Jadwal Kegiatan

Ibadah Umum - (08PM - 09PM)
Ibaadah Remaja - (09PM - 10PM)

Suplemen PJJ : 1 korinti 10 :23-33 ; Tgl 30 Mei - 05 Juni 2021

Ogen            : 1 Korinti 10 : 23 – 33

Tema            : KERINA TAMA KEMULIAN MAN DIBATA

(Budaya/ Modern)

·    Kita la danci nilahi kegeluhen si berbudaya ras kita pe la danci nilahi perkembangen budaya si terus berubah. Lit kalak sierpala-pala empertahanken budaya sindekah tapi lit ka kalak siterbaba arus perubahen budaya simaun lanai rorat. Budaya si la enggit berubah ras la enggit beradaptasi rikutken zamanna cenderung jadi kaku ras ngambati kemajun. Tapi adi ipeturut saja ngikuti perkembangen zaman pe danci ka kebablasen ras lanai lit turi-turinna.

·           Alu bage lit me hubungen Injil dan budaya, sebab budaya membutuhkan standard atau alat ukur untuk menimbang kebaikan dan keburukannya. Injil menerangi budaya atau Injil mentransformasi budaya. Ras sijadi patron bas kita kalak Kristen eme “Dage kerina si ilakokenndu, subuk man ntah minem, bahanlah si e kerina tama kemulian man Dibata” (1 Kor.10:31). Kerina norma tah pe aturen kegeluhen arus tertuju kempak kemulian Dibata. Sabab pusat kegeluhen manusia erpalasken sumber kegeluhen manusia eme Dibata jine. Manusia la danci ngelupaken entah pe mengabaiken Dibata ibas kerina aktivitas kegeluhenna. La danci si serapken, enda batas adat budaya ras enda batas kegeluhen erkiniteken, dingen ninta la danci saling mencampuri. Sabab ibas Dibata, kerina urusen manusia eme urusenNa, sebab Dibata berdaulat ibas kerina perbahanen manusia.

·           Ibas sada dampar melala kel kebebasen sinidatken kita erkiteken kita erkiniteken kempak Jesus Kristus. Bahwa nai bangsa Israel labo bebas ibas soal pangan, melala kel pantangen kerna pangan sini ianggap erbahan kegeluhen bangsa Israel meluat. Bage pe bangsa Israel la danci sembarangen bergaul entah pe bangsa Israel labo iizinken bengket ku rumah kalak kafir (si la nembah man Dibata Israel).

·           Sedangken man banta kalak Kristen situhuna lanai lit pantangen kerna pangan. Sebab nina Tuhan Jesus, “Kai pe si i darat nari si bengket ku bas manusia, la erbahanca ia keliamen. Tapi si ndarat ibas manusia nari, e nge erbahanca ia keliamen” (Mrk.7:15). Man Petrus si segedang geluhna la pernah ipanna rubia-rubia tah pe pangan sijadi pantangen bage pe si la bersih rikutken aturen agama. Tapi ipetangkas Tuhan man bana "Kai si enggo ikataken Dibata bersih ola ikatakenndu la bersih" (Perb.10:15). Alu Bahasa sideban, “kai si enggo halal nina Dibata ulanai ikatakenndu haram”.

·           Bage pe Tuhan lanai membatasi pergaulen kalak sierkiniteken ibas batas-batas tertentu. Sebab Tuhan jine nuruh kita guna nehken berita simeriah man kerina bangsa. “Dage lanai bo erndobah kalak Jahudi tah kalak Junani, budak tah kalak bebas, dilaki ras diberu. Sabap kerina nge kam sada i bas Kristus Jesus” (Gal.  3:28). Tugasta eme mbabai kalak guna ersada kempak Kristus, ngaloken perkuah ate ras pengalemi dosa idur Dibata nari.

·           Tapi sipenting situhuna man banta eme guna mbaba sira ras terang ku doni enda. Jaga segelah ula kita si-isirai doni enda, doni ka siempengaruhi kita. Roma 12:2 empersingeti kita, “Ola pelepas dirindu jadi seri ras doni enda, tapi berelah maka perukurenndu ipelimbarui Dibata. Alu bage banci idatndu kai sura-sura Dibata, kai si mehuli, kai si ngena ateNa, janah kai si sempurna”. Ula berendu doni enda ndehken kam kubas cetakenna, tapi berekenlah perukurenndu ipelimbarui Dibata.

