Jadwal Kegiatan

Ibadah Umum - (08PM - 09PM)
Ibaadah Remaja - (09PM - 10PM)

Suplemen PJJ ; Keluaran 34:22; 2 Korinti 9:10-12 ; Tgl 31 Mei - 06 Juni 2020

Ogen : Keluaren 34:22; 2 Korinti 9:10-11

Tema : Pestakenlah Kerja Rani (Kerja Rani)

Kerja Rani enggo me semal silakoken tep-tep tahun ibas Gerejanta, ras adi si nen pe ibas perkembangenna, melala nge perkembangen simehuli ibas pelaksanaanan Kerja Rani e. Bage pe ibas perpulungen ncidahken buah kinitekenna arah persembahen Kerja Rani si ipesehna pe enggo ermehulina. Tapi, gia bage pe lit denga nge rusur man pekenan, terlebih-lebih ibas paksa sigenduari enda i tengah-tengah krisis kegeluhen siberdampak ku ekonomi kita kerna Pandemi Covid-19. Maun turah nge penungkunen i tengah-tengah ngawan ni perpulungen, “Ibas tahun 2020 enda sibahan denga kin Kerja Raninta, adina kita ibas keadaan sulit?” Emaka tole pe penungkunenna, “Adi siban Kerja Rani uga ka pelaksanaanna, adi kidekah enda silaksanaken alu er-pesta meriah i tengah-tengah Gerejanta. Tapi genduari enda me labo banci sipestaken enda alu meriah?” Enda penungkunen-penungkunen ibas perpulungen.

Kata Dibata si jadi palas bahan renungen PJJ sekali enda kitab Keluaren 34:22, ncidahken bahwa nehken Persembahen Kerja Rani merupaken perentah Tuhan, “Pestakenlah Kerja Rani tupung kam menaken peranin buah pagendu sipemena, janah pestakenlah Wari Raya Sapo-sapo ibas pendungi tahun, tupung iperanindu buah kayundu.”

Tradisi nehken Kerja Rani ibas kalak Israel merupaken Perentah Tuhan. Bage kalak Israel mbengketi kegeluhen i taneh perpadanen (Taneh Kanaan), idalanina kegeluhenna, iusahaina taneh si ibereken man bana, emaka paksa rani iberekenna hasil pertama siterbaik sebagai persembahen Kerja Rani. Ibas Padan Si Ndekah, Kerja Rani igelari wari raya Pentakosta, eme wari pelimapuluhken kenca Paskah (wari raya guna mperingeti kuasa Tuhan ibas pembebasen bangsa Israel arah perbudaken Mesir nari). Erkiteken 50 wari eme 7 minggu emaka wari epe igelari Wari Raya Pitu Minggu. Wari Raya Pentakosta nandaken enggo dung peranin buah page. Kerja Rani encidahken pengataken bujur bangsa Israel erkiteken enggo dung peranin page. Bangsa Israel ermeriah ukur erkiteken pasu-pasu Tuhan si enggo ialokenna. Emaka icidahkenna me kinihamatenna, bagepe kepatuhenna nandangi perentah Tuhan alu maba hasil ranina. Ibas wari raya enda kerina bangsa Israel si tading ija pa pe pulung i Jerusalem, emaka tuhu-tuhu meriah kal. Ibas Padan Si Mbaru, wari Pentakosta eme wari pelimapuluhken kenca Paskah (mperingeti kekeken Tuhan Jesus ibas kematen = pembebasen anak-anak Tuhan ibas perbudaken dosa nari). Wari Pentakosta eme wari mperingeti nusurna Kesah Si Badia man ajar-ajar Tuhan Jesus. Emaka rikutken kalender gerejanta, nehken Persembahen Kerja Rani biasana ilakoken kenca Kebaktin Minggu Pentakosta.

Perentah Tuhan ibas kitab Keluaren enda ibereken man kalak Israel tupung ia lit ibas perdalanen menuju taneh Kanaan. Lenga lit tanehna, lenga lit rumahna, lenga lit jumana, sebab ia bangsa perlajang denga. Tapi Tuhan enggo menetapken maka bangsa Israel harus mpersembahken persembahen Kerja Rani. Janahna kalak Israel amina lenga ia seh ku taneh Kanaan enggo iayukenna Perentah Tuhan enda.

