Jadwal Kegiatan

Ibadah Umum - (08PM - 09PM)
Ibaadah Remaja - (09PM - 10PM)

Pekan Kebaktian Keluarga , Heber 12 :23-29, Wari III

PEKAN KEBAKTIN KELUARGA WARI - III  TAHUN 2017

Invocatio         : “Ola kita la reh ku perpulungen, bagi si ibahan piga-piga seninanta. Tapi lebih asa si e siiah-iahenlah kita sabab sieteh maka wari Tuhan, e me wari kerehenNa, reh me.” (Heber 10:25)

Ogen                 : 2 Raja-Raja 4:8-13

Khotbah           : Heber 12:23-29

Thema             : Dewasa I bas Perpulungen

             Ibas wari pe-3 ken enda, ibaba kita bas sada tema: “Dewasa I bas Perpulungen”. Ngerana kerna kedewasaan lit sada ungkapen si rusur i kemukaken: “usia tidak selalu menentukan tingkat kedewasaan seseorang”. Enda ngatakenca man banta maka kedewasaan e labo saja i ukur erpalasken umur ngenca. Sebab la jarang, lit kang anak muda entah remaja denga pe ia enggo matang secara emosi. Emaka bagi nina bas psikologi perkembangen: semua itu memang tergantung dari pengalaman hidup yang telah diperolehnya serta sejauh mana kemauan orang tersebut untuk bisa lebih berkembang kedewasaan pemikiran dan emosionalnya.

            Ndai ikataken kedewasaan e tergantung pengalamen ras kemauan. Pengalamenta adi akap kami enggom menda melala. Bagi si ikataken ibas bahan khotbahta  Heber 12:23-24; “kam enggo reh…”. Kita enggo ngikuti perpulungen Tuhan sedekah enda, enggo si tandai Dibata, Hakim kerina manusia, enggo si tandai Tuhan Jesus sebagai Takal ni perpulungen si jadi keang-kelang padan si mbaru, si maba berita si meriah (keselamaten) man banta si tek. Berarti pengalamenta lanai bo kurang. Si berikutna kemauan entahpe kininggiten kita berpengaruh ku bas tingkat kedewasaanta. Emaka i jenda cubaken kami ngertiken kerna pengertin dewasa e ku bas piga-piga hal:

1.            Dewasa artina “nggit berproses menjadi dewasa”

Adi ngerana kita kerna Kekristenan entah pe iman Kristen rusur i gambarken sebagai sesuatu si nggeluh, turah, erproses entahpe dinamis bali ras sekalak danak-danak si tumbuh jadi dewasa, bagi batang kayu si turah ras rurat serta erbuah, (bd. Kolose 2:7). Batang kayu e adi turah ras erbuah atena tentu harus ndatken “asupen nutrisi” si memadai. E kerina erproses maka jadi “pangan” man bana. Proses e si i gelari proses fotosintesis. Bage ka pe kita perlu “nutrisi rohani” e me Kata Dibata. Emaka bas ayat 25 i kataken: “ibegikenndu Si Ngerana e”. Kata Dibata si jadi “nutrisi rohani” e harus sialoken ras si dalanken bas kegeluhenta gelah banci kita erdewasana bas kiniteken. 

 2.            Dewasa artina “setia”

Ibas Kitab Heber, kedewasaan e i kaitken ras kesetiaan (Heber 6:4-6). Secara sederhana banci si kataken kalak si dewasa e me kalak si setia. Setia nandangi janji,prinsip, tujuan ras kinitekenna. Alu kata si debanna e me konsekuen ras konsisten. Heber 12:25-27 ngatakenca man banta gelah kita ola la mbegiken Si Ngerana (tetaplah mbegiken ras mperdiateken Kata Dibata) sebab lit konsekuensina adi la si begiken Ia e me la banci pulah ibas Ia nari bagi kalak si la mbegiken Ia I Deleng Sinai mbarenda (i jenda icidahken man banta kekonsistenen Dibata nai nari seh genduari). Kita iajuk gelah tetap setia seh kedungenna.