·           Budaya modern (post-modern) mbabai manusia kubas kebebasen individual, kita la danci memasuki wilayah privasi kalak sideban. Alu alasen hak azasi manusia, erbahansa tanggungjawab azasi manusia pe lanai iperdiateken. Sienda erbahansa pengawasen sosial ibeneken, tah pe norma-norma hidup bersama kurang iergai. Kerina enda sangat menyolok teridah ibas kegeluhen peradapen bangsa-bangsa Barat. Untung saja budaya Timur lebih teriket kempak kegeluhen kekeluargaan si lebih ngiket sesekalak kubas aturen kegeluhen bersama. Tapi adi erteremna kalak si lanai mediate, tentu budaya Timur enda pe danci terkikis ras hilang.

·           Maka tuhu-tuhu mehuli ayat pustaka sini orati kita ibas wari sisendah nehken "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun (1 Kor.10:23). Kebebasan tanpa batas membawa kepada kebuasan. Maka kita arus ertanggungjawab makeken kebebasen sini bereken Tuhan man banta. Kebebasan atau hak individu seseorang dibatasi hak individu orang lain. Sebab kita labo danci enggeluh sisada-sisada sedangken kita itamaken Dibata enggeluh ibas sada doni ras manusia sideban. Labo danci sikerajangenta, keuntungenta ras kesenangenta saja ngenca siukurken, tapi kepentingen ras kesejahteran kalak sideban pe arus sitangkeli.

·           Caranta makeken kebebasenta alu ngergai kepentingen kalak sideban nuduhken bahwa kinitekenta empengaruhi budaya kegeluhenta. Maka kegeluhenta arus iuji erpalasken kebebasen sini bereken Kristus man banta. "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu” (Yoh.8:31-32). Ibas dirinta lit kebebasen erpalasken kebenaren Kata Dibata sini cidahken kita alu:

1.    Kebebasen Kristen labo mbabai kita kubas kegeluhen si serap-serap (individual), tapi mabai kita enggeluh selaku kula Kristus. Enggeluh ibas persadan ibas Kristus erbahan kita ngergai ras engkelengi temanta manusia.

2.    Kebebasenta labo erbahansa tondel ukur kalak ngidah kita, bage pe labo erbahan dirinta jadi batu antuken man kalak sideban.

3.    Kebebasenta membangun kegeluhen kalak sideban, bebas guna nambahi kiniulin man kalak sideban.

4.    Kebebasenta labo guna ngayaki sisenang siakap tapi siempermuliaken Kristus ibas kegeluhenta.

5.    Kebebasenta mbabai kalak guna rembah kempak Kristus, ngena ate kalak ngidah cara rukur ras cara kegeluhenta. Mbereken daya Tarik erkiteken kegeluhenta idemi perkuah ras lias ate Tuhan.

Pdt. Sura Purba Saputra, M.Th

GBKP Runggun Harapan Indah

Khotbah Minggu Tgl 04 Juli 2021 ; Ulangan 16 : 9 - 12

MINGGU PESTA PANEN (KERJA RANI)

Invocatio      :“Muliakanlah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala pengasilanmu” (Amsal 3:9) 

Pembacaan   :  Markus 12 : 28-34

Khotbah       :  Ulangan 16 : 9-12

Tema            : “Membawa Persembahan Sukacita” (B.Karo: “Maba Persembahen Ukur Meriah”)

Pengantar

Panen  adalah  pemungutan (pemetikan ) hasil sawah atau ladang. Istilah ini paling umum dipakai dalam kegiatan bercocok tanam dan menandai berakhirnya kegiatan di lahan. (  http : //id.wikipedia.org,wiki, panen ). Panen bagi petani adalah sesuatu yang ditunggu dan diharapkan  setelah  menanam, merawat  akhirnya menuai hasil. Mengingat pekerjaan manusia sekarang tidak  semua bergerak dalam bidang pertanian maka kata panen ( hasil ) dapat  dimaksudkan juga kepada  hasil pekerjaan   : gaji, keuntungan dagang, keuntungan usah dan lain-lain.  

