Invocatio : Lalu Nuh mendirikan mezbah bagi TUHAN; dari segala binatang yang tidak haram dan dari segala burung yang tidak haram diambilnyalah beberapa ekor, lalu ia mempersembahkan korban bakaran di atas mezbah itu. (Kejadian 8:20)
Khotbah : Kisah Para Rasul 2:43-47
Tema : Tetap Menyembah dan Saling Mengasihi (Tetap Ersembah Ras SIkelengen)
1. PENDAHULUAN
Sebagai makhluk social, manusia tidak dapat lepas dari orang lain. Dalam rangka memenuhi kebutuhan ini, orang-orang bergabung untuk membentuk suatu komunitas. Biasanya, komunitas terbentuk karena latar belakang dan tujuan yang sama. Begitu pula yang terjadi pada jemaat mula-mula. Mereka membangun persekutuan sebagai sesama orang yang mengaku percaya kepada Kristus. Di dalam persekutuan itulah mereka tumbuh bersama dan membangun dalam iman dan kasih.
2. PENDALAMAN NATS, APLIKASI & PENUTUP
Dalam ayat-ayat ini kita mendapati firman Allah sebagai sarana untuk memulai dan melanjutkan pekerjaan anugerah yang baik dalam hati banyak orang, sebab Roh Tuhan bekerja dengannya. Marilah kita lihat cara kerjanya.
Mereka tetap menjaga dengan baik ketetapan-ketetapan yang kudus, dan memberikan segala contoh kesalehan dan ibadah secara berlimpah, sebab Kekristenan, jika kuasanya diakui, akan mencondongkan jiwa untuk bersekutu dengan Allah dalam segala cara yang sudah ditunjuk-Nya bagi kita untuk menemui-Nya, dan yang di dalamnya Ia berjanji untuk menemui kita.
Mereka tekun dan setia mengikuti pemberitaan firman. Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul, dan tidak pernah mengingkari atau meninggalkannya. Atau, seperti yang bisa dibaca, mereka bertekun dalam ajaran atau perintah rasul-rasul. Dengan baptisan mereka dimuridkan untuk diajar, dan mereka bersedia diajar. Perhatikanlah, orang-orang yang sudah menyerahkan nama mereka kepada Kristus harus dengan kesadaran hati nurani mendengarkan firman-Nya. Sebab dengan berbuat demikian kita memberikan kehormatan kepada Dia, dan membangun diri kita di atas dasar iman kita yang paling suci.
Mereka menjaga persekutuan orang-orang kudus. Mereka bertekun dalam persekutuan (ay.42), dan dengan sehati berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah (ay.46). Mereka tidak saja mengasihi satu sama lain, tetapi juga banyak bergaul satu sama lain. Mereka sering bersama-sama. Ketika mereka menarik diri dari angkatan yang jahat itu, mereka tidak lantas menjadi para pertapa, tetapi sangat akrab satu dengan yang lain, dan memanfaatkan segala kesempatan untuk saling bertemu. Di mana kita melihat satu murid, kita akan melihat lebih banyak murid lain, seperti sekawanan burung. Lihatlah bagaimana orang-orang Kristen ini saling mengasihi. Mereka saling peduli, saling berbela rasa, dan dengan sepenuh hati mendukung kepentingan satu sama lain. Mereka bersekutu dalam ibadah. Mereka bertemu dalam Bait Allah: di sanalah tempat mereka bertemu. Sebab persekutuan bersama Allah adalah persekutuan terbaik yang dapat kita miliki satu sama lain (1Yoh. 1:3). Amatilah:
(a) Mereka setiap hari ada di Bait Allah, bukan hanya pada hari-hari Sabat dan hari-hari raya, melainkan juga pada hari-hari lain, setiap hari. Menyembah Allah haruslah menjadi pekerjaan kita sehari-hari, dan, bila ada kesempatan, semakin sering dilakukan secara umum, semakin baik. Allah mengasihi pintu-pintu gerbang Sion, begitu pula seharusnya kita.