3.            Dewasa artina ertanggung jawab ras berkarya

Taneh si ngaloken udan ras mehumur seharusna jadi taneh si peturah sinuan-sninuan si erguna man kalak sinterem (bd. Heber 6:7-8). Kalak si ngaloken pasu-pasu Tuhan seharusnanjadi kalak si mehuli ras erguna nandangi sekelewetna. Dibata ndilo kita labo saja jadi kalak si tek nandangi Ia tapi jadi kalak si berkarya, ersaksi ras muat bagin bas dahin-dahin Tuhan (bd. Perbahanen Rasul-Rasul 1:8, Yohanes 15:27). I jenda kedewasaan iidentikken ras tanggung jawab, karya ras kerja. Kalak si dewasa bas kiniteken ertina labo saja ngaloken pasu-pasu Tuhan ras makekenca man dirina saja tapi makeken nandangi kalak si deban ka. Ogenta si pemena ibas 2 Raja-Raja 4:8-13 ndai ncidahken uga Diberu Sunem ras perbulangenna makeken pasu-pasu Tuhan si lit bas ia guna nampati Elisa.  “Egoisme” e me ciri danak-danak, adi dewasa tentuna lanai terjeng dirina ngenca iukurina tapina kalak si deban sekelewetna: keluargana, perpulungenna, masyarakat bahkan doni enda. Bagi kai si ikataken i bas Heber 12:28-29 kita enggo datken pasu-pasu Tuhan e me kerajan si la terugur (Kinirajan Surga, kegeluhen si rasa lalap entah pe keselamaten). E makana patut nge kita ngataken bujur man Dibata. Tentuna bentuk pengataken bujurta e me “si sembah Dibata bagi si ngena ateNa, alu mehamat dingen mbiar. Ndalani kegeluhenta alu ertanggung jawab ras tetap nginget man Dibatanta si ndilo kita labo terjeng tek saja man Ia tapi bagi Tuhan Yesus berkarya, erjuang ras megenggeng ngalaken kiniseran (1 Petrus 2:21; Filipi 1:29).

            Tentuna arah temanta enda siniarapken kedewasaan e teridah arah kegeluhenta i tengah-tengah perpulungen. Marilah kita radu ras kerina nggit berproses guna jadi dewasa alu tetap ngerembakken diri man Tuhan, setia bas mbegiken kataNa ras ertanggung jawab bas ndalanken kegeluhen selaku kalak si erkiniteken bagepe berkarya alu nggit kita muat bagin i bas dahin-dahin pelayanen tengah-tengah perpulungenta baik alu talenta-talenta si lit bas kita bagepe kinigiten kita ikut nanggung adangen-adangen guna ngelitken dana pelayanen sebab e tanggung jawabta ras-ras. Labo soal galang kitikna tapi soal kedewasaanta si cidahken i je. Setia kita bas perpulungen Tuhan, ertanggung jawab ras berkarya kita kerina tentuna guna ermulia gelar Tuhan. Amin.

Pdt. Andinata Ginting

Khotbah : Yesaya 64 :1-9 ; Minggu tgl 03 Desmber 2017

BIMBINGAN KHOTBAH GBKP 3 DESEMBER 2017

 Invocatio             : “Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.” (Matius 24: 42)

Bacaan                  : Markus 13: 24-37 (Tunggal)                      

Khotbah               : Yesaya 64: 1-9 (Responsoria)

Tema                     : “Tuhan Datanglah”

Pengantar

Sesuai dengan kalender gerejawi, pada minggu ini kita mengawali tahun gereja. Kita memasuki masa advent, yaitu masa penantian. Penantian akan kedatangan Yesus, dalam arti peringatan kelahiranNya (Natal), begitu pula kedatanganNya yang kedua kali, yang tidak kita ketahui masanya. Umumnya, semua orang tidak suka menunggu. Kita sering mendengar “menunggu adalah pekerjaan yang paling membosankan”. Kadang kita lebih memilih meninggalkan atau masa bodoh daripada menunggu. Tetapi tentunya tidak untuk semua hal. Jika yang kita nanti-nantikan adalah hal yang penting, berharga, apalagi sesuatu yang kita cintai, kita akan bertahan. Akan ada energi ekstra yang memampukan kita sabar dan setia dalam penantian kita. Begitu pula di Minggu Advent I ini, kita setia menantikan kedatangan Yesus Sang Juruselamat. Namun bukan hanya pasif menunggu, orang percaya diminta untuk berjaga-jaga sebab tidak ada yang tahu harinya Tuhan Yesus datang (bdk Invocatio).

