Jadwal Kegiatan

Ibadah Umum - (08PM - 09PM)
Ibaadah Remaja - (09PM - 10PM)

Suplemen PJJ : Masmur 19 :1-9 ; Tgl 28 Maret - 03 April 2021

OGEN          : MASMUR 19:1-9

TEMA          : TEP-TEP WARI ERBERITA

(Perayaan HUT Kategorial)

Senina ras turang kekelengen Tuhan….

Lit sekalak pelukis si tergelar Aaron Schurr, ia sekalak pelukis pemandangen alam semesta situhu-tuhu mejile. Hasil lukisenna, seh kel miripna ras pemandangen si aslina. Karya lukisen Aaron Schurr enda, erbahanca kerina kalak takjub ngidah jilena pemandangen ibas erbage-bage ingan i doni enda si enggo ilukiskenna. Tupung paksa kita lit itengah-tengah doni enda, ngidah kerina tinepa Dibata si tuhu-tuhu mehuli, erbahanca megah si akap ngidah tinepa Dibata e. Bagem me pe pemasmur, ngidah kerina tinepa Dibata mabai pemasmur muji dingen mpermuliaken Dibata si enggo nepa doni enda.

Masmur 19 enda emekap  Masmur Daud si nuriken kerna kemulian Dibata. Ije isehken Pemasmur man banta kerna penyataan Dibata, emekap penyataan umum arah tinepaNA (matawari, awang-awang , langit). Penyataan khusus emekap arah undang-undangNa. Penyataan adalah inisiatif Allah sendiri untuk membuka diriNya agar manusia yang adalah ciptaanNya dapat mengenal Allah Penciptanya.  Enda kerina ilakoken Dibata segelahna kita kerina manusia nandai Dibata alu payo  bagepe mpermuliaken IA. Alu bage, ibas ogen PJJnta ibas minggu enda, Masmur 19:1-9, lit 2 bagin si isehken man banta, emekap :

1.    Kemulian Dibata teridah ibas langit, awang-awang ras matawari (ayat 1-7)

2.    Kerna ndalanken Undang-Undang Tuhan (ayat 8-9)

Pemena : Kemulian Dibata teridah ibas langit, awang-awang ras matawari (ayat 1-7)

Pemasmur nuriken man banta maka Dibata ermulia ibas tinepaNa. Langit, awang-awang ras matawari enggo itepa Dibata alu kataNa jine. Arah Kata e ijadiken Dibata kerina si nasa lit;  la lit sada pe ibas kerina si enggo jadi e ijadiken la arah Kata e (Johanes 1:3). Tinepa Dibata e nuriken man banta kerna kuasa Dibata si mbelin. Kerina tinepa Dibata encidahken kemulian Dibata. Langit ras awang-awang erberita kerna perbahanen Dibata si mbelin(ayat 2). Pergantin wari, suari ras berngi nuriken mbelinna kuasa Dibata si enggo nepa doni enda. Dibata enggo erbahan terang ras gelap bagepe matawari guna nerangi doni enda ras kerina isina. Matawari pultak ibas erpagi-pagi, nerangi doni, seh pe ku ben wari, ndabuh ku gelapna. Kerina lit ibas keteraturen.

Dibata si enggo nepa doni enda ras kerina isina, erdolat nandangi kerina tinepaNa. Erkiteken si e, subuk manusia bagepe ras tinepa Dibata sidebanna pe arus maka mpermuliakan IA, meritaken kerna IA dingen nembah IA ibas kegeluhen si tep-tep wari.

Peduaken : Kerna ndalanken Undang-Undang Tuhan (ayat 8-9)

Kenca pemasmur nuriken kerna Dibata ermulia i bas tinepaNa, ilanjutken pemasmur ka nuriken kerna Undang-Undang Tuhan. Kerna Undang-Undang Tuhan, ikataken pemasmur maka :

1.     Undang-Undang Tuhan mereken gegeh si mbaru, terteki, mereken pengertin man kalak si kurang pentar.

2.     Undang-undang Tuhan benar kap, emaka kalak si ngikutkenca meriah tetap. Perentah Tuhan benar kap, mereken pengertin ku bas perukuren.

