Jadwal Kegiatan

Ibadah Umum - (08PM - 09PM)
Ibaadah Remaja - (09PM - 10PM)

Suplemen PA Moria : Hakim-hakim 4 : 4-9 ; Tgl 07-13 Maret 2021

Bacaan : Hakim-hakim 4:4-9

Tema  : AKU MAJU KAM PE MAJU

Tujun  : -Meteh Debora mereken rumat (semangat) man Barak ras bangsa Israel

             -Jadi motivator i tengah-tengah jabu ras masyarakat

Piga-piga hal si banci jadi penekanen ibas teks:

1)Debora sekalak nabiah ras hakim Israel. Selaku nabi ia jadi penyambung lidah Tuhan. Selaku hakim ia si ngerunggui bangsa Israel. Ibas paksa e Israel iteruh kuasa Raja Kanaan si merentah alu kejam, Jabin gelarna. Panglima perang Jabin gelarna Sisera. Lit 20 tahun mesui kal ate bangsa Israel ibanna erkiteken kejamna Raja Kanaan enda. Tapi Debora tetap ipercayaken Tuhan jadi sekalak nabi ras hakim man bangsa Israel, idahi bangsa Israel ia tupung lit persoalen si la terdungi, gelah Debora erban keputusen. Litna sekalak hakim diberu enggo jadi sada keistimewaan sebab ibas budaya kalak Israel sangat jarang diberu berperan jadi sekalak pemimpin. Sekalak hakim diberu si ipercayaken guna muat keputusen ibas perkara-perkara bangsa Israel.

Renungen: Bagaimana kita Serayan Tuhan (Pdt, Pt, Dk) si diberu? Enggo kita bijaksana bagi Debora? Rikutken pengalamenndu, tek perpulungen nandangi kata siibelasken kita sehingga reh ia nungkun ku kita kune lit persoalenna?

2)Ibas sada wari arah penuruhen Dibata, isuruh Debora reh sekalak pemimpin bangsa Israel si tergelar Barak. Ipeseh Debora perentah guna menyerang pasukan Kanaan si ipimpin Sisera. Janah lit jaminen ibas Dibata nari, bangsa Israel pasti dat kemenangen. Tapi kepeken la nggit Barak lawes adi la ikut Debora ras ia ibas perang e. “Aku lawes adi kam pe ikut ras aku, tapi adi la kam ikut, aku pe la nggit lawes.” nina ibas ayat 8. Ijenda teridah maka Barak, aminna ia sekalak dilaki, la ia gengsi mengakui bahwa ia kurang berani maju berperang, adi la kin ras persuruhen Dibata si nuruh ia, walaupe sekalak diberu. Barak encidahken kehamatenna nandangi sekalak si enggo ipilih Tuhan, terlepas dari gender kalak pilihen e.

Nina Debora ngaloi: “Bage-bage! Ikut aku lawes ras kam. Tapi la kam ndatken kehamaten ibas kemenangen e, erkiteken Tuhan ngendesken Sisera ku bas tan sekalak diberu.” La jadi masalah iakap Barak, sebab mis ia berkat ku Kedes. Ibas ayat 21-22, si ibelasken Debora enda tuhu terjadi erkiteken Sisera ibunuh sekalak diberu sitergelar Yael. Siutamana eme kemenangen si ibereken Dibata. La jadi persoalen ibas Barak soal ise si ndatken kehamaten.

Renungen: Uga nge pendapat Moria adi dilaki mindo motivasi ibas diberu nari? Ntahpe mindo penampat ibas diberu nari ibas hal si biasana enggo jadi urusan dilaki? (bdk. Barak dan Debora urusan perang)

3) Debora sekalak pemimpin rohani bangsa Israel si berkarakter: bijaksana, optimis, tegas, berani, ras siutamana eme tek man Tuhan. Tuhan enggo erpadan mereken kemenangen, emaka ibas kai pe Debora la mbiar. Arah si enda banci siidah Debora enda tuhu-tuhu erkomitmen ibas pelayanen. Ibas pelayanen sehari-hari si banci ilakoken janah kundul iteruh batang kurma, idalankenna alu setia. Ibas dahin pemimpin si harus ilakoken alu ikut maju ke medan perang, walau beresiko tetap idalankenna alu setia. Bahkan ibas ia sekalak ndehara, tentu lit ka tanggung jawab pelayanenna si ilakoken Debora i rumah. Melalui semua peranan ini, Debora memberikan satu hal penting bagi setiap orang yang dilayaninya: MOTIVASI. Keberadaannya memberikan semangat.

