Jadwal Kegiatan

Ibadah Umum - (08PM - 09PM)
Ibaadah Remaja - (09PM - 10PM)

Suplemen PJJ ; Amos 5 : 4-6 ; tgl 18-24 Februari 2018

PJJ, 18-24 Februari 2018

Bahan   :Amos 5:4-6

Thema  :”Dahilah Tuhan Maka Kam Nggeluh

Kata Perlebe

Amos nabi singelai Tuhan sekitar tahun 760 SM. Ia kalak Yehuda tapi nehken sora kenabin seh man kerajan Israel Utara. Situasi politik ibas masa Amos siterjadi kalak sierkuasa nggeluh ibas kesenangenna saja, kebijakenna bagi ate-atena. Israel nggeluh ibas perbahanen dosa simesangat; kalak bujur itindih, ngalo duit sisip ia, janah kalak musil iolang-olangina gelah ola idatca kebujuren ibas pengadilen. (5:12). Kalak bujur si la ngasup nggalar utangna idayakenna, janah kalak musil iergaina asa erga sepasang selop ngenca, kalak kote iperjakina, kalak musil sierdalan ibas dalan ijemjemkenna. Anak dilaki ras bapana erlua-lua ras sada budak diberu, ibas rumah Tuhan minem-minem anggur ia (2:6-8). Erkiteken kejahatenna ras pemberontakenna nandangi kebenaren Dibata, maka reh me rawa Dibata simesangat man Israel siisehkenNa arah nabi  Amos. Nina Amos, “Tuhan erdengum i deleng Sion nari; soraNa erlenggur i Jerusalem nari. Sora Tuhan simerawa e erbahanca mbal-mbal jadi kerah, dukut deleng karmel melus kerina”. (1:2). Sora Tuhan e igambarkena bagi sora singa sipaksa merawa erdengum (mengaung) nandangi imbang-imbangna. Kenca singa erdengum ijerngemna me imbang-imbangna e alu rawana simesangat. Bageme ate Tuhan ilakokenNa ision nari nehken pengadilenNa man Israel. Lanai lit dalan Israel nilah, lanai lit ingan Israel cebuni, ibunuh Tuhan me ia erkite-kiteken dosa ras kejahatenna.

Pembahasen

Kata persinget sirehna ibas Dibata nari siisehkken Amos tempa-tempa lanai bo lit ammpunen nari, Israel pasti ndatken hukumen Dibata simesangat. Tapi Dibata e perkeleng kap. Ibas kerina kejahaten manusia kekelengen Dibata labo pernah surut. Belina ras tetapna keleng ate Dibata labo itentuken perbahanen sinembah Ia, tapi Ia kap kekelengen e. E maka ibas keadaan sitemap tempa enggo mendesak, tempa tempa lanai lit dalan pulah man Israel “pengumumen-persinget” siisehken Amos e arusna erbahan Israel sengget ras ertobat, menyadarken dirina kerna situasina paksana erdalan ibas dalan keruntuhen ras maut. Erkiteken si e nina Tuhan arah Amos “Marilah dahi Aku, maka kam nggluh..”. Dahilah Aku ibas bahasa Indonesia “carilah Aku” siertina pindo min pengajaren man bangKu=sungkun Aku, maka kam nggeluh. IbasTuhan lit arapen dalan pulah ibas hukumen kematen nari.

Ibas masa si e kalak Israel sibuk ngelakoken upacara penembahen man Dibata ibas ingan-ingan sibadia (tempat-tempat suci) i Betel rasi Gilgal, tapi siilakokenna labo nembah Dibata, labo ndahi Tuhan tapi nggeluh ibas “gaya hidup badia” (kesalehan sipalsu) situjunna pesenang-senangken bana labo erpenembahen mpermuliaken Dibata. Ciga iakap Tuhan perayan-perayan Israel sihanya pesenangken bana e, si la erdampak mperobahi lagu langkahna ku bas tujun ndalanken simehuli. Nina Tuhan “Mutah Aku ngidahsa” enggo itulak Tuhan persembahen tutungen ras persembahen gandum Israel. Persembahen tutungen e me persembahen pengampunen dosa tapi ciga ate Tuhan sebab la isehken alu pertobaten. Persembahen gandum  e me persembahen ucapen syukur, e pe itulak Tuhan sebab rehna ibas kejahaten nari ras tujunna kemulian bana (kesombongenna) siipertontonken. Enden enden pujin siisehken Israel lanai bengket ku bas pusuhTuhan, tapi enggo gejek iakap Tuhan, sebab singena ate Tuhan la idalanken Israel. Si ipindo Tuhan gelah Israel ngelakoken kebujurun alu erburak-burak desken lau sumbul, desken lau belin si la pernah kerah. Si ipindo Dibata gelah Israel nadingken gana-gana si isembahna. (Bd. 5:18-26), ciga min ate Israel si jahat, janah erngena ate ngelakoken sibenar, ndalanken kebujuren ibas pengadilen, gelah mekuah ateTuhan man bana (5:15).