 

Kerina enda encidahken man banta maka Undang-Undang Tuhan seh kel perluna ibas  kegeluhenta, mabai kita kerina tetap ersada ras Tuhan dingen tetap setia ndalani kegeluhen sue ras Undang-Undang Tuhan. Tet-tep wari kita ngorati Kata Dibata bagepe ngelakokenca ibas kegeluhenta.

Senina ras turang si ikelengi Tuhan Jesus Kristus.

Selaku sekalak si erkiniteken man Tuhan, enggo si angkai maka kemulian Dibata teridah ibas kerina tinepaNa. Kita manusia selaku tinepa Dibata arus tetap tutus ras setia mpermuliaken IA ibas kerina dampar kegeluhenta.

Kuga carana ? Sue ras oraten PJJnta ibas minggu enda, emaka :

1.    Marilah si jagai kerina tinepa Dibata alu mehuli. Ula si cedaken. Sebab adi tinepa Dibata ceda, maka dampakna pe si gejapken ibas kegeluhenta si tep-tep wari.

2.    Marilah beritaken kerna kemulian Dibata si teridah ibas kerina tinepaNa man kalak si deban. Tep-Tep wari kita setia erberita man kalak si deban kerna Dibata si ermulia e, subuk arah kata bagepe perbahanennta. Kata si maba kegeluhen bagepe kedamen rikut pe perbahanenta si maba kiniulin.

3.    Mari siberitaken pe kerna kemulian Dibata i tengah-tengah Perpulungen Jabu-Jabu entahpe PA Kategorial bagepe man teman-temanta si deban.

4.    Tetaplah setia nggeluh sue ras undang-undang Tuhan. Erkiteken si e, tep-tep wari, setialah kita muji Tuhan, ngorati kataNa, bagepe ngelakokenca ibas kerina dampar geluhta. Sebab Undang-Undang Tuhan mereken gegeh si mbaru, mereken pengertin, erbahanca kita pentar bagepe mereken keriahen ukur man banta. KataNdu kap tending man nahengku, nerangi dalan si kudalani (Masmur 119:105). Kerina enda, siberitakenlah man kalak si deban.

5.    Ibas kita mperingeti HUT Kategorial i tengah-tengah gereja, kerina enda silakoken sebage sada tanda pengataken bujur man Dibata bagepe kesaksin, erberita man kalak si deban kerna Dibata si enggo nampati dingen ngkawali kegeluhenta, bagepe i tengah-tengah persadan kategorial subuk Moria, Mamre Saitun, Permata ras KAKR.

Selamat Setia Erberita Tep-Tep Wari.

Kesah Si  Badia nampati kita kerina. Amin.

Pdt. Crismori V. Br Ginting Manik

GBKP Sitelusada

Suplemen PA Moria : Yusus 3 : 4-10 ; Tgl 28 Maret - 03 April 2021

BACAAN      : YUNUS 3:4-10

THEMA        : PATUH MABA KESELAMATEN/KETAATAN MEMBAWA KESELAMATAN

TUJUAN      :