Isi

Dalam Yesaya 64: 1-9 ada pengakuan tentang kuasa Tuhan atas segala ciptaan (langit, gunung-gunung, api) dan ada kerinduan untuk melihat Tuhan datang dan bertindak. Saat itu orang Israel mengalami keterpurukan. Mereka harus meninggalkan Yerusalem dan dibuang ke Babel selama puluhan tahun. Yang dialami umat selama menjadi buangan Babel adalah penderitaan karena hilangnya identitas bangsa Israel sebagai bangsa pilihan Tuhan. Setelah disebut bangsa pilihan, mengapa harus mengalami seperti yang mereka alami? Kehancuran kota Yerusalem adalah duka mendalam bagi mereka, juga sebagian besar umat Israel menjadi buangan di negeri yang tidak mengenal Tuhan. Bagi mereka, Tuhan murka (ayat 5) dan IA menyembunyikan wajahNya kepada mereka (ayat 7). Dengan kata lain mereka merasa Tuhan telah meninggalkan mereka. Trito-Yesaya menyerukan suara umat yang dalam keterpurukannya sangat merindukan pemulihan dari Tuhan. Penderitaan yang mereka alami membawa mereka kepada introspeksi diri dan pertobatan. Dengan mengakui diri berdosa (ayat 5), najis (ayat 6), mereka mengakui ketidaksetiaan mereka kepada Tuhan, mereka berdosa dan najis karena menyembah dewa-dewi lain. Dari pengakuan ini kemudian ada penyerahan diri kembali kepada Tuhan (ayat 8 Engkaulah Bapa kami.., kamilah tanah liat dan Engkaulah yang membentuk kami, dan kami sekalian adalah buatan tanganMu). Sebutan “Bapa” menyiratkan kedekatan hubungan antara umat dengan Tuhan. Anak yang berbuat salah kepada bapanya dapat meminta maaf dan bapanya tetap mengasihi anaknya. Demikian pengharapan umat. Umat berusaha “membujuk” Tuhan agar murkaNya mereda dan melupakan dosa-dosa mereka. Hanya Tuhan yang mempunyai kuasa untuk memulihkan umatNya, karena mereka adalah buatan tanganNya, ciptaanNya. Mereka berharap Tuhan tidak berlama-lama lagi dalam kemurkaanNya. Umat rindu untuk kembali kepada Tuhan. Nabi Yesaya mewakili umat menyampaikan permohonan ini kepada Tuhan. Mereka menanti Tuhan bertindak dan memulihkan keadaan.