Arah Kata Dibata enda kita ibabai selaku warga GBKP, bagi bangsa Israel kegeluhennta pe bekas penegu-negu Tuhan. Enggo 130 tahun Berita Si Meriah seh ku kita kalak Karo. Belanda nari “ikirim” Tuhan para missionaris guna nehken Kata Dibata man banta, adi lang entah “perbegu’ denga kita genduari. Bagepe kegeluhenta pe secara pribadi kerina, mulai kin tubuh seh ngasa genduari, ibas kita ndalani perjuangen-perjuangen kegeluhennta tep-tep wari, tuhu sigejapken penemani Tuhan makana banci kita bagi sigenduari enda. Jadiken enda sebagai motivasi bagepe peringet-ingeten man banta, segelah tetap mpengasup kita hidup setia ras taat guna ndalanken perentah Tuhan, termasuk emekap nehken Persembahen Kerja Rani. Pandemi Covid-19 kidekah 3 bulan enda, ula erbahanca kita lupa kerna keleng ate Tuhan segedang-gedang kegeluhennta. Ula erbahanca kita jungut-jungut ras seolah-olah mengingkari pasu-pasu Tuhan simbelin ibas kegeluhenta. Erlajar arah bangsa Israel, setia ras displin ia ngelakoken ritual-ritual keagamaanna dalam situasi krisis sekalipun, enda dalan-dalanna ia lalap nginget Keleng Ate Tuhan ibas kegeluhenna sebagai bangsa pilihen.

Setiap perentah Tuhan ibereken man banta pasti guna kiniulinnta. Emaka alu kita mbereken persembahen Kerja Rani, enda tanda kepatuhen nandangi perentah Tuhan guna maba kiniulin bas kegeluhennta. Enda tanda pengataken bujurta kerna pasu-pasu Tuhan segedang-gedang kegeluhennta. Emaka ula kita ertaktak ibas mbereken persembahen Kerja Ranita. Si endesken enda alu meriah ukur man Tuhan arah GerejaNa. Kita percaya Gereja ipakai Tuhan guna mengelolasa segelah banci ipergunaken untuk pembarken Kata Dibata, bagepe nampati kalak simembutuhken (ncidahken Keleng Ate Tuhan).

Ula kita mbiar ibas nehken persembahen Kerja Rani. Sebab bagi Surat Paulus man perpulungen i Korinti (2 Korinti 9:10-11), maka pemenan kerina dahin (ku juma, ku kantor, ku sekolah, erbinaga, ras sidebanna) Dibata singaturkenca. Setiap proses dahin silakoken bage pe seh ku hasilna, si enda kerina Dibata kap si ngaturkenca. Kalak si melumbar mbere (mbereken persembahen) eme kap tanda kalak sipatuh nandangi perentah Tuhan, ras mbeluh ngataken bujur kerna pasu-pasu Tuhan. Kalak si bagenda ipasu-pasu Dibata ibas segala dampar kegeluhenna, jenari kalak si deban pe terberkati arah perbahanen mehuli si lakoken kita e dingen ipujina Tuhan.

Mari belajar dari filosofi “Sumur”, sebuah sumur jika dibiarkan tidak pernah dipergunakan airnya, justru air menjadi bau dan tidak berguna. Tetapi adi rusur sipergunaken launa, “diberikan” baik guna erdakan, ridi, minem, rsd, lau la pernah urak, justru tetap cukup banci ipergunaken, bagepe ibas mbereken Persembahen.

Pdt. Melda Tarigan, STh

(GBKP Rg. Pontianak)

Suplemen PA Mamre GBKP ; Kuan-kuanen 23 : 22 - 25 ; Tgl 21 - 27 Juni 2020.

Ogen             : Kuan-kuanen, 23:22-25

Tema          : MALEM ATE JABU SI ERKEMALANGEN MAN DIBATA. SUKACITA  DAN DAMAI SEJAHTERA BAGI KELUARGA YANG TAKUT AKAN TUHAN

PENDAHULUAN

Kitab Amsal termasuk bahagian dari kitab-kitab syair yang menyajikan hikmat dan pengertian yang praktis dalam kehidupan untuk mengarahkan umat untuk hidup dalam kebenaran Tuhan. Kumpulan hikmat dan nasehat bijak yang tertuang dalam kitab Amsal ini mengarahkan umat kepada sumber kehidupan yaitu Tuhan. “Takut akan Tuhan” adalah hikmat, pengertian dan nasehat yang mendasari kehidupan manusia. Dengan mengenal kebenaran Tuhan dan hidup di dalamnya akan mengarahkan kehidupan umat yang berbahagia.Secara umum, nasehat bijak yang disajikan dalam kitab Amsal ini adalah bentuk nasehat seorang ayah kepada anak-anaknya. Keluarga ditempatkan menjadi pusat pengajaran dan pewarisan hikmat pengertian untuk mengarahkan anak-anaknya hidup dalam nilai-nilai kehidupan yang diterangi oleh kebenaran Tuhan.