1.   Belajar pada kepatuhan orang Niniwe yang membawa keselamatan

2.   Merubah kebiasan hidup untuk keselamatan kita

PEMBUKA

Bagi kaum ibu/ moria yang memiliki kesukaan menonton drama berseri, tentu  serial berjudul  The Penthouse tidak asing di telinga kita. Drama ini memiliki jalan cerita yang cukup rumit dan penuh komplikasi. Dari berbagai konflik menegangkan yang terjadi,  salah satu inti masalah yang sebenarnya adalah karena tidak adanya sebuah ketaatan pada peraturan. Para orang tua dalam serial ini merasa mereka berkuasa, kaya dan memiliki segalanya sehingga segala sesuatu bisa diatur dan dipoles sedemikian rupa. Yang benar menjadi salah, yang tidak bermutu justru dipoles dengan cara-cara kotor menjadi permata, bahkan seluruh peraturan dapat dipatahkan dan dilanggar. Semakin lama kejahatan mereka semakin berat sebab mereka menjadi terbiasa dan merasa tidak ada yang salah dalam hidup mereka. Sungguh ironis bagi semua tokoh dalam kisah ini; yang melakukan pelanggaran dan tidak setia kepada peraturan tidak pernah merasakan ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup mereka malahan mereka terseret semakin dalam pada pusaran kejahatan. Anak-anak mereka yang selalu mereka “bantu” dengan cara-cara yang tidak benar pun akhirnya terganggu secara psikologis dan tertekan dengan prestasi-prestasi yang sesungguhnya tidak mampu mereka raih bila diukur dari kemampuan mereka yang sebenarnya. Sebuah pelanggaran dan ketidak-taatan akan selalu membawa dampak yang merusak bagi kita. Bahkan bila diteruskan, bisa-bisa kita akan membayarnya dengan kehidupan kita yang demikian berharga ini. 

ISI

 Dalam bahan renungan kita, kita juga dapat melihat bahwa penduduk Niniwe juga akan segera menghadapi akibat dari kejahatan dan dosa mereka. Ketidaktaatan yang telah mereka hidupi bertahun-tahun akhirnya mengundang murka Tuhan atas seluruh isi kota. Dalam kemurahanNya, Allah masuh memberikan kesempatan kepada penduduk Niniwe melalui hambaNya Yunus. Pembacaan kita memperlihatkan pemanggilan Allah yang ke dua kalinya kepada Nabi Yunus untuk membawa berita kepada penduduk Niniwe.  Bila pada pemanggilan yang pertama , berita pemanggilan lebih diarahkan pada kejahatan penduduk Niniwe (bdk. 1:2),  pada panggilan ke-2 ini,  berita yang harus disampaikan difokuskan pada hukuman yang mereka akan dialami  penduduk Niniwe (bdk. 3:4). Walaupun berita yang disampaikan Tuhan kepada Yunus semakin tidak menyenangkan telinga untuk disampaikan kepada penduduk Niniwe, kali ini Yunus pun pergi dan meneruskan berita tersebut kepada mereka sesuai dengan apa yang difirmankan Tuhan kepadanya. Dalam menyampaikan berita tersebut kita dapat melihat beberapa proses yang terjadi dalam kisah pertobatan Niniwe dan segenap isinya; antara lain:

1.    Ketatan dimulai dari hati yang terbuka  dan percaya kepada Tuhan dari seluruh Penduduk Niniwe. Untuk memiliki hati terbuka dibutuhkan kesediaan dan kemauan untuk mendengarkan teguran Tuhan, lalu disertai dengan langkah konkret untuk mengubah kehidupan. Ketika Nabi Yunus memberitakan di dalam ayat 4, : “… empat puluh hari lagi maka Niniwe akan ditunggangbalikkan.”; Penduduk Niniwe tidak menganggap sepi berita dan seruan pertobatan tersebut. Bukan saja para penduduk, tetapi di ayat 5 dikatakan bahkan Raja Niniwe pun mau turun dari singgasananya dan berkabung atas dosa dan kejahatan yang selama ini telah berlaku di Niniwe. Hati yang terbuka akan teguran dan firman Tuhan membuat orang Niniwe percaya kepada Tuhan dan menyadari kesalahannya sehingga mereka sama sekali tidak mencari celah untuk membela diri sama sekali. Kepercayaan ini lalu diwujudkan dalam sebuah tindakan konkret yaitu seluruh negeri dan isinya tanpa kecuali sepakat  berpuasa.

