 

Invocatio        : “Kuangkat tanku ertoto aku man baNdu, desken taneh kelegon, muas aku man baNdu” (Masmur 143:6).

Ogen               : 1 Petrus 2 :1-5 

Khotbah         : Masmur 42 :1-6 

Thema            : Ketedehen Ate Man Tuhan

I.                   Bena Kata

Kata Dibata wari enda themana emekap “Ketedehen Ate Man Tuhan”. Adi ibegiken seh kal jilena thema enda janah erpengarapen kami banci mpekeke semangat kinitekenta. Johanes Calvin pernah ngataken, “kualitas kiniteken sekalak jelma la isukati arah uga buena pemetehna kerna Dibata tapi arah hubungenna ras Dibata”. Uga hubungenta ras Dibata paksa enda? Seh kal nge malemna ate kalak si nggeluh rembak ras Tuhan. Emaka uga kin nge kerembakenta ras Tuhan sedekah enda? Lit kin nge ketedehen ateta man baNa?

II.                Isi

Rasul Petrus mereken persinget man perpulungen gelah nehken kekelengen man teman manusia, janah nehken keunggulen Kata Dibata si ikatakenna benih si la banci mate nggeluh rasa lalap. Iteruskenna pengajarenna ibas suratna enda si jadi bahan ogenta ngerana ia kerna nadingken kerina si jahat. Dosa-dosa si lit ibas ayat 1 bahan ogen enda banci ncedai kekelengen bagepe ngambati uga gegehna Kata Dibata e, seh maka alu bage banci ngambati pembaharun kegeluhen kalak Kristen. Ikatakenna gelah ola erbual ntah pekulah-kulah, ercian ate ntah pe cekurak. Adi kalak nggo ibersihken ibas dosa nari emaka itadingkenna me perbahanen si jahat bagi si ituriken idatas ndai, erbual ntah pe pekulah-kulah bagepe ercian ate ntah pe cekurak. Emaka gelah turah terus kiniteken e perlu ibereken pangan si sehat tep-tep wari. Kewajipen si isaranken Petrus emekap lalap ate perpulungen perlu nandangi Kata Dibata si jadi pangan pertendinna gelah kegeluhenna pe terus mehuli. Ijenda me istilah Kata Dibata e igelari susu pertendin si lalit campurna. Emaka bagi anak-anak si mbaru tubuh si rusur muas nandangi susu pertendin si lalit campurna. Rasul Petrus ngingetken maka perpulungen e kerina nggo tubuh peduakaliken (lahir baru). Kegeluhen si mbaru perlu makanan si tepat. Erkiteken mbaru denga ipetubuh, harus tedeh atena susu pertendin. Bayi perlu ia susu arah nandena nari, janah sura-surana guna ndatken susu e seh kal megegehna janah lalap atena minem susu. Bage me kalak Kristen harus tedeh atena Kata Dibata. Alu cara sibagenda me kita banci bertumbuh, janah ertambah-tambah ibas kekelengen ras penandai kerna Dibata. Sura-sura si mbelin nandangi Kata Dibata merupaken bukti nyata kerna lahir baru man sekalak jelma. Pertumbuhen ras pertambahen ibas kepentaren ras kekelengen merupaken tujun ras ketedehen ate tiap kalak Kristen. Kerina sarana rohani tujunna nehken perbaiken ras peningkaten.Adi ipake alu benar, Kata Dibata la mpediat sekalak jelma tetap seri bagi sebelumna, tapi erban peningkaten ras mpehulikenca. Erkiteken kita kalak Kristen nggo ngenanami uga kiniulin Tuhan. Emaka olanai nggeluh ibas dosa. Jesus e si nampat kita erkiteken Ia me batu si nggeluh si itulak ras la iergaken manusia tapi Ia si ipilih dingen iergaken Dibata. Ia ikataken batu guna ncidahken gegehNa si la tertaluken ras keberadanNa si rasa lalap. Emaka erkiteken kitape erpengarapen kempak Jesus selaku batu si nggeluh, kita pe haruslah jadi batu-batu si nggeluh sibereken ka dirinta ipake guna majekken rumah pertoton kesah.

Ibas Masmur 42:1-6 Pemasmur erban ungkapen ketedehen atena man Dibata. Bagi belkih mejehe nandangi lau si maler. Ertina adi belkih mejehe nandangi lau si maler apai kai bas musim perlego, bage ka me Pemasmur metedeh guna jumpa ras Dibata si nggeluh. Adi belkih metedeh atena nandangi lau guna kegeluhen, bage ka me Pemasmur metedeh ia man Dibata, simereken kegeluhen. Ketedehen Pemasmur enda tuhu-tuhu merupaken spiritualitas si mbages. Ketedehen guna jumpa ras Dibata si nggeluh merupaken inti kiniteken Pemasmur. Pemasmur itandaina ise Dibata e, janah ietehna Dibata e pasti ngkelengi ia janah ia pe keleng atena man Dibata.Selaku kalak si erkiniteken, sia-sia me adi penembahen ras persembahen si ilakoken kita la kita ngerembakken diri ras Tuhan. Adi la ipalasi hubungen rembas ras Tuhan maka penembahen ras persembahen si ilakoken kita banci jadi rutinitas ibadah si erbanca bosan. Hubungen si akrab ras Dibata, si idahiken alu kiniteken, mendorong Pemasmur mpermuliaken Dibata amin pe nggeluh di antara kalak si la sada kiniteken bahkan ngadapi ancamen. Mari siperdiateken, belkih harus minem lau gelah nggeluh, bage ka me Pemasmur metedeh/muas man Dibata si mereken ia kegeluhen. Ibas taneh pembuangen kalak si tek man Dibata, Dibata si nggeluh, la mpediat dirina terpenjara ibas persoalen e jine. Kalak si tek harus erpengarapen man Dibata.