Gilgal ras betel e ingan sibadia (tempatsuci )tapi labo ingan sibadia e Dibata. Si arus ilakoken Israel adi ersembah dahilah Tuhan jumpai Ia. Ingan—ingan sibadia e la tetap, hanya lokasi janah adi i hancurken Dibata ingan e hancur lesap me kerina raduken ras kalak Israel sisangana ersembah i je. Ibas ayat 6, sekali nari iulihi Amos “Dahilah Tuhan maka kam nggeluh”. Lit denga arapen, lit denga ibere Tuhan sitik waktu sebab adi Israel la reh erpenungkunen man Dibata, maka bagi api sigurlah me Tuhan reh ndahi Israel, nutung keri bangsa e ras ku Betel ngeradasken kerinana ras penduduk kuta e.

Aplikasi

Payo nge e maka Dibata sisembah kita e Dibata sikejam, isehkenNa rawaNa alu mesangat, la kecuali man bangsaNa pilihenNa adi bangsaNa e erbahan dosa ras pemberontaken ? Tuhan e eme Dibata siperkeleng, niNa mpetandaken diriNa ras nehken perentahNa “Aku Tuhan sierdolat, la ukurKu meriah ngidah sekalak perdosa mate. Riahen ukurKu ngidahsa ia ngadi erbahan dosa gelah Ia nggeluh”.ToleniNa ”O Israel, ngadikenlah kejahatenNdu. Engkai maka nggiten kam mate?” (bd. Esekiel 33:11). Tujun Dibata ibas nehken ukumen man kalak siperdosa labo guna menikmatisa, tapi gelahna kalak siperdosa e jera ibas dosa ras kejahatenna nari ras ndalanken kebujuren. Erkitekensi e Tuhan nuruhsuruh-suruhenna mperisingeti, menegor kalak singgeluh ibas dosa gelah jera. Artina Tuhan mereken waktu si bias gelah kalak singgeluh ibas dosa ertobat.

Kalak sinadingken Tuhan, sierpenembahen ku dibata-dibatana sideban maka geluhna ras pengertinna kerna kebenaren labo banci reh ulina. Adi kalak reh dauhna ibas Tuhan nari ras reh deherna kutujun pribadi entah kelompokna maka ibas ngelakoken hal-hal simehuli entah ngelakoken upacara keagaman pe dasar ras tujunna ngelakokenca labo payo, simehuli ras sikap ibadah siilakokenna e ngadi guna kemulian dirina saja, siilakokenna e ipertontonkenna (idemonstrasikenna) demi pengakun ras kesombongen diri. Kerembaken ras Tuhan nge siiperluken manusia sindarami kedamen nggeluh. Kalak siertutus ate erpenungkunen ku Tuhan ibas ia la kurang pemetehna guna ndalanken sibenar, janah ibas ia kata Dibata jadi rambu-rambusi njaga perbahanenna gelah tetap erdalan ibas kebenaren Dibata. Adi bage kerehen wari Tuhan labo jadi kebiaren man bana, labo cilaka entah kegelapen tapi jadi keriahen si itimai penggenapenna.

Pdt. Ekwin Ginting

GBKP Rg. Sitelusada

Khotabah : Yohanes 19:38-42 ; Sabtu Pengarapan

KHOTBAH 31 MARET 2018

( Sabtu Pengharapan )

Invocatio      : “Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa

kita, yang telah dilabuhkan sampai kebelakang tabir”

( Ibrani 6 : 19)

Bacaan         : Ayub 14 : 1-14 ( Responsoria )

Khotbah        : Yohanes 19 : 38-42 ( Tunggal )

Tema           : Yesus berkuasa dalam dunia kematian

Jemaat yang dikasihi Tuhan….

Dalam Kitab Ayub pasal 14 : 1 diberitahukan Manusia yang lahir dari perempuan singkat umurnya dan penuh kegelisahan. Umur manusia memang sangat singkat, Manusia itu adalah daging tetapi  umurnya  akan  seratus dua puluh tahun  saja (Kej 6 : 3b). Selain umur yang singkat dalam menjalani hidupnya manusia banyak mengalami kegelisahan dan kesusahan “Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan; sebab berlalunya buru-buru dan kami melayang lenyap. (Maz 90 : 10). Ayub menggambarkan hidup manusia itu seperti bunga yang berkembang, lalu layu. Lalu bagaimanakah jika terjadi kematian ? Ayub menggambarkannya dengan pohon dan manusia. Jika pohon ditebang (mati) ia bertunas kembali, apabila akarnya menjadi tua di dalam tanah, dan tunggulnya mati di dalam debu, maka bersemilah ia. Setelah diciumnya air, dan dikeluarkannyalah ranting seperti semai. Tetapi bila manusia mati, tidak berdayalah ia, manusia berbaring dan tidak bangkit lagi, mereka tidak terjaga dan tidak bangun dari tidurnya.