2.    Tahapan yang  berikutnya dalam  proses taat kepada Tuhan, penduduk Niniwe mengambil langkah pertobatan dan menyesali kejahatan yang telah dilakukan tangan mereka. Pertobatan mereka ditandai oleh tindakan puasa yang mereka lakukan, LAI TB menerjemahkan ayat 5 dengan “dari dewasa sampai anak-anak” (berdasarkan usia), tetapi  dalam terjemahan NKV/KJV/RSV  diterjemahkan dengan lebih jelas lagi  dengan menggunakan ungkapan:  “dari tertinggi sampai terendah” (berdasarkan posisi/kedudukan). Ini sejalan dengan ayat 6 yang menggambarkan bagaimana raja kota dan semua pembesar juga ikut tanpa kompromi merendahkan diri. Mereka tidak hanya  berpuasa, tetapi juga mengenakan kain kabung serta duduk di abu sebagai ekspresi penyesalan mendalam atas pelanggarannya. Ini adalah sebuah simbol mereka mau berbalik dari dosa-dosa mereka.

3.    Tahapan ketiga yaitu mereka  berbalik dari kejahatan mereka. Tanda ketaatan ini disebutkan dalam ay. 8 dan ayat 10. TB LAI menerjemahkan kebiasaan hidup mereka dengan frasa: ‘melakukan kejahatan” dalam hal ini untuk lebih jelas lagi kita dapat melihat terjemahan RSV/NKV (Inggris) yang menerjemahkan perilaku mereka bukan hanya melakukan kekerasan, tetapi kekerasan itu ada dalam kedua tangan mereka. Artinya adalah kejahatan itu sudah merasuk demikian dalam dan menjadi kebiasaan dalam hidup penduduk Niniwe. Ternyata ketika ada sebuah  kepercayaan, tekad dan penyesalan yang sungguh, kejahatan dan dosa yang telah mengakar sekalipun dapat diubah bila kita sungguh mau diubahkan. Dalam hal ini kita perlu menggarisbawahi bahwa perubahan itu dimungkinkan bukan hanya karena upaya kita, tetapi karena anugerah dan kemurahan Allah . Bahkan penduduk Niniwe yang bertobat dan menyesal pun memohon di ayat 9 dengan mengatakan: “Siapa tahu mungkin Allah akan berbalik dan menyesal.. ”

Dari ayat 10 kita lalu mengetahui bahwa penduduk Niniwe akhirnya selamat dari bencana kehancuran yang telah menanti mereka. Dalam hal ini kita melihat betapa besarnya anugerah dan kemurahan Tuhan bagi  mereka yang mau bertobat dan bertekad untuk taat dalam kehidupannya. Bila kita cermati bacaan kita, kita akan menemukan frasa menarik yaitu “Allah menyesal”. Tentu penyesalan Allah disini berbeda dengan penyesalan manusia.  Allah tidak berdosa atau melakukan kesalahan dengan apa yang sudah dirancang-Nya. Allah “menyesal” karena Dia  tidak merasa bahagia dengan apa yang dirancang-Nya, yaitu menghadirkan malapetaka yang menghancurkan Niniwe.

PENUTUP

Dari perikop ini kita belajar bahwa ketaatan benar-benar membawa keselamatan bagi kita. Mari kita merenungkan kehidupan. Bila sampai saat ini kita hidup dalam cara yang tidak menyenangkan hati Tuhan, mari kita membuka hati lalu  meresponnya dengan penyesalan dan pertobatan. Inilah yang menyenangkan hati Tuhan sehingga IA menyesal dan mengurungkan kehendak-Nya, sekalipun Ia sudah berencana menimpakan hukuman kepada kita. Bukan hanya dalam kehidupan beriman, tetapi dalam kehidupan sehari-hari pun ketaatan sangat penting. Ketaatan kepada peraturan, ketaatan pada protokol kesehatan yang berlaku, ini semua sangat menolong dalam menjaga keselamatan hidupp kita. Jadi mari kita tidak menunda-nunda lagi untuk hidup dalam ketaatan. Kita tidak pernah tahu berapa lama lagi kesempatan yang Tuhan berikan kepada kita untuk meninggalkan pelanggaran kita sebelum “bahaya” itu menghampiri kita. Seperti yang dinyatakan sebuah lagu karangan Ebiet G Ade yang berjudul: Masih Ada Waktu; demikian lirik yang disampaikan pada kita:

