Jadwal Kegiatan

Ibadah Umum - (08PM - 09PM)
Ibaadah Remaja - (09PM - 10PM)

Suplemen Mamre : Matius 4 : 1 -11 ; Tgl 07 Februari 2021

(Spiritualitas Jesus Jadi Karakter Mamre)

Ogen   : Matius 4:1-11

Tema  : “Sembahlah Tuhan Dibatandu”

KATA PERLEBE

Anthony Collins sekalak Filsuf Deisme arah Inggris nari, ibas sada wari ia jumpa ras sekalak kristen si berkat atena ku gereja. Emaka cakap-cakap kalak enda, nungkun ia man kalak kristen e “Dibata si sembah ndu e Mbelin ntah Kitik?” Kalak kristen ndai jababsa nina, “dua-duana”. “Dibata e ‘Mbelinen’ asangken langit si mbelang janah Dibata e ‘Kitik’ maka ia banci ringan ibas pusuh ku”. Megi jababen enda sengget kel Anthony Collins, seh maka itulis na maka jababen kalak kristen ndai lebih erpengaruh asangken kerina buku Filsafat si pernah i ogena. E maka si jadi penungkunen man banta, “Uga belinna Dibata e man banndu?” Jababenna e nentuken kinitekenta ras siempengaruhi kerina kegeluhenta kerna penandaita kerna Dibata, ise Dibata e? Uga Ia belinna Ia bas geluhta? Adi siukuri uga buena kearun ate bas geluhta,maka salah sada penyebabna eme ibas kita la tek Dibata ngasup engkawali kita.Melala kalak kristen ndalani geluhna tempa-tempa Dibata e lalit. Lit nge Dibata e? Lit nge pengaruh Dibata e bas geluhta? Apai nge siakap lebih susah La Erdibata ntah La Ersen ?

Enterem jelma gelisah kel adi la jemak HP sada wari tapi biasa-biasa akapna adi la ngoge alkitab kidekah enda, ntah la beribadah ibas wari Minggu ntah pe la ertoto. Uga kin penembahenta man Dibata sedekah enda, terlebih ibas paksa-paksa pandemi covid-19 enda? La lah kita enggo la nai njadiken Dibata sebagai pusat penembahenta. Melala si bahan alasenta gelah la ikut ibadah/kebaktin, subuk erkiteken on line/live streaming la ninta bagi ibadah, make zoom siakap bagi mekarus, ras sidebanna. Emaka arah bahan PA Mamrenta enda ibabai kita guna tetap setia ersembah man Tuhan saja, amin gia melala perbeben singupuh kita. Mamre harus tetap jadi ‘imam’ ibas jabu singusih spiritualitas Jesus jadi karakterna.

PEMBAGESI TEKS

Ibas Injil Matius nuriken maka ope denga Jesus menaken pendahinNa siibenaken arah Galilea nari, Ia harus mentasi sada proses percuban i gurun pasir. Janah arah pengalamenNa enda mereken pengajaren ras makna man banta eme kerna:

1.   Olasibahan pengarapenta kempak Dibata erkiteken hal-hal sisementara (ay. 3-4)

Kenca Jesus erpuasa empat puluh wari empat puluh berngi maka enggo igejapNa melihe. Ituriken ijenda kerna sisi kemanusian Jesus, tapi iblis reh encubai Ia alu menyentuh sisi ke-Allah-an Jesus alu ngataken, “erkiteken Kam Anak Dibata salihken dage batu enda jadi roti”. Tempa-tempa ate iblis ngataken “genduari enggo kam melihe, janah cara si cepat ras mesukah ndatken pangan eme arah makeken kuasaNdu guna nalihken batu-batu enda jadi roti”. Tapi ngaloi Jesus, “labo alu roti saja manusia nggeluh, tapi arah tep-tep kata si ibelasken Dibata”.