Renungan: Sudahkah kehadiran kita memberi semangat dan dorongan untuk maju bagi setiap orang yang kita temui?

Aplikasi I bas Kegeluhen:

Melala siidah ibas geluh enda perlakuan yang tidak adil terhadap perempuan. Ada yang menjadi korban kekerasan di rumah tapi di mata keluarga dan masyarakat ia tetap disalahkan. Ada yang punya potensi ibas sada pekerjaan atau jenjang karir tertentu, tapi harus menerima kenyataan bahwa yang diutamakan oleh perusahaan yang bersangkutan adalah laki-laki. Ada yang ingin sekolah setinggi-tingginya tetapi diminta mengalah demi adik atau abangnya karena mereka laki-laki. Ada yang mau dan mampu berkarir tinggi tetapi harus berkorban demi keluarga dan anak. Banci jadi kam Moria pernah mengalami si enda secara pribadi. Mungkin banyak yang mengalaminya tetapi tertekan dalam diam. Marilah kita suarakan suara-suara yang terpendam itu. Jangan menjadi perempuan yang menindas sesama perempuan, melainkan jadilah perempuan yang memotivasi sesama perempuan. Jangan diam ketika melihat ketidakadilan. Mari menjadi motivator untuk sesama perempuan, bahkan sesama manusia, termasuk laki-laki Terkadang kita lupa, bahwa budaya patriarkal juga menjadi beban bagi kaum laki-laki. Mengapa? Karena laki-laki pun sering dituntut untuk keras seperti baja, laki-laki tidak boleh menangis, laki-laki tidak boleh merasa takut, padahal laki-laki pun adalah manusia. Ada kalanya mereka butuh diberi dukungan dan semangat disaat mereka lemah. Mari Moria, ibas jabuta kita menjadi pemberi semangat man perbulangen, man anak-anakta dilaki ras diberu. Kam maju aku pe maju nina temata sekali enda. Arah pengerana, ula rusursa mandangi, nggit lah kita mereken apresiasi guna penyemangat man teman ras isi jabu. Arah perbahanen, nggit kita ikut berjuang membebaskan hak-hak diberu si tertindas. Bereken pedah ras masukan si membangun man teman, bagi Debora bijaksana ibas mereken pedah-pedah. Tuhan si mpengasup kita kerina jadi Moria si bijaksana, si memajuken Moria sideban.

Pdt. Yohana Samuelin br Ginting

GBKP Rg.Samarinda

Khotbah minggu Tgl 04 April 2021 : Markus 16 : 9-18

Invocatio     : Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya. (Wahyu 20:6)

Bacaan         : Yohanes 20 : 1-10

Khotbah       : Markus 16:9-18

Tema : Kuasa Kebangkitan Yesus

Saudara-i yang dikasihi Tuhan, Paskah kerap kita peringati sebagai tanda Yesus menyatakan kuasaNya mengalahkan upah dosa yakni maut dan memberikan jalan keselamatan bagi manusia yang percaya. Kebangkitan Yesus menjadi inti iman Kristen, yang walaupun dipercayai dan diimani oleh umat Kristen, namun cukup hangat diperbincangkan dan juga kebenarannya sering diperdebatkan. Orang-orang yang ahli mencoba meneliti dan mencari bukti, untuk mengungkap ‘misteri’ ini. Karena nyatanya masih banyak yang menyanggah dan tidak percaya bahwa Yesus itu sungguh-sungguh bangkit. Hal ini sangat wajar karena kebudayaan maupun agama masyarakat mulai zaman kuno, tidak mengajarkan ataupun mempercayainya.