(b) Mereka sehati. Bukan hanya tidak ada pertengkaran atau perselisihan, melainkan justru ada kasih suci yang melimpah di antara mereka. Dan mereka dengan sepenuh hati bergabung dalam ibadah-ibadah bersama. Meskipun mereka bertemu dengan orang-orang Yahudi di pelataran Bait Allah, orang-orang Kristen membentuk kumpulan sendiri, dan sehati sejiwa dalam melakukan ibadah mereka sendiri.
Mereka sering kali berkumpul untuk melaksanakan ketetapan perjamuan Tuhan. Mereka terus memecahkan roti, untuk merayakan kenangan akan kematian Guru mereka itu, seperti orang-orang yang tidak malu mengakui hubungan mereka dengan, dan kebergantungan mereka kepada, Kristus dan Dia yang disalibkan. Mereka tidak bisa melupakan kematian Kristus, tetapi sebaliknya, mereka tetap menjaga kenangan akan kematian-Nya itu, dan menjadikannya sebagai kegiatan mereka yang tetap, karena hal itu sudah ditetapkan Kristus, untuk diteruskan kepada angkatan-angkatan jemaat yang berikutnya. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing. Mereka memandangnya tidak pantas merayakan perjamuan Tuhan di Bait Allah, sebab ini adalah ketetapan khas Kristen, dan oleh sebab itu mereka menjalankan ketetapan itu di rumah-rumah pribadi, memilih rumah-rumah milik orang yang sudah menjadi Kristen, yang dianggap nyaman, dan yang menjadi pangkalan utama di lingkungan setempat. Dan mereka pergi dari tempat-tempat ibadah kecil atau kapel-kapel keluarga ini, yakni rumah-rumah yang berfungsi sebagai tempat ibadah, dan di sana mereka merayakan perjamuan Tuhan dengan orang-orang yang biasa bertemu untuk menyembah Allah.
Mereka terus berdoa. Setelah Roh dicurahkan, seperti juga sebelumnya, sewaktu mereka menantikan Dia, mereka tak putus-putus berdoa. Sebab doa tidak akan pernah tergantikan sampai nanti tertelan dalam puji-pujian yang kekal. Memecahkan roti dilakukan di antara bekerja dan berdoa, sebab memecahkan roti ini merujuk pada keduanya, dan membantu kedua-duanya. Perjamuan Tuhan adalah khotbah bagi mata, dan peneguhan firman Allah bagi kita. Dan perjamuan Tuhan adalah dorongan bagi doa-doa kita, serta ungkapan yang khidmat akan pengangkatan jiwa kita ke hadirat Allah.
Mereka berlimpah dalam mengucap syukur, terus memuji Allah (ay.47). Memuji Allah harus mendapat bagian dalam setiap doa, dan tidak boleh dikesampingkan. Orang-orang yang sudah menerima karunia Roh Kudus akan banyak memuji-muji Allah.
Mereka mengasihi dan sangat berbaik hati satu terhadap yang lain. Kasih mereka sama terkenalnya seperti kesalehan mereka. Juga, bersatunya mereka dalam upacara-upacara ketetapan suci membuat hati mereka terajut satu sama lain, dan membuat mereka saling mengasihi.
Mereka sering mengadakan pertemuan-pertemuan kristiani (ay.44): Semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu. Bukan beribu-ribu orang yang ada di satu tempat (ini tidak mungkin dilakukan), melainkan, sebagaimana Dr. Lightfoot menjelaskannya, mereka tetap bersama-sama dalam beberapa kumpulan atau jemaat, sesuai dengan bahasa, bangsa, atau ikatan-ikatan lain, yang membawa dan menjaga mereka tetap bersama-sama. Dan dengan bergabung seperti itu, karena dipisahkan dari orang-orang yang tidak percaya, dan karena berdasarkan pengakuan iman dan kewajiban-kewajiban agama yang sama, mereka dikatakan bersama-sama. Mereka berkumpul bersama-sama, dan dengan begitu mengungkapkan serta meningkatkan kasih mereka satu terhadap yang lain.
Segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama. Mungkin mereka makan di meja makan yang sama (seperti orang-orang Sparta pada zaman dulu), supaya bisa akrab, tenang, dan bebas berbincang-bincang. Mereka makan bersama-sama, sehingga orang-orang yang mempunyai banyak bisa mendapat lebih sedikit, dan dengan demikian dijauhkan dari godaan kelimpahan. Dan orang-orang yang mempunyai sedikit bisa mendapat lebih banyak, dan dengan demikian dijauhkan dari godaan kelaparan dan kemiskinan. Atau, ada perhatian yang sedemikian rupa satu terhadap yang lain, dan kesiapan yang begitu rupa untuk membantu satu sama lain bila dibutuhkan, sehingga dapat dikatakan, segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama, sesuai dengan hukum persahabatan. Yang satu tidak kekurangan apa yang dimiliki yang lain, sebab ia sendiri bisa memilikinya jika ia minta.
Mereka sangat bergembira, dan sangat murah hati dalam menggunakan apa yang mereka miliki. Selain hari-hari raya mereka yang sakral (dengan memecahkan roti di rumah masing-masing) agama mereka banyak terlihat dalam perjamuan makan bersama-sama. Mereka makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati. Mereka membawa serta penghiburan-penghiburan dari meja Allah ke meja mereka sendiri, yang mempunyai dua dampak baik atas mereka:
(1) Kebersamaan itu membuat hati mereka merasa sangat senang, dan membesarkan hati mereka dengan sukacita yang kudus. Mereka makan roti dengan sukaria, dan minum anggur mereka dengan hati yang senang, karena tahu bahwa Allah berkenan akan perbuatan mereka. Orang lain tidak akan memiliki alasan untuk bergembira seperti yang dimiliki orang-orang Kristen yang baik. Sungguh sayang memang, tetapi hanya orang-orang Kristen yang bisa memiliki hati yang bergembira demikian.
(2) Kebersamaan itu membuat mereka sangat murah hati kepada saudara-saudara mereka yang miskin, dan membesarkan hati mereka di dalam perbuatan amal. Mereka makan bersama-sama dengan tulus hati, en aphelotēti kardias– dengan murah hati. Menurut sebagian orang: mereka tidak makan makanan mereka sendiri, tetapi sebaliknya, mengundang orang miskin untuk makan di meja mereka, tidak dengan menggerutu, tetapi dengan hati yang begitu bebas lepas. Perhatikanlah, sudah selayaknya orang-orang Kristen membuka hati dan tangan mereka, dan dalam setiap pekerjaan baik menabur dengan berlimpah. Allah sudah menabur kepada kita secara berlimpah, walaupun kondisi kita kurang baik, seperti saat sekarang masa-masa pandemik Covid-19. Jadi Dia juga berharap untuk menuai dengan berlimpah dari kita.
Mereka menggalang dana untuk amal (ay.45,46): Mereka menjual harta milik mereka. Sebagian orang menjual tanah dan rumah mereka, sebagian yang lain menjual hewan ternak dan perlengkapan rumah mereka, dan menyumbangkan uang kepada saudara-saudara mereka, sesuai dengan keperluan masing-masing. Ini bukan untuk menghancurkan harta milik (seperti yang dikatakan Tuan Baxter), melainkan untuk menghancurkan sifat mementingkan diri sendiri. Dalam hal ini, ada kemungkinan, mereka mempunyai pandangan pada perintah yang diberikan Kristus kepada si orang kaya itu, sebagai ujian bagi ketulusannya, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin. Bukan berarti bahwa ini dimaksudkan sebagai contoh untuk dijadikan aturan yang tetap dan mengikat, seolah-olah semua orang Kristen di segala tempat dan masa harus menjual harta benda mereka dan