Manusia memang perlu kal kerna pangan ras hal-hal jasmani sidebanna (status, kinibayaken, jabaten), tapi kerina enda labo sipentingna. Kita nggeluh labo terjeng lit si man pangan ras hal-hal jasmani sidebanna. Tapi erkiteken Kata Dibata sijadi jaminen man manusia, maka nina icukupiNa kai siniperluken kita. Iblis terus encubai manusia alu strategina makeken hal-hal jasmani guna encubai kita ras erbahca aru ateta adi langa si datken kai sinisuraken kita kerna erta doni enda. Emaka melala kalak tergoda rayuan iblis, jenari ngelakoken jalan pintas ras menghalalken kerina cara guna ndatken kerina erta doni enda, amin gia e la ngena ate Tuhan.

2.  Ola sipaksaken Tuhan guna nampati kita rikutken cara ras waktu sinisuraken kita (ay. 5-7)

Siitawarken iblis man Jesus ibas percuban sipeduaken eme ‘demonstrasi mujizat yang spektakuler’. Ibabai iblis me Jesus ku Jerusalem janah isuruhna Ia tedis i babo anjung-anjung Rumah Pertoton. Jenari nina man Jesus, “adi Anak Dibata kin Kam, dabuhken baNdu ku teruh, sabab lit tersurat i bas Pustaka Si Badia begenda: ‘Isuruh Dibata  kap malekat-malekatNa reh njagai Kam, itatangna nge Kam alu tanna gelah NaheNdu pe la terantuk ku batu”. Ayat 6b enda ibuat iblis erpalasken Masmur 91:11-12. Tapi Jesus ngaloi iblis nina, “Ola cubai Tuhan Dibatandu”.

Melala kal kalak Kristen (Mamre) simemaksa Tuhan guna nampati ia alu mujizat-mujizat si luar biasa sanga ia ngenanami erbage perbeben ras masalah. Adi la terjadi mujizat e man bana, erbahansa la nai ia tek man Tuhan jenari mobah kinitekenna. Arah kai sinikataken Jesus man iblis ndai, ateNa njelasken maka Kata Dibata isehkenNa man banta labo guna mengontrol Tuhan ras memaksa Tuhan guna ngelakoken mujizat bagi ate-ateta ntah sura-suranta saja. Kata Dibata labo guna icubai tapi guna iteki ras i imani gelah manusia erlajar erpengarapen janah ngendesken dirina man Tuhan saja. Bereken Tuhan erdahin ibas geluhta guna nampati ras mereken simehulina man banta ibas paksa ras cara Dibata. Sabab ibas kita memaksa Tuhan guna nehken mujizatNa ibas caranta, maka i je me situhuna kita meraguken kuasa Tuhan.

3.  Ola sigantiken posisi Tuhan ibas kegeluhenta alu dibata-dibata sideban, tapi tetap jadiken Tuhan siutama ibas geluhta (ay. 8-11).

Tupung iblis nuduhken man Jesus kerina kerajan doni ras kebayakenna, jenari nina iblis man Jesus, “kerina kerajan doni enda ras kiniulinna kubereken man baNdu, adi nggit Kam erjimpuh nembah man bangku”. Tapi ngaloi Jesus nina, “Sembahlah Tuhan Dibatandu, janah Ia saja ngenca patut man sembahen”.

Jesus ngangkai maka ope denga Ia i cubai i gurun pasir, perlebe Ia ngaloken tanda peridin i Lau Jordan janah kenca Ia iperidiken e terbegi sora sijadi proklamasi ntah pe pernyataan maka Ia me Anak Dibata janah ibas Ia lit kuasa. Ibas pasal terakhir injil Matius enda pe ikataken Jesus, “Nggo ibereken Dibata man bangKu kerina kuasa i Surga ras i doni”. Enda nuduhken maka otoritas ras keilahian ibas Jesus ipetangkasNa. Emaka tupung iblis encubai Ia, ngasup Jesus menang ngelawansa sabab ibas Jesus lit kuasa janah Ia me Tuhan simada sinasa litna.