Untuk memahami hal ini, banyak orang mengharapkan catatan historis dan hal penting lainnya sebagai sebuah pembuktian. Namun dalam iman percaya, kita tidak dapat melupakan pentingnya kerendahan hati. Yang menolong seseorang dapat tetap mengakui dan melihat, bahwa keberadaan manusia sangat terbatas untuk menjangkau atau memahami Allah dengan sempurna. Peristiwa kebangkitan ini pun diimani oleh kita orang percaya, bahwa di dalam peristiwa tersebut, Allah turut menyatakan kehendak dan kuasaNya dalam rangka keselamatan manusia. Hal ini menjadi pergumulan iman tentang bagaimana kita dapat mengalami Tuhan dalam hidup kita? Apa dampaknya kuasa kebangkitan Yesus, saat ini bagi kita dalam respon iman?

Markus 16:1-18 merupakan bagian yang menceritakan peristiwa penting pasca kematian Yesus. Seperti apa yang telah dinubuatkan, bahwa Yesus dibangkitkan tiga hari setelah kematianNya. Pada waktu itu tiba, pertama sekali Yesus menampakkan diriNya kepada perempuan-perempuan yang datang ke kubur dan berpesan, agar mereka menyampaikan hal ini kepada murid lainnya. Ke Galilea mereka harus pergi, karena di sana Yesus akan menemui mereka (ay 7). Beberapa kali Yesus juga menampakkan diri kepada para murid agar menjadi kesaksian pemberitaan bagi banyak orang. Yesus meneguhkan hati mereka yang saat itu dirudung ketakutan dan gentar.

Menjadi saksi tentunya bukan perkara mudah. Karena seorang saksi haruslah mampu meyakinkan orang lain atas apa yang dilihatnya, didengar atau dirasakannya. Menyampaikan bahwa pesan itu benar adanya. Tentunya dalam posisi ini, Maria Magdalena, murid perempuan lainnya yang ikut datang ke kubur Yesus, dua murid dalam perjalanan ke Emaus yang menyaksikan kebangkitan Yesus, mengalami dilema yang sama. Ditengah perkabungan dan duka atas kematian Yesus yang baru beberapa hari, mereka dikagetkan dengan apa yang dilihatnya (Bdk Yoh 20:1-10).

Ada berbagai perasaan campur aduk antara terkejut, takut, takjub, bersukacita untuk menyampaikan pesan kepada orang-orang. Apalagi dalam posisi ini, apa yang mereka sampaikan juga tidak mudah dimengerti apalagi dipercayai. Khususnya konteks pandangan masyarakat Yahudi tentang kesaksian perempuan sebagai kaum kedua dalam masyarakat (beberapa murid perempuan turut menyaksikan dan memberitakan) dan juga kebangkitan orang yang mati dalam tradisi Yahudi menjadi sesuatu hal yang sulit diterima (ay 9-13).

Pada saat kebangkitan Yesus dinyatakan banyak orang bahkan para murid pun tidak percaya. Sehingga Yesus menampakkan diri kepada kesebelas orang itu (murid yang dipilih Yesus) dan Yesus mencela kedegilan hati mereka. Sebab masih ada keraguan, ketidakpercayaan, keangkuhan, yang bisa saja timbul dari pandangan murid yang masih kecewa dan patah hati karena Yesus harus mati dan tidak menjadi mesias seperti yang diharapkan. Atau bahkan memandang rendah orang-orang yang menyaksikan dan memberitakan berita kebangkitan lebih dulu. Sehingga ‘teguran’ ini disampaikan Yesus.

Saat hati mereka menerima arti kebangkitan yang sesungguhnya, mengerti arti Yesus sebagai Juruselamat maka para murid siap diutus untuk memberitakannya. Kuasa kebangkitan Yesus menunjukkan otoritas ilahi, mengubahkan kedegilan hati, ragu, takut menjadi ketetapan hati untuk turut melakukan aksi. Bahkan mereka diberikan kuasa melakukan tanda mujizat, pelayanan, penyembuhan. Dengan melakukan hal ini, semakin banyak orang turut mengalami kuasa kebangkitan Yesus, sekalipun tidak lagi secara langsung menyaksikannya.