menyerahkan semua uangnya untuk berderma. Sebab surat-surat Rasul Paulus, setelah ini, sering kali berbicara tentang pembedaan antara yang kaya dan yang miskin, dan Kristus sudah berkata bahwa orang-orang miskin selalu ada pada kita, dan akan selalu ada, dan orang kaya harus selalu berbuat baik kepada mereka dengan memberikan sebagian dari hasil-hasil serta keuntungan-keuntungan mereka. Hal ini tidak bisa mereka lakukan, seandainya mereka harus menjualnya, dan memberikan semuanya sekaligus. Tetapi perkara yang ada di sini adalah perkara yang luar biasa, sebab:
(a) Mereka tidak terikat kewajiban apa pun dari perintah ilahi untuk melakukan ini, seperti yang tampak dari apa yang dikatakan Petrus kepada Ananias (5:4): Bukankah itu tetap dalam kuasamu? Tetapi perbuatan ini merupakan contoh yang patut dipuji tentang bagaimana mereka sudah diangkat mengatasi dunia, sudah memandang rendah dunia, memiliki keyakinan akan dunia lain, mengasihi saudara-saudara mereka, berbelas kasihan terhadap kaum miskin, dan memiliki semangat yang besar untuk menyebarkan Kekristenan, serta memupuknya dalam masa pertumbuhannya. Para rasul meninggalkan semuanya untuk mengikuti Kristus, dan harus memberi diri mereka sepenuhnya pada firman dan doa, dan sesuatu harus dilakukan untuk memeliharanya. Jadi, tindakan murah hati yang luar biasa ini harus dicegah supaya tidak menjadi perbuatan royal seperti yang dilakukan bangsa Israel di padang gurun untuk membangun kemah suci (Kel. 36:5-6). Pedoman kita adalah, memberi sebagaimana Allah sudah memberkati kita. Namun, dalam keadaan luar biasa seperti ini, yang harus mendapat pujian adalah orang-orang yang memberi melampaui kemampuan mereka (2Kor. 8:3).
(b) Yang melakukan perbuatan murah hati ini adalah orang-orang Yahudi, dan orang-orang yang percaya Kristus harus percaya bahwa bangsa Yahudi saat itu tidak lama lagi akan dihancurkan dan mereka tidak akan lagi memiliki harta benda apa-apa, dan karena keyakinan akan hal ini, mereka menjual harta benda mereka untuk melayani Kristus dan jemaat-Nya saat itu.
Allah mengakui mereka, dan memberi mereka tanda-tanda hadirat-Nya bersama mereka (ay.43): Rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda yang beragam, yang meneguhkan ajaran mereka, dan secara tak terbantahkan membuktikan bahwa semua itu berasal dari Allah. Orang-orang yang dapat mengerjakan mujizat-mujizat bisa saja memelihara diri sendiri dan kaum miskin yang ada bersama mereka dengan mujizat, seperti Kristus memberi makan ribuan orang dengan makanan yang sedikit. Pemeliharaan itu bisa terjadi melalui mujizat anugerah (dengan menggerakkan orang-orang untuk menjual harta benda mereka), atau melalui suatu karya mujizat, dan cara mana yang terjadi, kedua-duanya sama-sama membawa kemuliaan bagi Allah.
Tetapi Tuhan tidak hanya memberi mereka kuasa untuk mengerjakan mujizat-mujizat. Itu bukanlah satu-satunya perbuatan yang dilakukan-Nya bagi mereka: Ia juga tiap-tiap hari menambah jumlah mereka. Firman di dalam mulut mereka melakukan keajaiban-keajaiban, dan Allah memberkati usaha-usaha mereka untuk menambahkan jumlah orang-orang percaya. Perhatikanlah, adalah pekerjaan Allah untuk menambahkan jiwa-jiwa ke dalam jemaat. Dan adalah suatu penghiburan besar bagi hamba-hamba Tuhan dan juga orang-orang Kristen untuk melihatnya.
Orang banyak tersentuh olehnya. Orang-orang yang berada di luar, yaitu mereka yang berdiri dan menonton.