APLIKASI

·           La lit manusia (Mamre) singgeluh i doni enda si la ngenanami godaan ras cubaan ibas iblis nari, terlebih kerna kenikmaten doni enda. Subuk kerna godaan arah mata, arah babah bagepe sura-sura doni sidebanna; godaan pangkat ras gila hormat, bagepe kerna erta doni enda. Emaka perlu kita erlajar arah Tuhan Yesus singasup menang arah kerina percuban doni enda.

·           Penandaita ras pemahamenta kerna Dibata menentuken ku bas kualitas kinitekenta man Tuhan

·           Dibata sisembah kita eme Dibata singerajai ras sinjadiken sinasalitna. Ia me ngenca sierkuasa seh rasa lalap, emaka man baNa saja kita nembah.

·        Kerajan doni ras kerina kemegahen doni enda kentisik saja me kap, ermasap-masap. Tapi kerajan Dibata tetap rasa lalap, emaka daramilah lebe kinirajanNa, janah dalankenlah si ngena ateNa, maka icukupiNa kai si perlu man banta (bnd. Matius 6:33)

·     Enda merupaken sada perintah man kalak kristen khususna Mamre gelah nggeluh monoteis. Nggeluh ibas sada Dibata saja eme Dibata ibas Yesus Kristus. Jadi penungkunen man banta. Ngkai maka kita arus ersembah man Dibata saja. Engkai la banci ersembah man Dibata sideban? Kita ersembah man Dibata saja, erkite-kiteken Dibata e patut isembah. Dibata siisembah kita eme Dibata sinjadiken langit ras doni, bagepe kerina isina. Dibata singgo nelamatkan kita ibas dosa nari, ras tetap nemani ibas kerina kegeluhenta. Adi ersembah man dibata-dibata sideban, si dat kita eme kesenangen-kesenangen doni ngenca, tapi e kerina sesaat ngenca.

·       La lit dibata sideban bas kegeluhen Mamre ras jabunta. Ersembah man Dibata saja, la saja terjeng tek ras ngikuti kebaktin minggu, PJJ ras PA, tapi arus teridah ibas kegeluhenta tep-tep wari. Ersembah man Tuhan arus totalitas geluhta. Emaka si arus silakoken eme mehamat ras nggeluh ketergantungan man Tuhan saja.

Pdt. Irwanta Brahmana

(GBKP Rg. Surabaya)

Minggu 28 Februari 2021 ; Roma : 18 - 24

Invocatio    : “Karena dari kepenuhanNya kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia” (Yoh. 1 : 16)

Bacaan         :  Mazmur 22 : 23 - 27  (Responsoria)

Khotbah       :  Roma  4 : 18 – 24  (Tunggal)

Tema            :  “Allah Memperhitungkan Iman Orang Percaya”

      Pendahuluan

Jemaat yang dikasihi Tuhan, kita bersyukur akhirnya bapak Presiden Jokowi mengusulkan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri. Bila tidak ada aral melintang, maka pak Listyo akan menjadi Kapolri kedua yang Kristen setelah menunggu 47 tahun lamanya. Beliau sekalipun non Islam dipertimbangkan, diperhitungkan dan dianggap memenuhi syarat oleh pak Jokowi untuk menjadi orang nomor 1 di Polri. Tidaklah mudah untuk bisa menjadi orang pertama di tubuh Polri. Ada banyak jendral polisi yang bagus-bagus dan berprestasi. Tetapi dia yang yang diperhitungkan pak presiden. Saudara-saudari yang terkasih, bukan hanya untuk mendapat tempat dan jabatan ada perhitungan-perhitungan. Ternyata Allah juga punya perhitungan dalam menerima kita. Ada yang Allah perhitungkan agar kita bisa dekat denganNya, menerima anugerahNya dan hidup dalam perkenananNya. Apakah yang Allah perhitungkan dalam diri kita?  Mari melihatnya bersama-sama dari Firman Tuhan sebagai khotbah kita.   

