Jadwal Kegiatan

Ibadah Umum - (08PM - 09PM)
Ibaadah Remaja - (09PM - 10PM)

Suplemen PA Mamre :2 Timotius 1:1-8 ; Tgl 06-12 Juni 2021

(Kaderisasi nandangi anak singuda)

Ogen : 2 Timotius 1: 1-8

Tema : Tading-tadingen Simehergana

Surat enda isehken Paulus kempak anak rohanina si Timotius, si i bas kiningudanna ididik ras ipercayaken Paulus jadi serayan i tengah perpulungen s idem alu tantangen. Lit piga-piga carasi ibahan Paulus lako ndindik anakna Timotius.

·         Ayat 1

Banci si idah maka Paulus tuhu-tuhu nandai ise kin ia, i etehna maka ia kap juak-juak Tuhan. Paulus sadar maka kerasulan si lit i bas ia eme kap erkiteken sentudu bagi peraten Dibata. Erkiteken kesadaren Paulus e maka enda ka mabai ia nggeluh patuh man Tuhan, neteruk rukur i bas nehken berita si mehuli, termasuk mabai perpulungen nggeluh i bas kiniersadan ras Dibata bage pe kiniersadan sapih-sapih manusia.

·         Ayat 2

Kebiasan Paulus si tuhu-tuhu mehuli i bas ia nehken pengajaren e me kap ibahanna perpulungen jadi kandu-kanduna (membangun kedekatan), mehamat, mepehaga teman ras nehken pasu-pasu man kalak si deban. I bas ayat 2 enda pe Paulus mereken semangat kempak anak si ikelengi Paulus eme kap Timotius ras kempak anak si sah menurut imanta kalak Kristen (Tit 1:4).

·         Ayat 3

Paulus nandai dua angkaten sebelum ia sih seh kal setiana nandangi iman, seri ras penyebuten dua angkaten i bas keluarga Timotius (ay. 5). I bas ayat end ape banci teridah maka keriahen Paulus e me nginget-nginget kiniulin Timotius dingen natang-natang Timotius arah pertoton “Bujur kukataken man Dibata asum ku inget kam rusur i bas pertotonku subuk suari bage pe berngi.”

·         Ayat 4

Paulus tuhu-tuhu kal nandai ras meteh perbeben Timotius selaku anak rohanina. Ijenda pe tiridah maka Paulus gejapken kai si irasaken Timotius selaku anak rohanina. Paulus pe i bas ayat ke-4 enda ncidahken atena tedeh kempak Timotius janah nehken kekelengenna.

·         Ayat 5

Kebiasan Paulus si istimewa teridah ka i bas ayat enda, e me ngenen potensi ra ngergaken ketutusen Timotius. I bas ayat end ape banci teridah maka Paulus nandai ras meteh Timotius la terjeng Timotius saja, tapi terus ku nini tudung Timotius pe i tandaina. Enda tentu ncidahken maka Paulus pe mujiken keluarga Timotius, ras secara otomatis mereken semangat ka kempak Timotius

·         Ayat 6

I bas ayat enda Paulus persingeti Timotius guna ngelakoken kewajipenna. Paulus situhuna meteh pergumulen si lit i bas Timotius sibanci erbahan ia lemah i bas pelayanenna. Emaka ipersingeti Paulus segelahna Timotius la lupa nandangi kewajipenna.

·         Ayat 7

Paulus persingeti Timotius kerna Kesah si ibereken Dibata labo erbanca gelah percik-cik. Rasul Paulus sadar maka rintangen si galang guna jadi kalak si erguna eme kap kebiaren si lit i bas kita.

·         Ayat 8

Paulus ncidahken maka la bias adi terjeng kata-kata saja. Kiniteken banci si teridah arah perbahanen bagi si icidahken Paulus. Asum ia i penjara pe tetap ia nehken Berita Si Meriah e sabab sadar ia maka lit ibereken Dibata gegeh guna si e.

Aplikasi

Umumna, selaku orangtua tentu mbelin kal sura-sura nandangi anak i tengah jabu. Anak si tutus sekolah, meteh bujur ras mehuli, jadi kinihagan man orangtua, dingen tama pasu-pasu man jelma si enterem. Tapi sura-sura mehuli enda tentu la banciotomatis jadi bage-bage saja. I bas si enda, Mamre banci erlajar arah Paulus; jadi usihen, janah erkandu-kandu ras anak-anak, tek ras ngergaken kengasupen anak-anak i bas jabu bagepe gereja.

Anak i bas tengah jabu bage pe bas gereja eme kap pasu-pasu si luar biasa ibereken Dibata man banta. Sabab anak-anak enda nge pagi si jadi penerusta, jadi nggo min arusna anak-anak enda i bentuk salu mehuli sue bagi pengarapen Dibata. Pas bagi Paulus i bas ngajari Timotius, maka i bentuk Paulus me Timotius jadi jelma si erkemalangen nandangi Dibata, janah ergakenna kai si lit i bas Timotius e, janah i ajarina salu dem kekelengen.

