Jadwal Kegiatan

Ibadah Umum - (08PM - 09PM)
Ibaadah Remaja - (09PM - 10PM)

Minggu 10 Mei 2020 ; Wahyu 12 : 10 -17

Invocatio      : "Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.” (Kolose 3 : 16)

Bacaan         : Ulangan 31 : 14 - 22

Kotbah         : Wahyu 12 : 10 - 17

Tema          : “Allah Mengasihi Bangsa-Nya”

PENDAHULUAN

Minggu ini, dalam bahasa Latin disebut Minggu Kantate, yang berarti “Nyanyikanlah nyanyian baru bagi Tuhan“, dikutip dari Mazmur 98 : 1. Kita menaikkan kidung pujian kepada Tuhan, karena kita meyakini dan mengamini akan karya keselamatan Allah melalui Yesus Kristus dan perlindungan serta penyertaan Allah bagi kita.

Puji-pujian kepada Allah, tujuannya untuk membantu kita mengasah kepekaan pada karya Allah, dan membantu kita menghayati apa yang sudah Allah kerjakan dalam hidup kita dan dunia ini.

Isaac Watt, yang dijuluki Bapak Kidung Pujian di Inggris, mengatakan: “Orang yang menolak memuji Tuhan, berarti dia tidak pernah mengenal Tuhan.”

I  S  I

Perikop Wahyu 12:10-12, oleh Lembaga Alkitab Indonesia, diberi judul “Nyanyian Kemenangan” yaitu Kemenangan Allah dan Kristus. "Sekarang telah tiba keselamatan dan kuasa dan pemerintahan Allah kita, dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya” (ay.10). Keselamatan itu dinyatakan karena sang pendakwa (iblis) dan kematian telah dikalahkan oleh darah Anak Domba. Yesus adalah Anak Domba Allah yang darah-Nya telah tercurah di Kalvari dan pada hari ketiga telah bangkit dari antara orang mati. Maut telah ditelan dalam kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita. Kematian yang merupakan realitas kehidupan yang menakutkan, oleh kebangkitan Yesus menjadi realitas yang dihadapi dengan tenang sebab  seperti yang dikatakan Rasul Paulus dalam Roma 14:8, “Jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan”. Karena itu bersukacitalah orang-orang yang percaya kepada Kristus dan celakalah orang-orang yang berada di dalam kuasa kegelapan. Di ayat 12, orang-orang yang percaya kepada Kristus digambarkan dengan orang-orang yang diam di sorga, sedangkan orang-orang yang celaka adalah orang-orang yang berada di bumi dan laut. Bumi dan laut merupakan gambaran tentang kuasa kegelapan (iblis) dan semua orang yang tidak percaya kepada Yesus Kristus.

Inilah yang melandasi kita menaikkan nyanyian atau kidung pujian kepada Allah. Allah yang telah mengasihi dan menyelamatkan bangsa-Nya atau umat-Nya, yaitu Orang-orang yang percaya dan memberi diri kepada penebusan Yesus Kristus. Nyanyian syukur merupakan bagian dari kehidupan umat pilihan Allah. Di Perjanjian Lama, ketika Israel dibebaskan dari Mesir dan selamat dari kejaran orang Mesir, mereka bernyanyi oleh karena keselamatan dari Tuhan (bdk.Kel.15). Demikian juga, kita umat percaya diajak untuk bernyanyi karena keselamatan dari Tuhan.

Nyanyian yang kita naikkan kepada Tuhan, yang membantu kita menghayati apa yang sudah Tuhan kerjakan dalam hidup kita dan dunia ini, kiranya membawa kita untuk tetap setia beriman kepada Tuhan. Kita bisa bercermin dari bangsa Israel yang dituliskan dalam bacaan yang pertama, Ulangan 31 : 14 – 22, dimana Allah mengatakan kepada Musa dan Yosua bahwa bangsa Israel akan berkhianat kepada Allah dengan mengikuti allah asing yang ada di negeri kemana mereka akan masuk. Negeri yang dijanjikan Allah kepada nenek moyang mereka. Sehingga Allah menyuruh Musa menuliskan nyanyian tentang kebaikan dan kasih penyertaan Allah terhadap bangsa Israel. Dan nyanyian tersebut akan menjadi saksi bagi anak cucu mereka akan kebaikan dan kasih serta keadilan Allah.