Pendalaman  Nats

Dalam kitab Ulangan 16 : 1-16  ada tiga hari raya utama yang diperingati  yaitu : hari raya Paskah, hari raya pesta panen dan hari raya pondok daun. Dalam Keluaran 34 :22 dikatakan pesta panen dipestakan saat memulai panen yang pertama. Pada waktu orang mulai menyabit gandum yang belum dituai, haruslah engkau mulai menghitung  tujuh  minggu  itu.  (Ulangan 16 : 9b ). Pesta panen dilakukan sebagai persembahan  sukarela yang diberikan sesuai dengan berkat yang diberikan Tuhan (Ulangan 16:10 ).  Memberi dengan kerelaan bukan karena terpaksa. Memberi karena telah lebih dulu mendapat. Sehingga dalam pelaksanaanya pesta panen mendatangkan  “ sukaria “ bagi seluruh keluarga  ( engkau, anak laki-laki, anak perempuan ) termasuk juga orang yang tinggal dalam rumah yaitu hamba laki-laki, hamba perempuan, juga bagi orang lewi yang ada ditempatnya berada, orang asing, anak yatim dan janda.

Pesta panen dilakukan untuk  mengingatkan bangsa Israel dulu pernah menjadi budak di Mesir. Sebagai budak tentunya bukan hal yang menyenangkan, karena terikat dalam ketidak bebasan. Namun setelah bangsa Israel bebas dari perbudakan Mesir  dapat bebas mengerjakan lahannya dan menghasilkan   disyukuri sebagai pemberian yang datangnya dari Tuhan. Jika dalam perbudakan di Mesir bangsa ini hidup dari pertolongan orang, maka ketika mereka bebas dan pekerjaannya diberkati Tuhan menghasilkan, merekapun digerakkan  mau berbagi dan memberi bagi orang lain. Sehingga dalam pesta panen terkandung makna : bersyukur atas berkat yang di beri Tuhan, berkat tersebut dirasakan membawa sukacita, dan mau menjadi berkat  dengan berbagi dan memberi kepada orang lain.

Ketetapan Pesta panen harus dilakukan dengan setia  (Ulangan 16 :12 ). Artinya terus dilakukan dalam kehidupan bangsa Israel. Dalam Imamat 23 : 9 - 11, dikatakan : “ Tuhan berfirman kepada Musa : berbicaralah kepada orang Israel dan katakan  kepada mereka : Apabila kamu sampai ke negeri yang akan Kuberikan kepadamu, dan kamu menuai hasilnya, maka kamu harus membawa seberkas hasil pertama dari penuaianmu kepada imam.

Dan imam itu haruslah mengunjukkan berkas itu dihadapan Tuhan, supaya Tuhan berkenan akan kamu. Imam harus mengunjukkannya pada hari sesudah sabat itu. “

Aplikasi

Pesta panen di laksanakan ditengah-tengah perjalanan gereja. Dalam konteks sekarang mengarah kepada pemahaman dan aktualisasi iman, Tuhan telah memberi hasil atas tuaian. Dari hasil tuaian  umat datang memuliakan Tuhan dengan memberi persembahan pesta panen. Sesuai dengan agenda Almanak GBKP pelaksanaan persembahan pesta panen dilaksanakan pada Minggu 04 Juli  2021 ini, untuk itu setiap umat marilah bawa persembahan hasil tuaian kita.  Bangsa Israel membawa bentuk-bentuk dari hasil tuaian berupa : seekor domba, dua sepersepuluh efa tepung yang terbaik, dua buah roti yang dibuat dari dua persepuluh efa tepung terbaik, tujuh ekor domba berumur setahun, seekor lembu jantan, dua ekor domba jantan, seekor kambing jantan….  ( Im.23 : 12- 19 ). Begitu banyak yang mereka persembahkan karena mereka menyadari sudah menerima banyak dari Tuhan.  Pada minggu ini, saat kita memuliakan Tuhan dalam pesta panen ini, berikanlah yang banyak dan yang terbaik bagi Tuhan, karena Tuhan telah banyak memberkati hidup kita. Pesta panen mendatangkan sukacita,  pesta panen berbagi dan menjadi berkatlah….Meskipun sudah 1 tahun kita menjalani kehidupan  kita dalam masa pandemic covid 19 tapi tetap kita dimampukanNya untuk tetap dapat memberikan persembahan kerja rani kita dengan penuh sukacita…”Selamat memberi yang terbaik bagi kemuliaan namaNya.