Banci si idah bas ogenta wari si sendah maka Paulus i bas ngajarken Timotius nggunaken kata-kata si seh  kal ulina janah teridah kekelengenna ije. Kita pe selaku Mamre nggo min arusna ncidahken bagi si ibahan Paulus, sabab enda me gerbang masuk si seh kel ulina adi nehken pengajaren man anak. Ermediate kempak anak bage pe nandangi jelma si deherta pe tentu banci mereken aura si positif janah jelma si lit ideherta pe ndatken kemalemen ate. Selaku Mamre pe arus sieteh ras beluh kita nandai anakta janah meteh kai potensi i bas anak e, maka salu bage kai si lit i bas ia banci terpergunaken secara maksimal. Perlu si catat, maka si malemna ras si mesuina kal ateta i bas geluh enda e me kai si jadi i bas keluargata, khususna nandangi anak-anakta. Adi la kita surung naikpangkat ntah pe la seh sura-surata ndatken barang si ngena ateta labo pagi ateta mesuisa. Tapi adi anakta pagi la jadi jelma, e banci jadi morah-morah tendinta asa metua. Emaka i bas ngajari anak perlu icidahken kekelngen si tuhu-tuhu bagi si ibahan Paulus kempak Timotius. Maka salu bage, anak pe banci gejapken kekelengen e janah pe banci ka iserapna gelah dem ka kekelengen e i bas ia. Tapi kunekenca kita jadi Mamre si la ncidahken kekelengen maka ola ateta mamang adi bas anakta pe la teridah kekelengen e.

Selamat jadi Mamre si jadi teladan, si ermediate, si jadi teman kandu-kandu, si ngergaken ras mereken pujin mulai genduari nari. Sabab enda me persembahenta man Tuhan, man Gereja, man Taneh Karo Si Malem, bage pe man bangsata.

Robby Andarta Sinuhaji (081367130211)

Mahasiswa Praktek Rg. Bekasi

Suplemen PA Moria : 2 Timotius 1:1-7 ; Tgl 27 Juni - 03 Juli 2021

Bahan           : 2 Timotius 1:1-7

Tema            : Cara Nehken Pengajaren si Payo man anak-anak

Tujun           : Gelah Moria:

Ø  Meteh uga belinna pengaruh pengajaren nandangi anak-anak

Ø  Mbedaken pengaruh pengajaren man anak-anak I bas masa sindekah ras jaman modern enda

Ø  Erbahan aksi ngelitken ingan erlajar man anak-anak khususna ingan erlajar kerna orat nggeluh budaya rasp e pengajaren sideban si cukup penting ibas masa gundari.

1.     Seorang ibu yang memiliki tiga orang anak pernah sharing bahwa cara menghadapi ketiganya tidaklah sama walaupun mereka bertiga berasal dari orang tua yang sama. Anak yang pertama akan dengan cepat mengerti dan memahami maksud di ibu jika sedang berdiskusi namun selalu tergesa-gesa dalam bertindak; anak yang kedua lekas marah karena itu segala penyampaian harus dengan lemah lembut; dan anak yang ketiga malas bergerak dan ketika disuruh ibunya akan butuh waktu yang agak panajang untuk dia menyelesaikan tugas yang diberikan. Tiga anak yang memiliki pembawaan dan karakter yang berbeda walaupun tumbuh dalam lingkungan keluarga yang sama. Dan si ibu cukup bijak mengenal ketiga anaknya dengan baik sehingga bisa menyampaikan pengajaran yang benar dengan cara yang masing-masing anak dapat terima dengan baik.

2.     Timotius tumbuh besar di kota Listra dan merupakan anak dari wanita Yahudi bernama Eunike dan ayah yang berkebangsaan Yunani (Kis 16:1). Tidak ada informasi lanjutan tentang ayah Timotius karena itu ada kemungkinan dia diasuh oleh ibunya saja dan dalam ayat 5, Rasul Paulus menyebutkan bahwa neneknya Lois, yang juga adalah orang percaya ikut membesarkan dan mendidik Timotius sehingga memiliki pemahaman yang dalam tentang Kitab Suci dan membawanya dalam keselamatan Kristus. Paulus mengajak serta Timotius dalam perjalanan pekabaran injilnya (Kis 15:36-41) dan sepanjang perjalanan inilah Paulus melatih Timotius menjadi pelayan dan penginjil. Kemudian Paulus mengutus Timotius ke Efesus dan dia melayani ditengan-tengan jemaat. Paulus menyebut Timotius sebagai anak nya sendiri dalam iman. Melaui suratnya Rasul Paulus memberi pengajaran dan penguatan bagaiman seorang pelayan menghadapi tantangan berjemaat dan bagaimana menjalankan pelayanan dengan benar.