Melalui PA ini kita kembali diingatkan pentingnya menjadikan Firman Tuhan sebagai dasar untuk melakukan atau menunaikan tugas kita sebagai anggota keluarga, ketatan akan firman Allah akan menghasillkan sukacita dan damai sejahtera.

BIMBINGAN TEKS.

Amsal ini dimulai dengan seruan kepada anak untuk mendengarkan ayahnya, dan jangan menghina ibu,  hal ini adalah kewajiban yang harus dilaksanakan anak kepada orang tuanya, hal ini dimaksudkan bahwa orang tua sebagai sumber hikmad dan sarana kehidupan anak-anak mereka. Di sisi lain orang tua adalah sumber nasehat yang berguna untuk kebaikan anak anak mereka pada masa mendatang.  (23) Belilah kebenaran dan jangan menjualnya; demikian juga denganhikmat, didikan dan pengertian.Ayat ini menekankan pentingnya kebenaran dan hikmat, bahkan  jikalau harus membeli dengan harga mahal, beli-lah, namun jangan menjualnya. Kita dapat menganalogikan bahwa begitu berat dan besarlah pengorbanan kita untuk mendapatkan kebenaran dan hikmat, oleh karenanya jangan di sia-siakan. Kebahagiaan yang paling besar bagi orang tua yang berhikmat adalah ketika anak-anak menunjukkan kebijaksanaan, 24 Ayah seorang yang benar akan bersorak-sorak; yang memperanakkanorang-orang yang bijak akan bersukacita karena dia.25 Biarlah ayahmu dan ibumu bersukacita, biarlah beria-ria dia yangmelahirkan engkau.

REFLEKSI.

1.    Kalau kita mengevaluasi kebelakang tentang peranan kita sebagai orang tua, apakah peranan kita sudah seimbang antara bekerja dan menjadi penasehat bagi anak-anak kita..?, melalui PA kita kali ini kita diingatkan pentingnya waktu untuk memberikan pengajaran dan pendampingan bagi anak-anak kita sehingga mereka bertumbuh menjadi anak yang berhikmat.

2.    Disini diingatkan kembali bagi orang tua, Yang selama ini merindukan anak kita berjalan kepada jalan yang benar, hendaklah kita memberikan petunjuk jalan yang benar kepada anak kita, tidak bisa melalui ucapan tapi bisa melalui perbuatan. karena Harimau meninggalkan Belangnya, Gajah mati meninggalkan gadingnya, Orang tua meninggal meninggalkan Nasehat dan bimbingannya yang selalu di ingat seorang anak. seperti Salomo yang mengingat kematian Daud ayahnya.

Pdt  Togu  Persadaan Munthe

Rg GBKP  Cililitan

 

Suplemen PA Mamre GBKP : Kejadian 2 : 21 - 24 ; Tgl 14 – 20 Juni 2020.

Ogen          : Kejadian 2:21-24

Tema          :ENGKELENGI NDEHARA BAGI ENGKELENGI DIRINTA./ MENGASIHI ISTRI SEPERTI MENGASIHI DIRI SENDIRI.

PENDAHULUAN

Masing-masing dari kita adalah bagian yang tidak terpisahkan dari suatu perkawinan, entah sebagai suami atau istri atau anak. Lalu apa kata Sabda TUHAN mengenai perkawinan? Alkitab menegaskan bahwa perkawinan atau pernikahan di antara laki-laki dan perempuan merupakan inisiasi atau kreasi kudus dari TUHAN Allah. Pada mulanya, Allah-lah yang merancang dan menyediakan sehingga perkawinan itu ada di antara manusia, di antara laki-laki dan perempuan. TUHAN-lah yang menyediakan anugerah perkawinan itu bahkan sudah didirikan sebelum manusia jatuh kedalam dosa. TUHAN adalah pemegang hak cipta perkawinan itu sendiri. Dan karena itulah perkawinan mesti dipelihara dalam kekudusan dan hukum Allah. Melalui PA MAMRE ini kita diingatkan untuk tetap mengasihi dan semakin mengasihi isteri seperti diri sendiri.