      ISI

Allah memperhitungkan iman Abraham sebagai kebenaran (ayat 18 – 22)

      Abraham adalah bapa iman. Ia sebagai contoh bagi semua baik orang Yahudi maupun orang Yunani (non Yahudi) dalam hal beriman kepada TUHAN. Abraham menerima janji Allah bahwa dia akan diberikan anak dan banyak keturunan di saat dia dan istrinya belum punya seorang anakpun (ayat 18; Kej. 13:16; 15:5). Allah menyampaikan kembali janjiNya kepada Abraham beberapa tahun kemudian ketika Abraham masih belum menerima anak sebagai pewarisnya. Ia dan istrinya saat itu sudah melewati masa-masa yang baik dan kuat membesarkan anak. Hal ini karena usianya sudah 100 tahun dan Sarah 90 tahun (ayat 19; Kej. 17:17). Selain Sarah sudah tua dan mandul, rahimnya juga sudah tertutup. Tetapi Abraham tetap kukuh beriman kepada Allah. Walaupun tidak ada dasar untuk berharap secara logika tetapi Abraham berharap juga dan percaya. Imannya tidak menjadi lemah walau ia mengetahui bahwa tubuhnya sudah sangat lemah. Tetapi terhadap janji Allah, Abraham tidak bimbang. Ia tidak meragukan kuasa dan kemahabenaran Allah. Malahan ia diperkuat dalam imannya untuk memuliakan Allah. Ia dengan penuh keyakinan percaya bahwa Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah ia janjikan. Karena iman percaya Abraham yang demikianlah Allah memperhitungkannya sebagai kebenaran. Artinya Abraham bukan benar tetapi dianggap benar atau dibenarkan karena imannya terhadap janji Allah. Sesungguhnya tidak ada manusia yang benar termasuk Abraham di hadapan Allah karena semua manusia telah  berdosa (bnd. Roma 3:9-20). Tetapi sekali lagi karena imannya, Abraham dibenarkan Allah.  

      Bukan usaha, jasa, pahala dan perbuatan kita yang diperhitungkan Allah membenarkan kita. Bukan juga kekuatan dan kemampuan kita yang membuat kita hidup berkenan kepadaNya. Tetapi iman kita kepada Dia yang dalam Tuhan Yesus menyelamatkan kita. Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang-orang Yunani (bdk. Roma 1:16). Iman seperti iman Abraham. Iman yang berpegang teguh kepada janji Allah. Iman yang percaya bahwa tidak ada yang mustahil bagi Allah (bdk. Lukas 1:37). Iman yang mengimani bahwa Allah maha kuasa dan berkuasa melaksanakan janjiNya. Iman yang berharap sekalipun tidak ada alasan untuk berharap. Iman yang tahan uji, teruji dan terbukti. Iman yang bertahan sekalipun ada tantangan, bahkan permasalahan dan penderitaan. Iman yang percaya bahwa Tuhan sanggup dan berkuasa mengubah keadaan menjadi lebih baik.   

     Alah juga memperhitungkan iman kita (ayat 23 – 25) 

     Rasul Paulus dengan tegas mengatakan bahwa Allah tidak hanya memperhitungkan iman Abraham sebagai kebenaran. Kata-kata ‘Allah memperhitungkan iman sebagai kebenaran’ tidak hanya ditulisken bagi Abraham saja. Hal itu tidak hanya berlaku bagi Abraham saja. Tetapi juga bagi kita semua baik Yahudi maupun Yunani yang beriman kepada Allah yang telah membangkitkan Yesus, Tuhan kita dari antara orang mati. Iman kita jelas kepada Allah yang membangkitkan Yesus, yang telah diserahkan karena pelanggaran kita dan dibangkitkan karena pembenaran kita. Allah yang kita sembah adalah Allah yang spesifik yaitu Allah yang telah membangkitkan Yesus Kristus dari kematian. Allah yang telah menyerahkan Yesus karena pelanggaran kita, dan yang telah membangkitkan Yesus karena dan untuk pembenaran kita.          