Lalu apa yang menjadi pergumulan orang percaya saat ini dalam mengingat kembali peristiwa kebangkitan Yesus? Tentunya tidak mau memiliki kedegilan hati. Dimana kehidupan kita tidak mau melihat dan merasakan kuasa Tuhan yang sesunggunya. Banyak orang mengaku percaya, hidup dekat dengan Tuhan, melayani Tuhan, bercakap-cakap tentang Tuhan, malahan memiliki hati yang keras dan tertutup tanpa mengalami kuasa Tuhan, seperti para murid. Agak sulit diterima mengapa malah para murid yang dekat dan selalu turut pelayanan Yesus menerima celaan atas ketidakpercayaan. Oleh sebab itu dalam paskah ini, kita yang mengaku percaya haruslah benar-benar mengalami kuasa Tuhan, diawali pengertian bahwa :

1. Kuasa kebangkitan Yesus mengubahkan hati

Kuasa Roh Kudus menolong kita mengerti arti kebangkitanNya. Seperti apa yang dialami para murid Yesus, mungkin iman kita pun kadang goyah atau terlalu dangkal untuk melihat kemahakuasaan Allah dalam karya keselamatan Yesus. Kuasa inilah yang akan membukakan kedegilan hati yang awalnya tidak percaya, takut, ragu menjalani hidup menjadi semakin mengalami (merasakan kehadiran) Tuhan itu sendiri.

Kuasa ini diterima sebagai pemberian Tuhan saat kita mau mendengar, mempelajari dan merenungkan Firman Tuhan dengan sungguh. Setiap orang yang mau, baginya akan diberikan ‘hati yang baru’. Ada pengertian, sukacita, kedamaian walaupun saat ini kita masih menantikan janji Tuhan dinyatakan, dalam penantian itu tidak ada lagi kecemasan, ragu, takut dan bimbang dalam menjalani kehidupan. Berikanlah hati kita untuk menyaksikan sendiri, bagaimana Tuhan membuktikan Dia Allah yang berkuasa diatas segalanya, termasuk untuk mengubah hati manusia. Tidak perlu repot-repot selalu menilai keberadaan hati orang lain, namun mulailah dulu dari diri sendiri. Merasakan bahwa pengenalan akan Tuhan memberi energi baru dalam pertumbuhan iman.

2. Kuasa kebangkitan Yesus membuatku turut bersaksi

Tidak mudah memberitakan sesuatu tanpa mengalami atau menyaksikannya sendiri. Namun berbicara tentang berita kebangkitan Yesus, seorang menjadi percaya, tidak selalu harus melihat langsung (seperti kesempatan spesial yang dimiliki para murid). Saat ini kuasaNya masih dapat kita rasakan karena tidak terbatas zaman. Kuasa Yesus pun memberikan pengertian untuk tahu apa yang dilakukan dalam memberitakannya sekalipun tidak melihatnya. Karena kuasa Allah  memiliki otoritas dalam hidup manusia yang bukan sekedar memberi perintah tapi juga membekali kita untuk bertindak dan melakukan.

Tentu bersaksi tentang kuasa kebangkitan tidak harus selalu dengan kata, kesaksian lisan atau tulisan, atau bermodalkan tingginya ilmu atau pengalaman spiritual. Tetapi kesaksian yang paling menyentuh, saat orang lain dapat merasakan melalui sikap hidup hari lepas hari. Mulai dari hal sederhana sekalipun.

Kesaksian akan kuasa Yesus intinya adalah menyatakan kebenaran Firman Tuhan dalam setiap kemampuan dan kesempatan hidup masing-masing. Cara bersaksi tidak harus selalu sama bagi setiap orang. Juga bukan berbicara tentang penilaian atas bagus atau tidaknya. Melainkan banyak tanda yang dapat disampaikan sesuai dengan panggilan masing-masing yang Tuhan berikan bagi kita. Berilah diri untuk selalu dipakai Tuhan dalam pelayanan yang mengubahkan, dimulai dari diri kita. Amin

Setelah peristiwa Kebangkitan Yesus,

kuasaNya tidak mengubah situasi yang ada

tapi menjadi suatu kesempatan dan cara Tuhan mengubah diri kita

Pdt.Deci br Sembiring

Rg GBKP Balikpapan

Suplemen PJJ : Tgl 07-14 Maret 2021 ; Matius 8 : 23 - 27

Nats   : Matius 8 : 23 – 27

Tema  : I Peteneng Jesus angin meter

Pernah i oge kami sada tulisen judulna : The God is Deat, tulisen enda nuriken sada kekecewaan penulis nadangi kecibal kegeluhen sini alamina, perbeben si rumput-umput, ertindih-tindih, enggo ka ndabuh itindih redan ras tertindih ka kotoren. La ngadi-ngadi erlebuh man Tuhan tapi perbeben e lalap la erkedungen.