Pdt. Prananta Jaya Ginting Manik, S.Si (Teol) MM

GBKP Rg.Bogor Barat

Khotbah Minggu Tgl 27 Juni 2021 ; Mazmur 65 : 10-14

Minggu Merdang

Invocatio    : “Dan engkau akan makan dan akan kenyang, maka engkau akan memuji TUHAN, Allahmu, karena negeri yang baik yang diberikan-Nya kepadamu itu.” (Ulangan 8:10).

Bacaan       : Markus 4: 1-9

Kotbah        : Mazmur 65: 10-14 

Tema          : “Tuhan Memberkati Tanaman” (B.Karo: “Ipasu-pasu Tuhan Sinuan-sinuan)

1.    Dalam bahasa Karo, Mazmur 65 ini diberi judul “Puji-pujin ras pengataken bujur” sedang dalam bahasa Indonesia diberi judul “Nyanyian syukur karena berkat Allah”. Baik dalam hal spritual (pengampunan dosa) juga berkat fisik (anugerah Tuhan atas tanaman dan ternak). Judul tersebut mewarnai mazmur ini. Oleh karena itulah, Mazmur ini dimulai dengan lagu pujian kepada Allah yang biasanya disampaikan pada saat pesta panen orang Israel (Artur Weiser; 2015; 462). Mazmur ini mungkin memiliki latar belakang situasi dari akhir masa kekeringan, seperti di dalam 1 Raj. 8 (khususnya ay. 35 dst. A.A. Anderson:1980; 464). Dan khusus nats kotbah di Minggu ini melukiskan tindakan dan karya Allah dalam alam ini, maka ay. 10-14 ini menyatakan puji-pujian kepada Allah yang memberkati ladang dan ternak(ucapan syukur atas penyediaan hidup dari Tuhan dan panen yang melimpah melalui kesuburan). Apa yang terjadi di Mazmur ini oleh beberapa penafsir mengatakan terjadi pada saat mundurnya Asyur setelah doa Hizkia, karena menurut Yesaya 37:30 “Dan inilah yang akan menjadi tanda bagimu, hai Hizkia: Dalam tahun ini orang makan apa yang tumbuh sendiri, dan dalam tahun yang kedua, apa yang tumbuh dari tanaman yang pertama, tetapi dalam tahun yang ketiga, menaburlah kamu, menuai, membuat kebun anggur dan memakan buahnya”, paneh berlimpah.  Ada beberapa metafora yang sangat indah dan menarik dalam bagian ini.

-         Pertama, ada sebuah gambaran tentang Allah sebagai yang mengatur sistem pertanian (ay.10-12): Tanah dijadikannya subur sehingga menghasilkan panen melimpah. Itu terjadi karena sungai (batang air) melimpah (ay.10). Gambaran Allah “pertanian” semakin jelas dalam ay.11, karena di sana dilukiskan bahwa Allah ikut campur-tangan dalam proses membajak tanah dan menyuburkannya. Hasil dari itu semua ialah kesuburan dan kelimpahan (ay.12). Bahkan jejak Allah pun “mengeluarkan lemak.”

-         Kedua, di ay.13-14 ada metafora yang indah mengenai tanah padang gurun, mengenai bukit yang berikat-pinggang sorak-sorai, mengenai padang rumput yang berpakaikan kawanan kambing-domba, mengenai lembah yang berselimut gandum. Itu semua adalah lambang kesuburan dan kemakmuran hidup pertanian dan para gembala.

2.    Ay. 10-14 ini sebagai pujian kepada Tuhan yang mendatangkan hujan sehingga sesuatu bertumbuh di ladang dan di padang. Dalam syair ini digunakan istilah-istilah yang jarang terdengar di dalam Alkitab, irama dan suasana pun berlainan dibandingkan dengan mazmur pada umumnya sehingga timbul kesan bahwa di sini, suatu nyanyian kepada dewa alam diambil alih dan diperuntukkan bagi Tuhan. Dan boleh jadi mazmur ini disusun untuk ibadah ucapan syukur yang tertentu. Kemarau menimpa negeri dan umat Allah menyadari bahwa bencana alam itu merupakan hukuman atas dosanya, sehingga mereka meminta pengampunan dosanya itu. Turunnya hujan yang deras dipandang sebagai jawaban Tuhan atas doa mereka dan disambut dengan meriah. Namun, mazmur ini dikalimatkan sedemikian rupa sehingga dapat dipanjatkan sebagai ucapan syukur sesudah panen ketika orang-orang dari pembuangan sudah kembali dari Babel dan berulang-ulang dalam sejarah umat Allah sampai sekarang ini. Terutama dalam bahasa Inggris kiasan mazmur ini mempengaruhi rasa syukur terhadap keindahan alam yang diberikan Tuhan (M.C Barth-Frommel & B. Anton Pariera; 2016; 627-628).