REFLEKSI

Marthin Luther mengatakan, gereja yang hidup adalah gereja yang bernyanyi. Untuk itu, di Minggu Kantate ini kembali kita diingatkan untuk kita bernyanyi bagi kemuliaan Allah. Bernyanyi bagi kemuliaan Allah berarti nyanyian kita terpusat pada Allah bukan terarah pada diri kita. Itu sebabnya kita perlu hati-hati, jangan sampai kita berdosa saat menaikkan pujian kepada Allah. Kenapa? Karena kita menaikkan pujian untuk memperlihatkan kepiawaian kita bernyanyi dan menonjolkan diri. Sebagai contoh, setelah kebaktian usai, seorang penyanyi rohani mendatangi seorang pendeta, dan bertanya: “Menurut bapak, suara saya tadi bagaimana? Bagus, khan?” Kita bisa berefleksi melalui pertanyaan ini. Masihkan Allah yang menjadi pusat atau sudah bergeser kepada penonjolan diri.

Walaupun nyanyian kita terpusat pada Allah, untuk kemuliaan Allah,  bukan berarti bila kita tidak memuji Allah, maka hilang kemuliaan Allah. Bukan berarti Allah baru hadir jika kita memuji-Nya terlebih dahulu. Tanpa pujian kita pun, Dia tetap Allah yang mulia. Allah itu penuh kasih dan baik dan kita memuliakan Allah karena kasih dan kebaikanNya. Tapi tidak berarti Allah baik dn penuh kasih supaya kita memuliakan Dia. Itu salah. Allah sungguh sempurna, hingga tak membutuhkankan segala pujian kita. Tanpa puji-pujian kita, Allah pada hakikatnya memang sudah mulia. Kemuliaan Allah tidak bertambah hanya karena pujian kita. Marthin Luther pernah berkata, “Puji-pujian berguna untuk orang percaya, bukan untuk Tuhan” (Adiprasetya, 2016 :44).

Kiranya, Roh Kudus memampukan kita sehingga dengan segala kerendahan hati kita bernyanyi untuk kemuliaan Allah dan melalui nyanyian yang kita naikkan, kita semakin peka dan menghayati apa yang sudah Tuhan kerjakan dalam hidup kita dan dunia ini.

Pdt.Asnila Br Tarigan

GBKP Rg.Cijantung

Suplemen PJJ : Johanes 19 : 38 - 42 : Tgl 26 April - 2 Mei 2020

Ogen  : Johanes 19:38-42

Thema  : Nehken Kekelengen Arah Budaya

Adi ngerana kita kerna budaya, akap kami enggo pe kita nggeluh ibas jaman kemajun enda, janah enggo bengket ibas Berita Si Meriah, labo salah dingen la mela nggit erlajar kita kerna si adi. Siman kebiarenken pepagi merga ras beru e nari ngenca tading (genduari pe beru ‘Br’ enggo mulai itadingken) ibas dirinta, apai ka pepagi adi lanai siangka ras lanai iantusi kerna ranan adat ntah pe orat nggeluhta. Kita kalak Karo enggo kap merap-marpar ku kerina penjuru doni, banci nggeluh sukses amin la pe penampat kade-kade, erkiteken sie nterem kalak Karo lanai erdiate nandangi adat Karo, terlebih alu nggejapken maka kai pe banci tembe adi lit lah duit. (Tempa-tempa lanai kita perlu anak beru erkuskas/erdakan sabap enggo mbue pangan banci ipesan; tole pe lanai kita perlu kalimbubu lampas reh ibas kerjanta guna maba osenta, erkiteken enggo mbue salon nikapkenca bulang-bulang ras tudungta). Emaka melala kita lanai sieteh tumburen guna ngayak-ngayak duit/kinibayaken/pangkat, lupa nandangi adat budaya, lupa erkade-kade, piah lanai mehamat erkalimbubu, lanai metenget/melias ersenina, ras lanai metami er anak beru. Piah dungna enggo bagi kuan-kuan Karo: “Tarum ngayak-ngayak siman tadingenken lupa siman ayaken (ersangkep nggeluh) piah dungna taneh sedepa ngenca sikerajangenta”.