Kita mesti bersyukur bahwa kita masih diberi waktu
Entah sampai kapan, Tak ada yang bakal dapat menghitung

Hanya atas kasih-Nya, Hanya atas kehendak-Nya
Kita masih bertemu matahari, Kepada rumput ilalang
Kepada bintang gemintang, Kita dapat mencoba
Meminjam catatan-Nya

Sampai kapankah gerangan, Waktu yang masih tersisa
Semuanya menggeleng, Semuanya terdiam
Semuanya menjawab tak mengerti

Yang terbaik hanyalah, Segeralah bersujud
Mumpung kita masih diberi waktu

Pdt. Eden P. Funu-Tarigan, S.si (Teol)

GBKP Perpulungen Kupang 

Suplemen PA Moria : Ester 4 : 12-17 ; Tgl 21 - 27 Maret 2021

OGEN           : ESTER 4: 12-17

TEMA            : MEGENGGENG NGALAKEN PERBEBEN

TUJUN          : Gelah Moria         : Ngidah cara Ester ngalaken situasi

  Pang muat keputusen i tengah lit perbeben Covid-19

Kitab Ester adalah kitab yang unik karena tidak menyebut nama TUHAN atau ALLAH satu kalipun. Saat membacanya, kita akan bisa melihat bahwa Tuhan tetap berkarya meskipun namaNya tidak disebut. Dalam kitab Ester, Tuhan seperti bekerja di balik layar. Ratu Ester adalah tokoh utamanya. Seorang tokoh perempuan yang dipakai Tuhan melakukan penyelamatan bagi bangsa Yahudi. Ia anak melumang, tapi iangkat jadi anak oleh Mordekhai, janah erkiteken usaha Mordekhai me Ester banci seh jadi ratu. Ibas paksa e Ester enggo tading ibas istana Raja Ahasyweros, tapi identitasna irahasiakenna denga. Bas sada wari Mordekhai ersoal ras Perdana Menteri gelarna Haman, erkiteken la nggit ia erjimpuh i lebe-lebena, nina: ‘Aku kalak Jahudi, aku la banci nembah man manusia.’ Erkiteken si e nembeh ate Haman, la puas iakapna adi Mordekhai ngenca si kena ukumen tapi kerina bangsa Jahudi si tading serap-serap i belang-belang kerajaan e pe harus ibunuh. Ibas situasi enda peran Ester iperluken. Pang entah lang ia membela bangsana. Arah Ester 4: 12-17 banci ibuat piga-piga penekanen si jadi renungan PA:

1) Ester nggit ngukurken kepentingen si nterem

Banci ikataken perbeben kalak Jahudi si nggeluh serap-serap i tengah rakyat kerajaan e lanai mungkin ialami Ester, sebab ia enggo ibas zona nyaman ras zona aman. Tapi nggit ia mengambil resiko demi kepentingen bangsana. Ia la egois. Kalau orang berjuang demi kepentingan sendiri itu hal biasa, tapi kalau orang berjuang demi kepentingan orang lain sama dengan pahlawan. Jiwa nasionalisme Ester sangat kuat, walaupe fasilitas kerajaan Persia, kemewahan uis ras perhiasan ratu banci inikmatina tiap wari, la erbanca ia terlena ras lupa diri. Keleng atena bangsana, emaka nggit ia jadi alat Tuhan guna mereken kebebasen man bangsana.

Renungan: Sejak pandemi Covid-19 banyak orang jadi egois. Menumpuk bahan makanan, menumpuk stok masker supaya harga dijual tinggi, bahkan ada yang menyalahgunakan bantuan sosial. Orang egois hanya memikirkan diri sendiri dan tega mengorbankan orang lain. Sebagai Moria mari kita memiliki jiwa seperti Ester, yang mau berjuang untuk kepentingan orang lain, bukan hanya diri kita sendiri. Hanya dengan tertib melakukan protokol kesehatan kita sudah melindungi sesama kita, mari kita lakukan. Kalau kita mempunyai berkat lebih, mari kita lakukan aksi nyata seperti memberikan sumbangan bagi yang memerlukan.