Mereka takut pada rasul-rasul itu, dan menaruh hormat terhadap mereka (ay.43): Ketakutanlah mereka semua, maksudnya, orang banyak yang melihat mujizat-mujizat dan tanda-tanda yang diperbuat oleh para rasul itu. Mereka takut jika para rasul tidak dihormati sebagaimana mestinya maka mereka akan membawa kehancuran ke atas bangsa mereka. Orang kebanyakan menaruh hormat kepada mereka, seperti Herodes takut kepada Yohanes. Meskipun mereka tidak mempunyai semarak lahiriah untuk membuat orang menghormati mereka secara lahiriah, seperti jubah panjang ahli-ahli Taurat membuat mereka menerima penghormatan di pasar, namun mereka mempunyai karunia-karunia rohani yang berlimpah yang benar-benar terhormat, yang menggerakkan orang untuk menaruh hormat terhadap mereka di dalam batin. Jiwa orang-orang yang secara menakjubkan tersentuh oleh khotbah dan kehidupan mereka yang menakjubkan.
Menurut Invocatio : Kejadian 8:20. Kita bisa melihat bagaimana ungkapan syukur Nuh atas kebaikan Allah kepadanya, yang melengkapi belas kasihan bagi pembebasannya. Ia mendirikan mezbah. Sampai saat ini ia tidak berbuat apa pun tanpa petunjuk-petunjuk dan perintah-perintah khusus dari Allah. Ia diberi panggilan khusus untuk masuk ke dalam bahtera, dan panggilan lain lagi keluar darinya. Tetapi, karena mezbah dan korban bakaran sudah merupakan ketetapan ilahi dan ibadah, ia tidak menunggu perintah khusus seperti itu untuk mengungkapkan rasa syukurnya. Orang-orang yang sudah menerima belas kasihan dari Allah haruslah menjadi yang terdepan dalam mengucap syukur, dan melakukannya bukan dengan paksa, tetapi dengan sukarela. Allah berkenan pada persembahan-persembahan yang dinaikkan dengan kehendak bebas, dan pada puji-pujian yang menanti-nantikan Dia.
Mereka menyukai rasul-rasul itu (ay.47). Meskipun kita mempunyai alasan untuk berpikir bahwa ada orang-orang yang merendahkan mereka dan membenci mereka (kita yakin bahwa orang-orang Farisi dan imam-imam kepala berbuat begitu), namun bagian yang jauh lebih besar dari rakyat biasa bersikap baik terhadap mereka. Mereka disukai semua orang. Kristus dengan begitu kejam diperhadapkan kepada, dan diinjak-injak oleh, gerombolan massa, yang berseru, salibkanlah Dia, salibkanlah Dia, sehingga orang akan menyangka bahwa ajaran-Nya dan para pengikut-Nya tidak akan pernah mungkin diperhatikan oleh orang banyak lagi. Namun, di sini kita mendapati mereka disukai semua orang, yang dengannya tampak bahwa ketika mereka ingin menghukum mati Kristus, mereka seperti dihasut oleh para imam yang licik itu. Namun sekarang mereka sudah sadar, sudah kembali berpikir waras. Perhatikanlah, kesalehan dan kasih yang tidak disembunyi-sembunyikan akan mengundang hormat. Dan kegembiraan dalam melayani Allah akan membuat agama menjadi menarik bagi orang-orang yang tidak memeluknya. Sebagian orang membacanya seperti ini, mereka mengasihi semua orang – charin echontes pros holon ton laon. Mereka tidak membatasi kasih mereka hanya kepada orang-orang dari kalangan mereka sendiri, tetapi kasih mereka itu umum dan luas. Inilah yang membuat mereka sangat dipuji.
Orang banyak menggabungkan diri dengan jemaat itu. Ada saja orang yang setiap hari masuk, meskipun tidak sebanyak seperti hari pertama. Dan orang-orang yang masuk itu memang merupakan orang-orang yang harus diselamatkan. Perhatikanlah, orang-orang yang dimaksudkan Allah untuk menerima keselamatan kekal akan berhasil dibawa kepada Kristus pada satu atau lain waktu. Dan, orang-orang yang dibawa kepada Kristus berarti ditambahkan kepada jemaat dalam kovenan yang kudus melalui baptisan, dan dalam persekutuan orang kudus. Ini jugalah yang menjadi gaya hidup kita sebagai orang Kristen, untuk mencari jiwa dan menunjukkan kasih selagi Tuhan Yesus masih memberikan kesempatan kepada kita. Amin.
Pdt. Abdi Edinta Sebayang, M.Th
GBKP Runggun Graha Harapan