3.     Mengawali suratnya Paulus menyampaikan salam kasihnya kepada Timotius, yang adalah anak rohaninya. Dilanjutkan dengan ucapan syukur pada Tuhan karena Timotius memberi dirinya melakukan pelayanan diantara jemaatNya, dalam hal ini di Efesus. Dalam kemudaannya tentu tidak mudah melayani jemaat yang beragam latar belakan budaya, pendidikan dan usia, karena itu kembali lagi Paulus menguatkan Timotius dengan menyatakan: kerinduannya untuk bertemu kembali; mengingat keberadaan ibu dan nenek nya (Eunike dan Lois) yang telah menanamkan iman yang tulus ikhlas dalam dirinya; dan tumpangan tangan Paulus yaitu pengukuhan Timotius menjadi pelayan injil. Dan semua ini kiranya menumbuhkan keberanian pada Timotius untuk kembali semangat dalam melayani jemaat walaupun ada begitu bayak tantangan. (Ayat 7, “ Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.” )

4.     Timotius memiliki tiga pribadi yang percaya Tuhan yang membimbing dan mengajarinya tentang kebenaran Firman Tuhan. Iman yang ada pada neneknya dan ibunya ada juga pada diri Timotius dan iman itu terus bertumbuh. Dan ketika bertemu Paulus untuk dibimbing,  iman yang bertumbuh tersebut semakin subur sampai akhirnya menghasilkan buah. Timotius akhirnya menyaksikan imannya dengan menjadi pelayan dan membimbing bayak orang untuk memiliki iman yang tulus ikhlas untuk kemudian berbuah dalam iman.  Ketiga pengajar Timotius adalah pribadi yang berbeda namun memiliki satu kesamaan yaitu percaya pada Tuhan Yesus.

5.     Pada jaman dulu media pengajaran yang tersedia tentu sangat terbatas, yaitu buku dan juga cerita/ pengajaran lisan yang disampaikan turun-temurun. Sehingga orang tua secara khusus menyediakan waktu untuk berkomunikasi dan meyampaikan pengajaran langsung kepada anak. Dampaknya cukup baik yaitu terbentuknya kedekatan orang tua dan anak juga pengajaran bisa tertanam dengan jelas karena selalu diulang. Walaupun kelemahannya ada juga yaitu materi yang terbatas. Dijaman modern sekarang media pengajaran banyak dan bahannya juga melimpah namun seringkali orang tua memberi fasilitas tersebut semua tanpa pendampingan bahkan ada juga yang menyerahkan pendampingannya pada pihak ketiga yaitu pengasuh dan atau guru. Karena itu ketika pendidikan sekolah harus dilakukan dari rumah selama pandemic, belajar dilakukan dibawah pengawasan orang tua maka banyak orang tua yang cukup kewalahan yang akhirny menjadi marah pada anak dan menyalahkan banyak pihak. Mendidiklah tanpa menyakiti hati anak.

6.     Metode, cara dan bahan pengajaran bisa berbeda sesuai perkembangan zaman namun ada prinsip pengajaran kepada anak tidak berubah yaitu harus dengan kesabaran, lemah lembut, jujur dan yang pasti takut akan Tuhan. Amsal 22:6, Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari jalan itu.”

Pdt. Erlikasana Purba, M. Th.

Suplemen PA Moria ; Esekiel 33:7-9 ; Tgl 20-26 Juni 21

Bahan           : Esekiel 33:7-9

Tema            : Njagai Kegeluhen Anak

Tujuan : Gelah Moria:

Ø  Ngidah erbage-bage kejahaten ibas kegeluhen

Ø  Megenggeng ibas njagai kegeluhen anak.

1.     Anak hadir kedunia seperti kertas putih dan setelah lahir maka tergantung orang tua mau menulis dan atau menggambar apa dikertas tersebut. Ungkapan ini sering kita dengar bahkan mungkin ada beberapa diantara kita yang sepakat dengan ungkpan diatas. Dan kemudia akan muncul persoalan ketika anak bertumbuh menjadi pribadi yang tidak baik, melawan orang tua, jahat, kejam bahkan criminal dalam hal ini apakah orang tua yang menuliskannya? Tidak mungkin donk ada orang tua yang dengan sengaja menuliskan yang tidak baik. Atau mungkin orang tua salah tulis dan tidak punya penghapus atau tipex? Pemahaman ini kurang tepat karena setiap anak lahir dalam keunikan mereka masing-masing, jika diibaratkan kertas anak merupakan kertas dengan warna dan jenisnya masing-masing sehingga perlakuan dan kegunaan yang diterima juga akan disesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan diatas kertas berwarna dan berbagai enis tersebut juga telah ada tulisan-tulisan yang berarti mereka sudah punya sifat dan karakter mereka masing-masing. Karena itu tugas orang tua sebenarnya adalah menjaga, mendidik, membimbing dan mengajar dan mengarahkan anak untuk mendapatkan bentuk terbaik dari versi dirinya sendiri.