Bahan PJJnta enda nuriken ibas paksa sie sekalak si tergelar Jusuf kalak Arimatea si tuhu-tuhu kagum nandangi pengajaren ras pelayanen Tuhan Jesus, tapi erbuni-buni ia kagum nandangi Tuhan Jesus erkiteken mbiar ia man kalak Jahudi. Ipindokenna man Pilatus gelah banci min ibuatna mait Jesus. Paksa sie eme persiapen wari Sabat kalak Jahudi. Erkiteken wari Sabat ibenaken kenca matawari seh ku sundutna, mait Tuhan Jesus harus mis ikuburken sope wari Sabat ibenaken. Sebab mindahken ras nguburken mait la banci ilakoken ibas wari Sabat. Jusuf kalak Arimatea enda eme anggota Mahkamah Agama Jahudi (Sanhendrin), si nentuken keputusen kerna kematen Jesus si harus ipakuken i kayu persilang. Anggota Mahkamah Agama Jahudi buena lit 71 kalak, janah paksa sie Jusuf kalak Arimatea enda ngenca si la setuju kerna ukumen si isehken man Tuhan Jesus. Ibas ia mindoken mait Tuhan Jesus e man Pilatus tuhu-tuhu ije Jusuf kalak Arimatea enda lanai iukurina kerna reputasina, erkiteken ia kalak penting. Paksa sie ise si jabatenna jadi anggota Mahkamah Agama Jahudi berarti ia kalak terpandang. Perlu ka sieteh kerina ise kalak Jahudi si menyentuh mait kalak mate berarti nggo lanai ipebadiakenna me dirina (menajiskan diri).

Bage ka pe kai siilakoken Nikodemus tuhu-tuhu resikona mberat man bana. Nikodemus ikataken ibas Kitab Johanes, ija ia ikataken ije sebage kalak Parisi ras pemimpin agama Jahudi (ertina ia pe sekalak anggota Mahkamah Agama Jahudi) si ndahi Jesus sanga tengah berngi (Joh. 3:1-21). Teridah Nikodemus enda tuhu-tuhu ras kagum nandangi biak ras pengajaren Tuhan Jesus, tapi mbiar ia tereteh teman-temanna kalak Parisi sideban. Nikodemus pe ikut ngelegi mait Jesus e. Ibabana kira-kira telu puluh kilo minak mur si isinggur ras minak gaharu.

Perlu sieteh kerina, ibas daerah Timur Tengah Kuno paksa sie, piga-piga rempah si ianggap sebage barang mewah si meherga (bnd. 1 Raj. 10:10,25; Esek. 27:17-22), khususna jenis si harus iimpor arah negeri-negeri si ndauh nari. Ibas jaman Padan Sindekah perdagangen rempah-rempah tuhu-tuhu iperdiateken pemerintahen Salomo alu mehuli. Salomo ndatken bea masuk pajak tiap kalak si ngelewati daerah kekuasanna guna maba rempah-rempah.

Perlu iterangken kami ijenda piga-piga batang mur mungkin turah i Palestina, tapi buen mur iimpor Arab ras Afrika Timur nari. Sejenis damar si leket si warnana terang enda maler arah batang-batangna. Kenca damar enda terkena udara, emaka keras me ia janah salih warnana jadi coklat. Damar mur ihancurken ras ipake guna erban balsam ras minak merim si seh kal mergana, termasuk minak badia guna upacara agama (Kel. 30:23-33). Mur pe ipake guna membalsem kalak mate, enda banci sinehen ibas ayat 39 bahan PJJnta enda.