     ‘Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat’ (Ibrani 11:1). Iman adalah satu-satunya cara dan jalan untuk diterima Allah dan mendapat anugerahNya. Kita bersyukur karena Allah meperhitungkan iman kita juga. Tuhan tidak menerapkan standar ganda atau berbeda dalam menilai kita. Karena kasih dan kemurahanNya, semua kita diperhitungkan karena iman kita. Marilah beriman seperti Abraham. Marilah mengikuti teladan iman Abraham. Jangan memegahkan kemampuan dan perbuatan kita. Jangan pernah mengandalkan kekuatan diri kita sendiri. Jangan andalkan kepintaran, kehebatan dan kekuatan kita. Tetapi andalkanlah kasih karuniaNya dalam hidup kita. ‘Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri’ (Ef. 2:8, 9). Kita tidak bisa dan tidak dapat membenarkan diri kita di hadapanNya. Hanya Dia yang bisa membenarkan kita oleh karena iman kita kepada Tuhan Yesus. Selanjutnya marilah tetap beriman kepadaNya sekalipun pada saat ini susah dan sulit. Sudah mampir 1 tahun kita di kepung oleh Covid 19. Tetap beriman bahwa Tuhan berkuasa dan maha kuasa mengubah segalanya. Tetap percaya dan setia kepadaNya. Tidak ada yang mustahil bagi Allah. Tunjukkan iman kita sekuat batu karang. Semakin dihempas ombak, semakin dalam dan kuat.   

                   Tema: “Allah Memperhitungkan Iman Orang Percaya”

            Allah tidak memperhitungkan seberapa banyak harta kekayaanmu. Allah tidak memperhitungkan kecantikan dan ketampananmu. Allah juga tidak memperhitungkan pangkat dan jabatanmu yang tinggi. Allah juga tidak memperhitungkan prestasi duniamu, jasa dan pahalamu. Hanya satu yang Ia perhitungkan yaitu imanmu. Imanilah Dia yang telah mengutus PutraNya yang Tunggal yaitu Yesus Kristus sebagai penebus dosa. Percayalah kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita dan hiduplah di dalam anugerahNya. Imani dan aminkan janji dan kuasaNya di dalam semua segi kehidupan kita. Seperti pemasmur, mari masyhurkan namaNya dan memuji-muji Dia di tengah-tengah jemaatNya. Bersaksilah dan ajak saudara seiman untuk memuji dan memuliakan Dia. Maka Allah memperhitungkan iman kita yang berbuah yaitu yang murah hati dan rela memberi (Mazmur 22:23-27).   

 Penutup/ kesimpulan

       Apapun yang terjadi saat ini dalam hidup kita marilah terus beriman kepada Allah di dalam Tuhan Yesus Kristus. Penanganan dan pengendalian Covid 19 masih terus berjalan. Covid 19 masih terus membayangi dan mengintai kehidupan kita. Sayap-sayap maut masih melayang di sekitar kita. Bayang-bayang terjangkit dan kematian setiap saat dan setiap waktu bisa mendekati kita. Di tambah lagi dengan dampak Covid 19 dalam berbagai segi kehidupan kita: kesulitan ekonomi, kehilangan pekerjaan, KDRT, kriminalitas, dst. Apapun yang terjadi dan apapun yang kita alami saat ini, susah-senang, sakit-sehat, suka-duka, untung-malang marilah tetap beriman. Percayalah bahwa anugerah Tuhan Yesus cukup bahkan berlimpah bagi kita (Yo. 1:16). Kasih karunia demi kasih karuniaNya akan menyertai kita semua yang beriman kepadaNya. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