3.    Di hadapan orang yang penuh rasa syukur, atau bagi orang yang tahu bersyukur, segala sesuatu tampak seperti penuh kegiarangan dan sorak-sorai. Bahkan alam pun tampak seperti bersorak-sorai kegirangan (Itu semua adalah lambang kesuburan dan kemakmuran hidup pertanian dan para gembala). Secara psikologis hal ini bisa dijelaskan dengan gejala proyeksi. Sebuah pengalaman internal psikologis seseorang seakan dilontarkan keluar, sehingga sebuah sukacita rohani seakan tampak juga di luar sana secara objektif. Tetapi ingat, pengalaman negatif juga bisa diproyeksi dengan cara yang sama. Hanya yang kita temukan dan alami sekarang ini ialah sebuah proyeksi pengalaman rohani dan psikologis yang positif.

Sehubungan dengan hal ini, bagi bangsa Israel, mengucap syukur atas panen di hari raya adalah bagian penting dari doa mereka untuk panen di tahun berikutnya. Rasa syukur adalah bagian integral dari kebergantungan mereka kepada Tuhan dan faktor penting dalam pengharapan mereka terhadap kebaikan Tuhan.

4.    Allah yang berdaulat dan dunia tidak berjalan sendiri (otonom). Dengan bersyukur kepada Tuhan, mazmur ini mengingatkan orang-orang bahwa Tuhan adalah Tuhan yang berdaulat atas semua ciptaan, menjawab doa, mengampuni dosa, memelihara kehidupan, dan memberkati bumi dengan kesuburan. Sehingga digambarkan tanaman begitu subur sehingga mereka seolah-olah bernyanyi kegirangan sebagai respon mereka terhadap Pencipta (Allen P. Ross; 2013; 408-409). Pemazmur percaya bahwa manusia yang berserah diri kepada Allah dapat menyaksikan dan mengalami mujizat atau perbuatan ajaib yang dilakukan Allah. Mujizat-mujizat itu terjadi bukan karena kebetulan, melainkan karena kuasa Allah yang terjadi agar manusia takut dan menaruh hormat kepadaNya. (mengutip tulisan dari Pertanianku.com. Terlepas dari kecanggihan serta inovasi teknologi pertanian, tapi saat ini Israel telah mampu mengekspor 40 jenis hasil pertanian unggul di tengah lahan yang tandus.)

5.    Kita dan apa yang kita usahakan/ kerjakan adalah integral. Digambarkan di ay. 10-14 bahwa Allah memperhatikan dan memberkati tanah itu. Ia mengindahkannya, seperti diindahkannya manusia menurut Mazmur 8:5 “8:5 apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya?”,  “membanjirinya ” dengan berkat, mengaruniakan “kelimpahan dan kekayaan”. Begitu besar berkat-Nya, sehingga Allah dipuji. Batang air, sudah penuh air dan mengairi, melalui hujan gandum dan tanaman lainnya tumbuh. Bukit dan padang, yang tandus di musim kemarau, menghijau kembali ketika hujan turun. Kambing-domba, yang beranak pada musim itu, berkembang biak karena tersedia rumput yang melimpah. Mengingatkan kita, bahwa kita dan segala usaha kita (dalam mazmur ini pertanian dan peternakan) adalah satu kesatuan. Tidak ada keterpisahan antara orang dan usahanya dihadapan Tuhan. Ketika Tuhan mengindahkan manusianya, Tuhan juga mengindahkan usahanya, dan sebaliknya.

6.    Pengakuan, doa, dan berkat. Di dalam Doa Bapa Kami ada kalimat “berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami...” Daud meyakini bahwa Allah menjawab doa-doanya dengan hadirnya pemeliharaan Allah tidak terlepas dari pengakuannya kepada Tuhan akan pelanggarannya (ay. 3-4). Lagi, pemazmur meyakini bahwa kehadiran Tuhan dalam proses pertanian tersebut diyakini sebagai jawaban doanya. Di ay. 3 “Engkau mendengar doa”, ay. 6 “Engkau menjawab kami”. Maka dalam kaitan ini, mengakui kesiaapan kita, mendoakan yang kita kerjakan akan mendatangkan pemeliharaan Tuhan.