Bage ka pe minak gaharu. Sejenis damar si merim batangna pe meganjang si turah i daerah Asia Tenggara ras India Utara, ntah tanamen gaharu si bulungna mekapal berbentuk mawar. Damar gaharu bauna seh kal merimna tapi nanamna seh kal pagitna. Gaharu ipake guna erban minak merim, tambar, ras membalsem kalak mate.

Sope mait ikuburken, biasana ibalsem alu rempah-rempah si itamaken/ibaluti alu kain puti, termasuk ije campuren mur ras gaharu. Rempah-rempah e la menahan pembusuken mait, tapi erguna sebage pembasmi bau busuk/bau macik bagepe tambar disinfeksi.

Mait Tuhan Jesus pe ibaluti alu kain putih. Janah kain putih si ibalutken ku mait Tuhan Jesus eme bahan si seh kal mergana. Erkiteken make kain putih ibas jaman Padan Sindekah merupaken sada kearusen man imam-imam (bnd. Kel. 28:39). Kerina jubah, sorban ras ikat pinggang bahanna arah kain putih nari (ibas Bahasa Indonesia ikataken kain lenan). Menurut cataten Pustaka/Alkitan pemaken kain putih (kain lenan) ihubungken ras kalak si istimewa, kalak badia. Kain putih (kain lenan) paksa sie ilambangken sebage pemere si bernilai tinggi man sekalak diberu si ikelengi sekalak dilaki.

Adi siidah arah keterangen enda, tuhu-tuhu luar biasa kai si ilakoken duana tokoh enda eme Jusuf kalak Arimatea ras Nikodemus guna nehken kehamaten man Tuhan Jesus. Man bana duana Tuhan Jesus e arus isehken kehamaten rikutken adat penguburen kalak Jahudi. Emaka inganNa ikuburken pe ibas peken (taman), kuburen pe si lenga pernah ipake, mait Jesus ibalutina alu kain putih (dagangen mbentar simeherga) janah itamakenna pe rempah-rempah rikutken adat penguburen kalak Jahudi. Ulih perbahanen Jusup kalak Arimatea ras Nikodemus enda tuhu-tuhu mereken serpang pulah ras pengapul man ajar-ajar Jesus ras sangkep nggeluh Jesus (bnd. Luk. 23:55-56).

Rikutken bahan PJJnta enda, iajuk me kita kerina selaku serayan Tuhan bage pe ngawan ni perpulungen guna nehken kekelengen ibas kegeluhenta, khususna salah sada dampar eme arah budaya ntah pe peradatenta kalak Karo. Ibas dampar kematen, bagi si ilakoken Jusup kalak Arimatea ras Nikodemus situhuna biak-biak si bage pe enggo idalanken orangtuanta ndube. Kerinana iarapken muat bagin maka banci erlayas perdalanen peradaten penguburen kalak si enggo mate. Asum runggu, icakapken me kerna wari penguburenna, ingan pulung, utang adat, inganna ikuburken, ertenah ntah pe ngayaki ras sidebanna. Tuhu, ibas dampar sienda, semalna kita selaku gereja pe muat bagin. Lit ka nge runggun si nikapken peti adi kune si mate e anggota perpulungenna. Bage pe diakonia pe sipedalan nge.

Arah sienda teridah maka arah kerina bentuk-bentuk dahin perdaten ibas kalak Karo mulai kin ibas bertin nari (ngembah manuk mbur), kenca tubuh seh anak perana/singuda-nguda, erjabu (nereh empo), kerja tahun, mengket rumah, ngelegi merga ras beru, nengget, nambari ose man orangtua, mereken ciken/kujam-kujam ras tuk-tuk, mate ras kerina berku-berkuna ku semin. Lit nge ibas kalak Karo oratna ras ranan adatna, gelah lit torosna perdalanen nggeluh (ratur bagi toros gula gajah), gia sekali ibas dampar keriahen ntah pe keguluten/ceda ate. Ibas sienda kerina tereteh maka kepeken kalak Karo enda kalak beluh, ija ia rusur rukur, “Ola sempat mindo kalak sipatut ia ngalo”. Teridah kekelengen e mbelin ibas pusuhna (em inti adat), gia pelain-lain bentukna, bagi ikataken: “keleng ate senina, adi keri page i rumah man berenken, page ibas keben pe ilegi; keleng ate anak beru (erturang) la bias bas busan bereken, tapi page ibas lebengen pe ikurkur; ras keleng ate kalimbubu benih iberekenna”.