Pdt. Juris Tarigan, MTh;  GBKP RG Depok - LA

Minggu 21 Februari 2021 ; Kejadian 9 : 8 -17

Invocatio    : “Aku akan menaruh yang sepertiga itu dalam api dan akan memurnikan mereka seperti orang memurnikan perak. Aku akan menguji mereka, seperti orang menguji emas. Mereka akan memanggil nama-Ku, dan Aku akan menjawab mereka. Aku akan berkata: Mereka adalah umat-Ku, dan mereka akan menjawab: TUHAN adalah Allahku!” (Za.13:9)

Bacaan         : 1 Petrus 3 : 18 - 22

Khotbah       :  Kejadian 9 : 8 - 17

Tema        : “Janji Dan Kuasa Allah”

Keselamatan yang dialami Nuh dan anak-anaknya dari air bah menandai suatu era kehidupan baru. Bumi telah dibersihkan dari dosa. Umat yang berdosa telah menolak untuk bertobat dan berjalan dalam kebenaran Tuhan, sehingga Dia memutuskan untuk membinasakan mereka dengan air bah. Saat Nuh dan anak-anaknya keluar bahtera dan menginjak tanah, sesungguhnya mereka berada di bumi yang baru. Mereka kini memiliki peran dan kemungkinan baru dalam episode sejarah keselamatan yang Allah sediakan. Dengan respon iman yang tepat, Nuh mengawali episode baru tersebut dengan mempersembahkan persembahan syukur kepada Allah. Ketika Allah mencium persembahan yang harum itu, Dia berfirman, “Aku takkan mengutuk bumi ini lagi karena manusia, sekalipun yang ditimbulkan hatinya adalah jahat dari sejak kecilnya, dan Aku takkan membinasakan lagi segala yang hidup seperti yang telah Kulakukan” (Kej. 8:21).

Nuh dan anak-anaknya memilih untuk mengawali era kehidupan baru dengan sikap merendahkan diri dan mengucap syukur atas kasih karunia Allah agar mereka dimampukan berjalan dalam kebenaranNya. Mereka tidak menganggap keselamatan dari bencana air bah sebagai hukuman Allah tersebut sekadar peristiwa kebetulan, tetapi dengan sadar dihayati sebagai wujud rencanaNya yang memanggil mereka untuk menjadi berkat dan keselamatan bagi umat manusia selanjutnya. Tidaklah mengherankan jika Allah mengawali era kehidupan baru tersebut dengan mengadakan perjanjian keselamatan dengan Nuh. Perjanjian keselamatan Allah dengan Nuh tersebut didasarkan pada janji firmanNya, yaitu bahwa Allah tidak akan membinasakan lagi segala yang hidup, walaupun yang ditimbulkan hati mereka adalah jahat dari sejak kecilnya. Perjanjian keselamatan Allah dengan Nuh sama sekali didasarkan pada anugerah pengampunanNya. Dalam konteks ini, Allah tampil lebih sebagai seorang Penyelamat daripada pembinasa umat manusia. Tujuannya adalah agar seluruh umat manusia yang lahir dari keturunan Nuh dapat berjalan dalam kebenaranNya.

Namun, perlu juga diingat bahwa Allah memilih Nuh karena selama ini, ia terbukti mampu hidup benar di tengah masyarakat dan umat yang begitu jahat. Itu sebabnya, Kejadian 6:9 menyaksikan, “Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya; dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah”. Pola kehidupan Nuh sangat kontras dengan pola hidup manusia sezamannya yang amoral dan melakukan berbagai kekerasan dan kejahatan. Nuh mampu bertahan dengan hidup suci dan konsisten berjalan dalam kebenaran Tuhan. Ia berhasil menghadapi pengaruh dan tekanan zaman dengan penyerahan hidup yang selalu taat pada firman Tuhan. Karena itu, ciri menonjol dalam kepribadian Nuh adalah integritasnya, sehingga ia adalah satu-satunya orang yang tamim (dalam Bahasa Ibrani berarti hidup benar dan tidak bercela di hadapan Allah dan sesamanya).