III.             Pengkenaina

Langit pasti labo lalap biru warnana janah kegeluhen end ape labo maka lalit persoalen. Dibata la pernah erjanji man banta kegeluhen enda lalap mulus saja. Tentu kerina kita manusia pasti ndatken perbeben. Persoalenna eme uga kita ndarat ras menang ngelewati persoalen si ihadapi kita. Pemasmur amin pe gulut ukurna tapi mis ia keke. Kata Dibata enda banci mereken semangat man banta mulihken mbangun semangat kiniteken guna lalap tedeh man Dibata. Gundari enda, labo la mungkin kalak reh mekelekna pinakit egoisna, erpenalem ia kempak pemetehna jine. Payo, gundari enda lit karya seni ras teknologi si canggih bagepe erbanca manusia mesunah ndalani kegeluhen tapi kesusahen kegeluhen lalap nge lit sue ras persoalen kegeluhen si ihadapi manusia. Teknologi la njanjiken kemalemen ate ibas kegeluhen manusia tapi terjeng mereken kemudahen. Sanga persoalen kegeluhen la terdungi man ise kita ngadu? Bagi Pemasmur, mis ia ngarap man Dibata. Kata Dibata enda mabai kita guna rembak ras Tuhan. Minggu enda eme Minggu Quasimodogeniti (Bagi Anak-Anak Simbaru Tubuh). Kita harus lalap erpenalem man Dibata. Raduken Dibata kita pasti nggeluh, turah bagi batang kayu i tepi lau anak, tapi adi la ras Dibata kita pasti reh kitikna janah mate. Mari sirenungken Kata Dibata enda, “Alu sinik kutimai Dibata ngkelini aku, sabap man baNa saja ngenca aku ernalem” (Msm. 62:2).

Pdt. Abdi Edinta Sebayang, M.Th

GBKP Rg. Graha Harapan

Minggu 12 April 2020 ; Matius 28 : 1 - 10

Invocatio    :  Ya TUHAN, aku hamba-Mu! Aku hamba-Mu, anak dari hamba-Mu perempuan! Engkau telah membuka ikatan-ikatanku! Mazmur 116:16 .

Bacaan        : Yohanes 11 : 25 - 27

Khotbah      : MATIUS 28:1-10

Thema       :  "Jangan Takut" ( Ola mbiar )

Andar Ismail dalam Bukunya “Selamat Paskah”  menuliskan  bahwa Gereja Gereja Ortodok, mempunyai kebiasaan dengan mengucapkan Salam khas Paskah : “Kristus Tuhan, Kristus sudah Bangkit” lalu orang yang menerima salam itu menjawab;”Benar Ia sudah bangkit”. Bukankah Salam ini mengandung inti yang paling pokok dari iman kita? ,  kalau Kristus tidak dibangkitakan, Ia hanyalah pahlawan  yang sudah gugur yang hanya tinggal kenangan. Dan sehebat-hebatnya pemikiran dan pengorbanan seorang pahlawan , ia tidak akan bisa memimpin kita masa kini. Padahal yang kita butuhkan adalah Juru selamat  dan pemimpin masa kini.

Kristus Tuhan, Kristus sudah Bangkit. Perkataan ini jugalah yang dikatakan oleh malaikat kepada perempuan-perempuan itu:”.......Sabab Ia telah bangkit.(Mat.28:6).

Matius Pasal 28 mencatat 4 Bukti Kebangkitan Kristus yaitu:

1.    Kesaksian Malaikat (ay.1-8)

2.    Penampakan diriNya sendiri dihadapan para wanita(ay.9-10)

3.    Pengakuan para ppenjaga yang adalah musuh-musuhNya(ay.11-15)

4.    Penampakan Kristus kepada para murid(ay.16-20)

Bukti pertama dan kedua adalah bagian dari teks Khotbah kita pada Kebaktian Paskah ini, kesaksian malaikan dan penampakan Yesus. Baik Malaikat maupun Yesus memberi “salam”, sapaan atau pesan  yang sama; “Jangan takut”. Sapaan yang singkat ini memberikan pengertian yang sangat luas, benar memang datang, mendekati kuburan yang sunyi bisa menimbulkan ketakutan, namun “Jangan takut” mengandung arti janganlah kamu terkejut mendengar berita yang akan kusammpaikan ini, janganlah kamu merasa gentar, karena kebangkitanNya merupakan sebuah penghiburan bagi kamu, Janganlah takut sabab aku tidak akan melukai kamu ataupun  mengabarkan kabar buruk. Aku datang bukan untuk menakut-nakuti kamu tapi untuk menghiburkanmu.