2) Ester nggit megiken ras ngaloken pendapat kalak (ayat 12-14)

Perkataan Mordekhai cukup tajam bagi Ester, seperti mau mengatakan: janganlah lupa diri, Tuhan sudah menjadikan kamu ratu di kerajaan Persia ini walaupun kamu orang Yahudi, jangan terlalu menikmati zona nyaman, ingat kaum sebangsamu sedang bergumul, jangan cari aman sendiri. Ester adalah seorang ratu di Kerajaan Persia, dimana orang se-istana akan sangat berhati-hati bicara kepadanya. Tapi perkataan Mordekhai, orang yang dia anggap sebagai orangtua masih ia hargai. Ester tidak tersinggung, justru ia menuruti apa yang dikatakan Mordekhai.

Renungan: Sepintar dan setinggi apapun pangkat kita, tetaplah hargai pendapat orang lain. Walaupun kadang kita diberi peringatan yang tajam, kalau itu memang untuk kebaikan maka terimalah masukan dan teguran itu dengan rendah hati. Contoh sederhana ibas pandemi enda mawen la sikap sipake maskerta, atau kita la menjaga jarak, adi itegur ras ipersingeti kalak sideban ula min kita nembeh. Kerina e guna kebaikan bersama.

3) Jangan overthinking! Ada kuasa dalam doa dan puasa (ayat 11, 15-17)

Siapapun yang menghadap raja di pelataran tanpa dipanggil akan dikenai hukuman mati, kecuali raja mengulurkan tongkat emasnya. Logika Ester berpikir bahwa ia sama saja membahayakan nyawa sendiri dengan menghadap raja tanpa dipanggil, dan sudah 30 hari raja tidak memanggil Ester. Ia takut mengambil langkah, karena aturan istana sangat tegas. Awalnya Ester terlalu memikirkan resiko hukuman matinya, bukan fokus pada kemungkinan raja akan mengulurkan tongkat emasnya. Ini yang dinamakan overthinking, yaitu istilah untuk perilaku memikirkan segala sesuatu secara berlebihan. Ini biasanya dipicu oleh kekhawatiran berlebihan sehingga tidak bisa berhenti memikirkan hal tersebut. Tapi dengan lebih mengandalkan Tuhan ada keberanian baru dalam diri Ester. Ia bertekad berpuasa selama  3 hari, dan meminta semua orang Yahudi di kota Susan juga melakukannya, sehingga dalam dirinya ada keyakinan dan keberanian: ‘kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati’. Kenyataannya, di hari ketiga saat Ester menghadap raja, ia mendapat uluran tongkat emas raja, bahkan raja berkata setengah kerajaanpun akan diberikan jika Ester menginginkannya.

Renungan: Kalau kita sedang mengkhawatirkan sesuatu sampai overthinking, itu saatnya kita berserah penuh pada Tuhan, semakin mendekat pada Tuhan melalui doa dan puasa. Puasa adalah menekan segala keinginan diri, agar dapat lebih mendengar keinginan Tuhan. Tidak ada yang bisa memprediksikan kapan pandemi Covid-19 berakhir, kita takut dan cemas, namun jangan sampai overthinking sampai tidak bisa memikirkan hal lain yang lebih penting. Imani bahwa Tuhan tetap bekerja memulihkan keadaan,walaupun saat ini IA bekerja ‘dibalik layar’.

Pdt. Yohana Samuelin br Ginting

GBKP Rg.Samarinda

Info Kontak

GBKP Klasis Jakarta - Kalimantan
Jl. Jatiwaringin raya No. 45/88
Pondok Gede - Bekasi
Indonesia

Phone:
(021-9898xxxxx)

Mediate