Nuh senantiasa hidup dalam prinsip iman yang menempatkan kehendak Allah sebagai yang terutama dan termulia. Di sisi lain, pola keteladanan hidup Nuh tersebut dalam kehidupan sehari-hari justru sering kita abaikan. Kehendak Allah dan firmanNya justru sering kita anggap hanya sekadar menjadi salah satu bagian yang melengkapi berbagai kebutuhan religius dan psikologi kita. Bukankah kehidupan sehari-hari kita sering tidak menempatkan kehendak Allah dan firmanNya sebagai satu-satunya fondasi yang paling utama dan mulia? Kita sering terlalu cepat dan mudah untuk menyerap atau mengadaptasi setiap trend yang berkembang tanpa sikap kritis dan selektif, apalagi bila trend tersebut didukung banyak orang atau teman di sekitar kita.

Sendi-sendi kehidupan kita sesungguhnya dijalin, dipintal dan bertumbuh karena relasi eksistensial. Relasi eksistensial yang dimaksud meliputi relasi dengan Allah, sesama, lingkungan dan diri kita sendiri. Putusnya salah satu aspek relasi tersebut akan menghambat atau merusak proses pertumbuhan dan sendi-sendi kepribadian kita. Akibatnya, pertahanan diri kita akan rapuh dan mudah terbelenggu oleh pergaulan yang makin menyeret kita ke arah yang negatif dan destruktif. Hakikat relasi dengan Allah, sesama, lingkungan dan diri sendiri bukan sekadar suatu kebutuhan sosial dengan “pihak lain”, melainkan juga dasar untuk menciptakan pemaknaan terhadap hidup ini. Pemaknaan tersebut akan mendorong kita untuk menciptakan arah dan tujuan hidup tertentu. Itu sebabnya, apabila relasi kita retak, khususnya dengan Allah, sesama dan diri sendiri, kita akan kehilangan makna dan tujuan dari hidup ini. Pada saat itulah, kita akan mengalami kehidupan yang tanpa arti dan tujuan. Hidup terasa gelap dan kelam.

Pada posisi demikian, setiap orang yang mengalaminya akan sangat mudah untuk ditarik ke dalam pusaran duniawi yang sebelumnya sangat ia tolak. Sekali ia memasuki kawasan duniawi, sangat sulit baginya untuk keluar dengan selamat. Ia merasa telah kepalang basah. Dengan pemahaman demikian, kita dapat mengerti mengapa seseorang yang telah terjebak dalam suatu perbuatan dosa sangat sulit untuk dinasihati atau dikritik. Jadi, sangat keliru apabila kita berlaku kasar dan menyudutkan sesama yang sedang jatuh dalam dosa, agar ia bertobat dan menyesal, karena ia akan makin mengeraskan hati dan membenamkan diri lebih dalam ke berbagai perbuatan dosa. Yang sangat ia butuhkan adalah relasi yang penuh kasih dan pengertian, sehingga sedikit demi sedikit ia dapat memulihkan relasi eksistensial yang terputus. Dalam konteks demikian, Allah berkenan menyatakan anugerah kasihNya, sehingga relasiNya dengan manusia diikat oleh perjanjian keselamatan.

Di era baru setelah air bah, Allah tidak lagi mengambil solusi hukuman untuk membinasakan umat manusia, tetapi mengikutsertakan manusia sebagai mitraNya dalam perjanjian keselamatan. Dalam Kejadian 9:12-12, Allah berfirman, “Inilah tanda perjanjian yang Kuadakan antara Aku dan kamu serta segala mahkluk yang hidup, yang bersama-sama dengan kamu, turun-temurun, untuk selama-lamanya: BusurKu Kutaruh di awan, supaya itu menjadi tanda perjanjian antara Aku dan bumi”. Tanda perjanjian keselamatan Allah yang penuh anugerah dinyatakan dalam simbol busur (qeset). Semula, busur yang dilengkapi dengan anak panah dipakai Allah untuk memanah tiap orang berdosa, sehingga mereka binasa. Tetapi, setelah bumi dibersihkan dari perbuatan dosa, Allah mengambil keputusan untuk menempatkan kasih karuniaNya yang memperbarui kehidupan umat yang berdosa. Karena itu, simbol busur yang dilambangkan dalam wujud pelangi bermakna tumbuhnya pengharapan dan keselamatan yang baru. Busur Allah yang pernah membinasakan kehidupan umat kini berubah fungsi menjadi busur Penebus dan Penyelamat orang berdosa.