Kata “Jangan Takut” yang disampaikan Yesus diikuti dengan kata “Pergi dan katakanlah”. Yesus menyuruh mereka untuk meneruskan kabar itu kepada murid-muridNya, mereka mungkin merasa sukacita berada ditempat itu, ditempat dimana mereka bertemu deengan Kristus yang sudah bangkit, tetapi mereka memikili tugas yang lain yang jauh lebih penting, keluar dari “zona nyaman” , mem”viralkan” sebuah berita yang sungguh akurat. Kristus telah Bangkit. Berita ini harus segera disampaikan  kepada murid-muridNya supaya  mereka segera terhiburkan, supaya para murid yang hampir tercerai berai dipersatukan kembali.

Peristiwa kebangkitan Yesus diawali dengan niat baik serta ketulusan perempuan-perempuan yang  pergi ke kubur Yesus untuk mengurapi / memberi rempah-rempah pada tubuh Yesus (Bdk. Mark 16:1  Luk 24:1). Sebenarnya ini adalah tindakan yang salah! Jika mereka mengingat dan percaya akan kata-kata Yesus yang mengatakan bahwa pada hari ketiga Ia akan bangkit dari antara orang mati (bdk. Mat 16:21  17:23  20:19), dan seharusnya mereka pergi ke kubur itu untuk menyaksikan kebangkitan Yesus atau untuk bertemu dengan Yesus yang hidup, bukannya untuk mengurapi mayat Yesus! Tetapi bagaimanapun juga, tindakan perempuan-perempuan ini masih lebih baik dari pada murid-murid yang sama sekali tidak melakukan apa-apa!

Kebangkitan Tuhan Yesus dari antara orang mati adalah berita sukacita kepada dunia karena Dia adalah penguasa hidup, seperti yang dikatakan oleh Tuhan Yesus Akulah kebangkitan dan hidup (Yoh. 11:25). Tuhan Yesus telah memperlihatkan kepada dunia bahwa tidak ada kuasa yang dapat mematikan kuasa Allah terlebih kuasa dosa, Dia telah mematahkan kuasa kegelapan. Kematian adalah upah dari dosa, namun Allah telah mengangkat kita dari kuasa dosa supaya kita mendapatkan kehidupan dari Allah. Kehidupan ada pada Tuhan sehingga kita tidak lagi hidup dalam bayang-bayang maut yang menakutkan karena Tuhan juga akan mengangkat kita dari kematian itu menuju hidup bersama Tuhan.

Saksi-saksi Kristus telah memperlihatkan kuasa dari kebangkitan Tuhan Yesus, yang dahulunya mereka takut dan tidak mengerti semua pengajaran Tuhan Yesus, namun kebangkitan telah mengubah hidup mereka menjadi saksi-saksi yang bersemangat memberitakan Injil Kristus bahkan siap untuk mati martir. Melalui peringatan akan kebangkitan Tuhan Yesus, kita ingatkan dan menyadari bahwa Tuhan itu hidup dan menggenapi semua FirmanNya bahwa tiada yang mustahil di dalam Tuhan.

Kebangkitan Yesus memberi pesan bagi kita untuk dapat melayani dan bersaksi dengan kerendahan hati dihadapan Allah. Kita perlu mengubah hati manusia yang dilanda suasana takut, mencekam, sedih, kecewa menjadi damai sejahteran. Dengan peringatan Kebangkitan Yesus ini, biarlah kita mengalami hidup baru. Hidup baru yang membawa kita kepada pengharapan : bukan saja harapan akan hal-hal yang kita warisi di dalam Kerajaan Allah sesudah mati, tetapi juga harapan akan hal-hal yang kita gumuli kini dan di dunia ini

Kebangkitan Tuhan Yesus adalah motivasi dan dorongan bagi kita untuk semangat dalam menjalani kehidupannya. Berita sukacita yang disaksikan oleh Allah dari kisah Kebangkitan Yesus adalah Tuhan selalu hadir ditengah-tengah kehidupan umatNya membawa sukacita dan pengharapan. Perkataan: “Janganlah takut”; “Salam bagimu”; “Pergi dan katakananlah...” adalah ungkapan Motivasi dari Tuhan bahwa Allah telah bertindak dan berbuat dalam hidup kita, Tuhan memberikan pengharapan Tuhan hadir dalam hidup  dan memberikan kita petunjuk akan apa yang harus kita perbuat dalam hidup kita untuk mencapai kemenangan.

Pdt. ISWAN GINTING MANIK

GBKP Pondok Gede

0812-7020-9020.

Info Kontak

GBKP Klasis Jakarta - Kalimantan
Jl. Jatiwaringin raya No. 45/88
Pondok Gede - Bekasi
Indonesia

Phone:
(021-9898xxxxx)

Mediate