BIMBINGAN TEKS

Alkitab mencatat dua bentuk cerita yang saling melengkapi mengenai penciptaan. Allah mencipta manusia, yaitu laki-laki dan perempuan setara sebagai ‘gambar Allah’, imago Dei (Kej. 1:27). Proses penciptaan wanita dinyatakan untuk menunjuk kesetaraan itu.

Adam tidur nyenyak, maka Allah membangun seorang perempuan dari rusuk Adam (Laki-laki), kemudian dibawa atau diberikan kepada Adam (Kej. 2:21-23). Sebab itu – kata Alkitab – seorang laki-laki dewasa “... akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan istrinya sehingga keduanya menjadi satu daging ...” (Kej. 2:24). Tindakan “meninggalkan” dalam konteks ayat ini bukan berarti memutuskan hubungan, tetapi demi membina hubungan perkawinan suami-istri sebagai yang paling dekat dan mendalam. Dalam Hukum Taurat, anak diperintahkan untuk menghormati orangtua, ayah-ibu (Kel. 20:15). Kata “menghormati” dalam Alkitab berbahasa Ibrani adalah “ka-beed”, yang artinya: ‘hargailah’ dan ‘nilailah dengan tinggi’; bahkan juga berarti: ‘lindungilah’ dan ‘cukupilah kebutuhan’-nya.

Kita bisa mengambil sebuah pelajaran melalui ayat ini, bahwa di saat manusia tertidur pun Allah bekerja untuk memenuhi kebutuhan manusia. Allah mengambil tulang rusuk dan menciptakan seorang perempuan. Begitu terbangun manusia begitu girang dan berkata “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku.

Alkitab mengajarkan bahwa perkawinan maanusia didasarkan pada tiga prinsip pokok yang disebut juga sebagai trilogi perkawinan Kristiani, yakni: (1) Monogami yaitu perkawinan di antara sepasang suami-istri, satu-satu; (2) Insolubilitas yaitu kesetiaan sampai mati di antara pasangan suami yang sudah dipersatukan oleh Allah menurut iman Kristiani; dan (3) Tak terceraikan, kecuali oleh maut.

REFLEKSI

1.    Allah memberikan pasangan yang sepadan dengan manusia dibuat dari bagian tubuh yang ada pada manusia itu sendiri. Sehingga dari proses penciptaan perempuan ini kita bisa melihat bahwa laki-laki dan perempuan adalah satu. Perempuan diciptakan dari laki-laki dan ketika laki-laki melihat perempuan yang telah Tuhan bentuk dari bagian tubuhnya, ia sangat bersukacita. Mereka sederajat dan bersama-sama melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam ikatan yang diciptakan dari unsur yang sama dan satu.Aurelius Agustinus, seorang Bapa Gereja, teolog besar, dan filsuf Pendidikan Agama Kristen, kelahiran Tagaste (wilayah Aljazair, Afrika), pernah menulis sajak mengenai wanita yang kemudian digubah oleh Dale S. Hadley, yang bunyinya sbb: Wanita diciptakan dari rusuk pria, bukan dari kepalanya untuk menjadi atasan, bukan pula dari kaki untuk dijadikan alas; melainkan dari sisinya untuk menjadi mitra sederajat, dekat pada lengannya untuk dilindungi, dan dekat di hatinya untuk dicintai. (Woman was created from the rib of man, not from his head to be above him, nor from his feet to be walked upon; but from his side to be equal, near his arm to be protected and close to his heart to be loved).

2.    Kita sering mendengar banyak kasus KDRT dan perceraian di tengah keluarga, tentu saja hal ini sangat bertentangan dengan kehendak Allah. Oleh karenanya mari kita kembali kepada rancangan Allah terhadap perkawinan bagi kita, sehingga kita semakin mengasihi pasangan yang telah dianugerahkan Allah.

Pdt  Togu  Persadaan Munthe

Rg GBKP  Cililitan

Info Kontak

GBKP Klasis Jakarta - Kalimantan
Jl. Jatiwaringin raya No. 45/88
Pondok Gede - Bekasi
Indonesia

Phone:
(021-9898xxxxx)

Mediate