2.     Salah satu tugas orang tua terhadap anak yaitu proteksi, penjagaan.  Belajar dari Nabi Ezekiel yang dipanggil Tuhan menjadi penjaga atas bangsa Israel. Penjaga yang bertugas menyampaikan firman Tuhan, menyampaikan peringatan demi nama Tuhan. (ay 7). Nabi Ezekiel bertanggung jawab memperingati mereka yang berlaku jahat supaya bertobat, tanggung jawab ini cukup berat karena bisa saja ia akan menjadi sasaran kejahatan tapi peringatan harus disampaikan. Sangat baik jika orang jahat tersebut bertobat namun jika tidak maka orang tersebut akan mati dalam kesalahannya. Jika peringatan tidak disampaikan maka Allah akan menuntut pertanggung jawaban dari pada sipenjaga. Bila seseorang mati karena penjaga tidak membunyikan sangkakala sebagai peringatan ketika musush menyerang maka yang dituntut bertanggungjawab adalah si penjaga. Demikianlah tugas Yehezkiel yang adalah penjaga Israel.

3.     Dari pemahaman teks ini maka jika orang tua adalah penjaga atas anak-anaknya tentu memiliki tanggung awab juga untuk menyampaikan kebenaran Firman Tuhan juga berkewajiban untuk menegur dan memperingati anak jika salah jalan dan sesat dalam hidupnya. Penjagaan orang tua terhadap anak tentu menyeluruh tidak hanya sebatas penjagaan secara fisik saja yaitu dengan mencukupi segala keperluan dan kebutuhannya tapi juga memberi rasa aman dan nyaman dan tidak kalah penting yaitu menjaga kehidupan rohaninya dekat dengan Tuhan sehingga tidak akan jatuh dalam godaan si jahat. Peranan orang tua adalah memberitahu apa yang baik dan yang ahat, mengingatkan supaya senantiasa melakukan apa yang berkenan dihadapan Allah. Mengetahui yang jahat dan yang tidak baik bukan dengan mencobanya tapi bisa juga dengan belajar dari pengalaman dan literature yang ada, seperti halnya narkoba, miras, seks bebas, tawuran/ kekerasan, judi, pornografi, bullying, hoax dan lain lain,  tentu orang tua berkewajiban terlebih dahulu menjaga anak dari pengaruh hal negative dengan memberi pemahaman dan pengertian sehingga anak-anak kita akan menjauhi hal yang tidak baik tersebut. Jika orang tua alpha dalam penjagaan yang dimaksud tentu ketika anak jatuh dalam kesesatan maka orang tua akan dituntut pertanggung jawabannya namun jika sudah melakukan penjagaan dan memberi peringatan dan si anak tetap jatuh dalam kesesatan maka si anak menanggung kesalahannya sendiri.

4.     Dalam kaitan hal inilah maka diawal kami sebutkan bahwa anak bukanlah kertas putih karena mereka sudah dengan kekhasannya masing-masing dan tentu saja ketika mereka sudah dewasa akan menjadi pribadi mandiri yang akan mengambil keputusan untuk hidupnya sendiri jadi ketika seorang anak sesat dan sebelumnya orang tua sudah menjaga dengan baik tentu hal tersebut menjadi pilihan dan tanggung jawab si anak sendiri.

5.     Penjagaan yang berlebihan(baca: dimanja) juga akan berdampak tidak baik terhadap perkembangan karakter dan mental anak. Secara psikologis si anak akan menjadi malas, tidak termotivasi dan juga mudah marah jika keinginannya tidak terpenuhi dan pada akhirnya mereka akan tumbuh besar tanpa kematangan emosional dan akan kesulitan mengatasi masalah saat dewasa. Karena itu sebagai orang tua kita harus melakukan tugas penjagaan dengan baik dan benar dalam tuntunan hikmat yang datangnya dari Tuhan. Amsal 1:8-9 “Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu sebab karangan bunga yang indah itu bagi kepalamu dan suatu kalung bagi lehermu”. Tuhan kiranya memampukan setiap orang tua menjaga melindungi anaknya dengan didikan yang akan menadi perhiasan terindah bagi si anak.

Pdt. Erlikasana Purba, M. Th.

Info Kontak

GBKP Klasis Jakarta - Kalimantan
Jl. Jatiwaringin raya No. 45/88
Pondok Gede - Bekasi
Indonesia

Phone:
(021-9898xxxxx)

Mediate