Aplikasi

Kita juga saat ini menantikan kedatangan Tuhan Yesus kedua kali dan menyambut peringatan hari kelahiranNya. Menanti dengan sabar, bukan berarti diam dan tidak berbuat apa-apa. Kita memang tidak bisa mempercepat kedatanganNya, tidak juga disuruh untuk meramal dan memprediksi kapan datangnya. Karena Injil sendiri menuliskan “Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa saja.” (Markus 13: 32). Maka janganlah kita sibuk mengira-ngira seperti yang dilakukan orang-orang yang mau mencoba memberi kepastian akan sesuatu yang hanya Bapa yang tahu (bdk Bimbingen Khotbah GBKP hlm 195). Kita diingatkan untuk terus berjaga-jaga. Terus membenahi diri. Melalui introspeksi diri, kita mengakui kelemahan lalu memohon pengampunan dari Tuhan. Penyerahan diri kepada Tuhan, siap dibentuk oleh Tuhan. Ada pembaharuan dalam kualitas iman, sehingga karakter Kristus semakin tercermin dari kita. Itulah wujud nyata dari berjaga-jaga. Bukan sekedar menghabiskan waktu mempersiapkan perayaan Natal: rapat panitia, latihan Koor, latihan drama, latihan menari, menentukan seragam, dan sebagainya. Sebenarnya hal-hal ini penting, karena kita mau memberi yang terbaik untuk merayakan peringatan kedatangan Yesus ke dunia, janganlah kita asal-asalan. Tetapi sediakanlah juga waktu berefleksi/bercermin diri di masa-masa penantian ini untuk lebih mengenal diri dan mengenal Tuhan. Kita bersiap-siap agar penantian kita bukan menjadi penantian yang pasif (terlena, tertidur). Dan kalau ada perayaan Natal yang pelaksanaannya di masa-masa Advent (umumnya pemilihan tanggal disesuaikan dengan situasi jemaat setempat, sehingga tidak semua bisa terlaksana serentak pada tanggal 25 Desember), janganlah hiruk-pikuknya mengaburkan masa penantian di dalam hati kita.

                                                                                                                                                                                                                                                                                         Selamat Advent.

                                                                                                                                                Pdt. Yohana Samuelin M. Ginting, S.Si (Theol)

                                                                                                                                                GBKP Bajem Samarinda

Khotbah : Yesaya 64 :1-9 ; Minggu tgl 03 Desmber 2017

BIMBINGAN KHOTBAH GBKP 3 DESEMBER 2017

 Invocatio             : “Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.” (Matius 24: 42)

Bacaan                  : Markus 13: 24-37 (Tunggal)                      

Khotbah               : Yesaya 64: 1-9 (Responsoria)

Tema                     : “Tuhan Datanglah”

Pengantar

Sesuai dengan kalender gerejawi, pada minggu ini kita mengawali tahun gereja. Kita memasuki masa advent, yaitu masa penantian. Penantian akan kedatangan Yesus, dalam arti peringatan kelahiranNya (Natal), begitu pula kedatanganNya yang kedua kali, yang tidak kita ketahui masanya. Umumnya, semua orang tidak suka menunggu. Kita sering mendengar “menunggu adalah pekerjaan yang paling membosankan”. Kadang kita lebih memilih meninggalkan atau masa bodoh daripada menunggu. Tetapi tentunya tidak untuk semua hal. Jika yang kita nanti-nantikan adalah hal yang penting, berharga, apalagi sesuatu yang kita cintai, kita akan bertahan. Akan ada energi ekstra yang memampukan kita sabar dan setia dalam penantian kita. Begitu pula di Minggu Advent I ini, kita setia menantikan kedatangan Yesus Sang Juruselamat. Namun bukan hanya pasif menunggu, orang percaya diminta untuk berjaga-jaga sebab tidak ada yang tahu harinya Tuhan Yesus datang (bdk Invocatio).