Emaka iarapken arah bahan PJJnta sekali enda jadi me kita kalak Karo desken: “gelang sada tariken, timah sada pinuang; kerbo sada karang, jadi berkisen bunga baban ku tiga ia kerina, maka mejile nina kalak kenjahe, merim nina sikenjulu, lalit pandangen nina sikepultaken ras kesunduten; teridah ia pagi kalak siradat itengah-tengah negara-bangsa i doni enda”. Jadilah GBKP enda desken: “jabu silindung bulan, jadi ingan ngelepasken latih, beluh ngergaken jelma sinterem, njaga gelah sierga-ergan jelma sitading ije, ingan sada perarihen, rumah ingan singgah, ras nehken kekelengen”. “Jabu sendi gading, ingan sumpit ngadi, ingan pengadun jelma sinterem”. “Jabu kurung manik, rumah ingan arih-arih kerina jelma, jadi jabu perberita si meriah nandangi sangkep nggeluhna”.

Pdt. Andreas Pranata Meliala, S.Th

GBKP Rg. Cibinong

Minggu 03 Mei 2020 : 1 Tawarikh 19 : 31 -36

Invocatio      : "Bersorak-soraklah bagi TUHAN, hai seluruh bumi, bergembiralah, bersorak-    sorailah dan bermazmurlah!” (Mazmur 98 : 4)

Bacaan         : Efesus 5 : 15 - 21

Khotbah       : 1 Tawarikh 16 : 31 - 36

Tema          : “Bersorak-sorailah Dihadapan Tuhan”

I.    PENDAHULUAN

Minggu ini, kita memasuki minggu keempat Paskah. Masa Paskah dirayakan 50 hari lamanya, dimulai dengan perayaan malam Paskah dan berlangsung terus sampai dengan hari raya Pentakosta. Masa Paskah adalah masa untuk menyanyikan sukacita Paskah, sukacita atas kebangkitan dan kemenangan Tuhan kita Yesus Kristus.

Minggu keempat Paskah, dalam bahasa Latin disebut Minggu Jubilate yang artinya bersoraklah. Minggu yang mengajak kita untuk bersorak atas kemenangan Yesus, Sang Juruselamat kita, yang menyelamatkan kita bukan karena kebaikan kita, tetapi karena kasih karunia Allah.

II. I  S  I

Daud dan segenap umat Israel bersukacita dan bersorak-sorai ketika Tabut Perjanjian dibawa ke Yerusalem. Nats kita 1 Tawarikh 16 : 31-36 adalah bagian dari nyanyian syukur bagi TUHAN, yang dinyanyikan oleh Asaf dan saudara-saudara sepuaknya dihadapan Tabut Perjanjian atas suruhan Daud.

Sebelumnya selama 20 tahun Tabut Perjanjian ditempatkan di Kiryat-Yearim (bdk.1 Sam.7:1-2).

Tabut Perjanjian merupakan tempat di mana Allah bertemu dengan umat-Nya (bdk.Kel.25:22) dan juga merupakan tanda kehadiran Allah di antara umat Israel. (bdk.Bil.10:32;Yos.3:11). Tabut Perjanjian berisi dua loh batu yang berisi Sepuluh Perintah Allah, Gulungan Kitab Taurat, satu buli-buli emas berisi manna dan tongkat Harun yang pernah bertunas.