7.    Melihat perbuatan Tuhan dalam keseharian yang menurut kita selama ini alamiah/ “biasa saja”. Wilayah Israel dan sekitarnya, terkenal dengan daerah yang kurang subur.). Tetapi pemazmur menyaksikan kebesaran Tuhan yang berkarya bagi kebutuhan umat-Nya ketika menjadikan tanah yang gersang tersebut penuh dengan batang air yang kaya dan melimpah sehingga tanah yang kurang subur tersebut dapat ditanami demi kelangsungan hidup. Maka, “In an arid area, rain was God’s good gift.”/ di tanah daerah gersang, hujan adalah anugerah Tuhan.” (James H. Waltner; 2006; 317).  Lagi, pemazmur mengakui proses tersebut, dengan basahnya alur bajak, tanah yang berlimpah air karena turun hujan, dan hijaunya tumbuhan di padang, menurut pemazmur adalah perbuatan Tuhan yang memberkati. Tuhanlah yang berkarya atas hal tersebut. Pemazmur mampu menemukan karya Allah yang memelihara tanaman dan ternak tersebut, yang menurut sebagian kita mungkin hal tersebut biasa saja. Tanpa Tuhan pun, proses alam tersebut bisa berjalan, hujan itu biasa saja, tetapi seperti James Waltner katakan di atas, hujan adalah anugerah Tuhan. Pemazmur di dalam proses yang mungkin biasa-biasa saja tersebut, dia melihat bahwa ada Tuhan yang berkarya dalam bagian-bagian kecil tersebut. Sehingga, umumnya orang yang mengatakan “biasa saja/ biasa nge/ enggo kin bage arusna” (bdk. Ndilo wari udan.  Kegiatan ini dilakukan apabila sudah lama tidak turun hujan. Tentu hal tersebut mengakibatkan terjadinya kesulitan kehidupan, karena umumnya orang Karo hidup dari sektor pertanian) tersebut biasanya tidak akan mampu bersyukur kepada Tuhan.

Paulus justru mempersaksikan akan kesiapaan Tuhan lewat hujan dan musim subur. Kis. 14:17 “namun Ia bukan tidak menyatakan diri-Nya dengan berbagai-bagai kebajikan, yaitu dengan menurunkan hujan dari langit dan dengan memberikan musim-musim subur bagi kamu. Ia memuaskan hatimu dengan makanan dan kegembiraan.

8.    Minggu merdang mengingatkan kita hormat akan Tuhan. Orang Israel meyakini bahwa tanah perjanjian itu adalah milik Tuhan yang dipinjamkan kepada mereka untuk dikelola dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup mereka. Karena itulah tanah itu tidak dapat diperjualbelikan dengan sembarangan, apalagi kepada orang asing (bdk. Ul. 26:1-11. b. Agar umat Tuhan menghormati Tuhan dengan cara beribadah kepada-Nya. Kalimat “arus ibabandu ku ingan ersembah si sada e.” (26:2b, 10) menyatakan penghormatan kepada TUHAN. Untuk mereka harus menyiapkan waktu untuk beribadah kepada-Nya dan mempersembahkan hasil panen kepada Tuhan).

9.  Kai si suan e ka nge turah seh erbuah (Gal. 6:7b “...Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.”). Menabur/ ngerdangken tidak hanya benih di pertanian tetapi juga kebaikan. Taburlah benih-benih kebaikan. Maka kita akan menuai berkat di ladang-ladang yang tidak terduga. “ula kari dekahen nuankenca asangken mperanisa”, kadang memulai adalah sesuatu hal yang sulit kita lakukan. Mulailah hari ini, tabur benih kebaikan. Meski kadang tidak kelihatan hasilnya. Tapi seperti di dalam lirik KEE No.68 “… e mate kap benih lebe…lah turah page nge. Yang kelihatannya mati, terlupakan, namun hidup berbuah banyak. Gambaran ini memotivasi untuk tetap menabur kebaikan dimana dan saat kapan pun.

Salam.

Pdt. Dasma Sejahtera Turnip, -

GBKP Rg. Palangka Raya

Info Kontak

GBKP Klasis Jakarta - Kalimantan
Jl. Jatiwaringin raya No. 45/88
Pondok Gede - Bekasi
Indonesia

Phone:
(021-9898xxxxx)

Mediate