Isi

Dalam Yesaya 64: 1-9 ada pengakuan tentang kuasa Tuhan atas segala ciptaan (langit, gunung-gunung, api) dan ada kerinduan untuk melihat Tuhan datang dan bertindak. Saat itu orang Israel mengalami keterpurukan. Mereka harus meninggalkan Yerusalem dan dibuang ke Babel selama puluhan tahun. Yang dialami umat selama menjadi buangan Babel adalah penderitaan karena hilangnya identitas bangsa Israel sebagai bangsa pilihan Tuhan. Setelah disebut bangsa pilihan, mengapa harus mengalami seperti yang mereka alami? Kehancuran kota Yerusalem adalah duka mendalam bagi mereka, juga sebagian besar umat Israel menjadi buangan di negeri yang tidak mengenal Tuhan. Bagi mereka, Tuhan murka (ayat 5) dan IA menyembunyikan wajahNya kepada mereka (ayat 7). Dengan kata lain mereka merasa Tuhan telah meninggalkan mereka. Trito-Yesaya menyerukan suara umat yang dalam keterpurukannya sangat merindukan pemulihan dari Tuhan. Penderitaan yang mereka alami membawa mereka kepada introspeksi diri dan pertobatan. Dengan mengakui diri berdosa (ayat 5), najis (ayat 6), mereka mengakui ketidaksetiaan mereka kepada Tuhan, mereka berdosa dan najis karena menyembah dewa-dewi lain. Dari pengakuan ini kemudian ada penyerahan diri kembali kepada Tuhan (ayat 8 Engkaulah Bapa kami.., kamilah tanah liat dan Engkaulah yang membentuk kami, dan kami sekalian adalah buatan tanganMu). Sebutan “Bapa” menyiratkan kedekatan hubungan antara umat dengan Tuhan. Anak yang berbuat salah kepada bapanya dapat meminta maaf dan bapanya tetap mengasihi anaknya. Demikian pengharapan umat. Umat berusaha “membujuk” Tuhan agar murkaNya mereda dan melupakan dosa-dosa mereka. Hanya Tuhan yang mempunyai kuasa untuk memulihkan umatNya, karena mereka adalah buatan tanganNya, ciptaanNya. Mereka berharap Tuhan tidak berlama-lama lagi dalam kemurkaanNya. Umat rindu untuk kembali kepada Tuhan. Nabi Yesaya mewakili umat menyampaikan permohonan ini kepada Tuhan. Mereka menanti Tuhan bertindak dan memulihkan keadaan.

Aplikasi

Kita juga saat ini menantikan kedatangan Tuhan Yesus kedua kali dan menyambut peringatan hari kelahiranNya. Menanti dengan sabar, bukan berarti diam dan tidak berbuat apa-apa. Kita memang tidak bisa mempercepat kedatanganNya, tidak juga disuruh untuk meramal dan memprediksi kapan datangnya. Karena Injil sendiri menuliskan “Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa saja.” (Markus 13: 32). Maka janganlah kita sibuk mengira-ngira seperti yang dilakukan orang-orang yang mau mencoba memberi kepastian akan sesuatu yang hanya Bapa yang tahu (bdk Bimbingen Khotbah GBKP hlm 195). Kita diingatkan untuk terus berjaga-jaga. Terus membenahi diri. Melalui introspeksi diri, kita mengakui kelemahan lalu memohon pengampunan dari Tuhan. Penyerahan diri kepada Tuhan, siap dibentuk oleh Tuhan. Ada pembaharuan dalam kualitas iman, sehingga karakter Kristus semakin tercermin dari kita. Itulah wujud nyata dari berjaga-jaga. Bukan sekedar menghabiskan waktu mempersiapkan perayaan Natal: rapat panitia, latihan Koor, latihan drama, latihan menari, menentukan seragam, dan sebagainya. Sebenarnya hal-hal ini penting, karena kita mau memberi yang terbaik untuk merayakan peringatan kedatangan Yesus ke dunia, janganlah kita asal-asalan. Tetapi sediakanlah juga waktu berefleksi/bercermin diri di masa-masa penantian ini untuk lebih mengenal diri dan mengenal Tuhan. Kita bersiap-siap agar penantian kita bukan menjadi penantian yang pasif (terlena, tertidur). Dan kalau ada perayaan Natal yang pelaksanaannya di masa-masa Advent (umumnya pemilihan tanggal disesuaikan dengan situasi jemaat setempat, sehingga tidak semua bisa terlaksana serentak pada tanggal 25 Desember), janganlah hiruk-pikuknya mengaburkan masa penantian di dalam hati kita.

                                                                                                                                                                                                                                                                                         Selamat Advent.

                                                                                                                                                Pdt. Yohana Samuelin M. Ginting, S.Si (Theol)

                                                                                                                                                GBKP Bajem Samarinda

Info Kontak

GBKP Klasis Jakarta - Kalimantan
Jl. Jatiwaringin raya No. 45/88
Pondok Gede - Bekasi
Indonesia

Phone:
(021-9898xxxxx)

Mediate