Daud dan segenap umat Israel bernyanyi menaikkan syukur karena merasakan penyertaan dan hadirat Allah di tengah-tengah mereka. Seluruh semesta dipanggil untuk melihat perbuatan Tuhan yang besar bagi umat-Nya, untuk menyaksikan bahwa Allah mereka adalah Allah yang hidup, Pencipta langit dan bumi serta segala sesuatu yang ada. Seluruh semesta dipanggil untuk berlutut dihadapan-Nya dengan penuh hormat dan menaikkan pujian dan kemuliaan bagi nama-Nya. Kembalinya Tabut Perjanjian ke Yerusalem adalah suatu simbol Allah bertakhta di Sion, menjadi Raja atas segala semesta. TUHAN yang berkuasa adalah TUHAN yang baik, yang untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

Kasih setia Allah sungguh nyata melalui Yesus Kristus yang rela mati untuk menyelamatkan manusia. Untuk itu, Rasul Paulus mengajak jemaat di Efesus agar hidup di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus telah mengasihi dan menyerahkan diri-Nya untuk menyelamatkan manusia. Agar nyata kasih Allah di dalam hidup umat-Nya, maka Rasul Paulus mengingatkan agar memperhatikan dengan seksama bagaimana menjalani kehidupan dan mempergunakan waktu yang ada. Sebab bila waktu tidak dipergunakan dengan baik, maka waktu yang ada akan berlalu tanpa makna bahkan bisa menimbulkan kejahatan. Oleh karena itu, di dalam menjalani kehidupan, Rasul Paulus mengingatkan supaya:

1.    Berusaha untuk mengerti kehendak Tuhan

2.    Menjauhi kemabukan dan hawa nafsu yang merusak

3.    Hidup dalam tuntunan Roh

4.    Berkata-kata satu dengan yang lain dengan penuh hikmat melalui mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani

5.    Bernyanyi dan bersorak bagi Tuhan dengan segenap hati

6.    Mengucap syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan

7.    Dan merendahkan diri seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus.

III.   REFLEKSI

Bersorak-sorai dihadapan Tuhan merupakan sebuah sikap hidup penuh syukur atas kebaikan dan penyertaan Tuhan. Terlebih lagi atas anugerah keselamatan yang diberikan kepada kita, yang sesungguhnya kita tidak layak menerimanya. Namun, karena Allah penuh kasih dan untuk selama-lamnya kasih setianya, IA mengaruniakan keselamatan bagi kita melalui Yesus Kristus.

Sikap hidup penuh syukur mengkondisikan kita untuk berusaha melihat kebaikan Tuhan di setiap sisi kehidupan kita dan fokus pada hal-hal yang positif.

Ada seorang ibu meminta anak sulungya membeli sebotol minyak. Di jalan ketika pulang si sulung terjatuh. Minyak dalam botol tumpah separuh. “Bu, tadi saya jatuh dan menumpahkan minyak setengah botol,” katanya. Beberapa hari kemudian, giliran si bungsu yang diminta sang ibu membeli minyak. Kejadian yang sama terulang, di jalan pulang si bungsu terjatuh dan minyak yang dibawanya tumpah separuh. “Bu, tadi saya jatuh dan minyaknya tumpah, tapi saya berhasil menyelamatkan separuhnya,” katanya. Kejadiannya sama, tetapi responnya berbeda. Si sulung melihat secara negatif, sedangkan si bungsu melihat secara positif. Bila kita berusaha fokus pada hal-hal yang positif maka kita mampu mengucap syukur kepada Tuhan dalam segala hal dan kita tetap memiliki pengharapan di dalam menjalani kehidupan. Pak Andar Ismail mengatakan “Kita berpengharapan selama kita hidup, dan kita hidup selama kita berpengharapan.” Dan pengharapan kita tidak sia-sia sebab sumber pengharapan kita yaitu Tuhan adalah Tuhan yang penuh kasih, dan bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

Bersorak-sorailah bagi Tuhan, sebab IA baik, bahwasanya untuk selama-lamnya kasih setia-Nya.

Pdt.Asnila Br Tarigan

GBKP Rg.Cijantung

Info Kontak

GBKP Klasis Jakarta - Kalimantan
Jl. Jatiwaringin raya No. 45/88
Pondok Gede - Bekasi
Indonesia

Phone:
(021-9898xxxxx)

Mediate