Adi sibandingken ka kecibal sipaksa si alami gundari, si Covid 19 enda pe lalap la mulih-ulih ku kutana, la erngadi-ngadi pertoton ipenangkih, erlebuh man Tuhan, jore me ateta tapi reh ka banjir, meletus ka Deleng Sinabun, oh tah lanai kin ibegi Tuhan soranta erlebuh.....

Bagem perukuren ajar-ajar tupung perahu sinitumpangina ras Yesus iderpa angin meter ras galumbang si mesangat, ibas situasi sibage i ingeti ajar-ajar Yesus sisangana tertunduh: ”O Tuan, sampati min! Enggo cilaka kita!”

Dari sada sisi kuakap, kai sinilakoken ajar-ajar enggo pas, sabab i etehna kuja ia arusna erlebuh.....Sabab megati ka nge manusia ndarami/ erlebuh man sideban labo man Dibata.

Tapi Yesus la minter mpengadi angin ras Galumbang ndai, tapi justru “mempertayakan”, “mengoreksi” kiniteken ajar-ajar: ”Engkai maka kam mbiar, kurang kal tuhu kinitekenndu”(26). Mbiar tah terlalu mbiar eme tanda kurang kiniteken. Pernyatan ajar-ajar: Enggo cilaka kita!” encidahken maka kebiaren engkeleweti ajar-ajar. Ajar-ajar terlalu fokus kubas masalah sinihadapina asangken fokus nandangi kuasa Yesus si sebelumna enggo megati isaksikenna; mpepalem kalak gadamen (8:1-4 ; mpepalem suruh-suruhen perwira Roma 8:5-13 ; rstna).

Ibas sisi sideban banci siidah keleng ate Yesus si luar biasa; Angin meter, galumbang sierdeso la ngasup mpekeke Yesus, tapi Sekali sora erlebuh ajar-ajar minter ibege Yesus. Bagem me pe kepe megermet kal Yesus ndengkehken soranta erlebuh.

Arah turi-turin ipejeneng Yesus angin simeter enda me dua prinsip siperlu siinget dikune lit perbeben nggeluh:

Sipemena dari sisi TUHAN maka : “ Lenga bo keri keleng ate Tuhan, perkuah ateNa tetap nge lit, Keleng ateNa mbincar tep-tep erpagi-pagi, bali tetapna ras matawari sipultak arah Timur. (Perngandungen 3:22-23). Payo megati la siidah matawari pultak arah Timur, labo berarti ibas wari e pultah ia arah Barat, Utara atau sudut sideban atau la ia pultak wari e. Matawari tetap pultak saja perban mekapal embun sierbanca la ia teridah, bagem pe Keleng ate Dibata tetap nge lit, mekapalsa embun perbebenta maka lanai siidah maka Tuhan tuhu-tuhu erkeleng ate man banta.

Sipeduaken dari sisi kita :

“Dage kuasailah dirindu janah petenenglah ukurndu gelah ngasup kam ertoto” 1 Pet.4:7. Ibas litna silabagi ukur sipesikap perukurenta, teneng kita, “Tantangen” sijadiken jadi “Tentengen”, Ula kita terlalu reaktif, lanai sieteh tumburen, tempa tempa lanai kita erkiniteken. Inget adi sada perahu nge kita ras Yesus, mbelin kuasaNa belinen kuasaNa asangken kuasa perbeben e, emaka Lebuhlah Ia.

Pdt.IGM – GBKP Rg.Pondok Gede

Info Kontak

GBKP Klasis Jakarta - Kalimantan
Jl. Jatiwaringin raya No. 45/88
Pondok Gede - Bekasi
Indonesia

Phone:
(021-9898xxxxx)

Mediate