Sebagai Penebus dan Penyelamat, Allah menggunakan busur dan senjataNya untuk menjaga dan melindungi umat agar mereka terjaga dari serangan kuasa maut. Itu sebabnya dosa yang begitu besar tidak lagi menghalangi kasih karunia Allah yang terus bekerja dalam kehidupan ini, sehingga umat dikaruniai pengharapan dan kesempatan untuk bertobat. Busur Allah yang ditampilkan dalam bentuk pelangi juga mengingatkan umat agar mereka selalu ingat akan kasih karuniaNya yang menjaga dan melindungi mereka, sehingga umat dapat menjaga diri dari dorongan dan daya tarik dunia seperti yang pernah dilakukan orang pada zaman Nuh.

Jalan kebenaran Allah hanya dinyatakan kepada orang yang rendah hati. Spiritualitas kerendahan hati itulah yang menjadi pintu utama karya keselamatan Allah. Melalui karya penebusan Kristus, Allah mendamaikan diri kita yang berdosa agar dapat menjadi orang yang dibenarkan. Dalam 1 Petrus 3:18 dikatakan, “Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaanNya sebagai manusia, tetapi Ia yang telah dibangkitkan menurut Roh”.

Karya penebusan Kristus bagi orang berdosa tidak dilakukan dengan cara menghukum atau membinasakan umat dengan air bah sebagaimana yang dilakukan Allah pada zaman Nuh. Hal itu dilakukan Kristus dengan cara menyerahkan diriNya sebagai tebusan bagi umat manusia melalui kematian dan kebangkitanNya. Akar dosa tidak dipotong dengan mematikan kehidupan umat manusia, tetapi dengan cara mengurbankan diriNya. Tepatnya, Kristus datang untuk memberi kehdiupan agar orang berdosa dapat memperoleh hidup dalam kelimpahan rahmat Allah. Bahkan lebih jauh lagi, 1 Petrus menyaksikan bahwa karya keselamatan Kristus juga menjangkau roh-roh manusia yang dahulu dibinasakan Allah pada zaman Nuh. Surat 1 Petrus 3:19-20 mengatakan, “Dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepad roh-roh yang di dalam penjara, yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu”. Karya keselamatan Kristus yang memberi hidup pada hakikatnya merupakan perwujudan dari busur Allah, sehingga melalui kematian dan kebangkitanNya, Kristus mematahkan kuasa maut. Selain itu, dengan kematian dan kebangkitanNya, Kristus juga telah memanahkan ribuan “anak panah” kasih Allah yang menghancurkan tiap hati yang keras dan mereka yang terbelenggu kuasa dosa. Dengan demikian melalui dan di dalam Kristus, terbukalah kini jalan Tuhan yang transformatif. Apabila umat manusia sejak semula selalu gagal untuk berjalan dalam kebenaran Allah karena dicengkeram oleh kuasa dosa, kini di dalam Kristus, kita dimampukan oleh kuasa anugerahNya sehingga kita dapat hidup sebagai anak-anakNya.

Pdt. Andreas Pranata Meliala, S.Th

GBKP Rg. Cibinong

Info Kontak

GBKP Klasis Jakarta - Kalimantan
Jl. Jatiwaringin raya No. 45/88
Pondok Gede - Bekasi
Indonesia

Phone:
(021-9898xxxxx)

Mediate