Ketika ayub tahu bagaimana tentang kematian lalu, ayub mengungkapkan :

Ah, kiranya Engkau  ( Tuhan ) menyembunyikan aku di dalam dunia orang mati, melindungi aku, sampai murkaMu surut;  dan menetapkan waktu bagiku kemudian mengingat aku pula. Ayub tahu dan sadar bahwa dia juga akan mati tetapi dia meminta supaya  di dunia kematian juga Tuhan melindungi dan jika tiba kelak hari penghakiman Tuhan mengingat dia supaya tidak di hukum selamanya, dia juga menaruh harap kepada Tuhan  supaya dia dapat hidup selamanya.

Jemaat yang dikasihi Tuhan…

Nats khotbah sabtu pengharapan ini adalah berbicara tentang kematian Yesus dan bagaimana Yesus dikuburkan.  Ada dua orang yang terlibat sekali dalam penguburan Yesus yaitu :

1.    Yusuf dari Arimatea (ayat 38)

Ia adalah murid Yesus, dengan sembunyi-sembunyi meminta kepada Pilatus supaya ia diperbolehkan menurunkan mayat Yesus, dan Pilatus meluluskan permintaannya.

2.    Nikodemus (ayat 39-40)

Dialah yang mula-mula datang waktu malam kepada Yesus. ia membawa campuran minyak mur dengan minyak gaharu, kira-kira lima puluh kati beratnya.

Yusuf dan Nikodemus mengambil mayat Yesus, Mengapaninya dengan kain lenan dan membubuhi  dengan rempah-rempah menurut adat yahudi bila menguburkan mayat. Dan Yesus dikuburkan di area suatu taman dekat tempat dimana Yesus di salibkan.

Dari kitab Yohanes 19 : 38-42 ini diberitahukan bagi kita bahwa Yesus mengalami kematian serta dikuburkan. karena ada dua orang yaitu Yusuf dari Arimatea dan Nikodemus yang melakukan proses penguburan Yesus. Kematian Yesus bukan kematian biasa karena dalam kematiannya secara daging Yesus dibangkitkan pada hari yang ketiga (Yoh 20 : 1-10). Berbeda dengan kita manusia yang biasa seperti apa yang disaksikan Ayub ketika manusia mati, manusia berbaring dan tidak bangkit lagi ( ayat 14 :12 ).

Kematian Yesus memiliki arti yang penting dalam kehidupan manusia, karena kematiaNya dikayu salib, Ia telah menyelesaikan utang dosa manusia. “ sebab upah dosa ialah maut ( mati ), tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus Tuhan kita “ ( Roma 6:23 ). Kematian Yesus menjamin bahwa kehidupan manusia  bukan berakhir dalam kematian kekal dan menetap dalam kuburannya. Sebab kehendak Tuhan semua manusia selamat dan beroleh hidup  kekal dengan percaya kepada Yesus  jalan memperoleh hidup kekal. “ Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan percaya kepadaNya beroleh hidup yang kekal, dam supaya aku membangkitkannya pada akhir zaman. (Yoh 6:40)

Jadi, jemaat yang dikasihi Tuhan …

Ketika berada di rahim perempuan dan terlahir kedunia ini manusia dianugrahkan Tuhan mengawali hidup di dunia ini. Saatnya Tuhan juga yang menetapkan berakhirnya kehidupan kita di dunia ini. Tetapi setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus memperoleh hidup yang kekal.  Kematian bukan akhir dari segalanya, karena setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus memperoleh hidup kekal. Akhir hidup kita adalah hidup kekal selamanya.

Hidup, mati dan hidup selamanya.

Amin.                    

Pdt. Karvintaria br  Ginting,  STh

GBKP Rg. Klender

 Hp. 08126359640

Khotbah : Yohanes 19 :23-30 ; Jumat Agung ; tgl 30 Mrt 2018

Khotbah Jumat Agung 30 Maret 2018

Invocatio   : “Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak

membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya” (Yesaya  53 : 7)

Bacaan      : Mazmur 22 : 1 – 9 (Responsoria)

Khotbah    : Yohanes 19 : 23 – 30 (Tunggal)

Tema        : “Rasakanlah Penderitaan Yesus”

Pendahuluan

Kematian manusia pada umumnya adalah suatu yang alami, pasti terjadi dan di luar kuasa dan kendali. Ya, manusia tidak berkuasa atas nyawanya. Kita tidak mampu menahan, menunda dan menolak kematian kita. Kalau sudah waktunya mati kata Tuhan maka tidak ada yang bisa bertahan dan mempertahankan nyawanya. Bagaimana dengan kematian Yesus? Apakah sama dengan kematian manusia secara umum? Apakah kematian Yesus itu kebetulan, di luar kuasa dan kendaliNya? Apakah kematianNya menyatakan kelemahan dan kegagalanNya? Jawabnya ‘tidak’. Tidak kebetulan, tidak di luar kuasa dan kendaliNya. KematianNya adalah penggenapan nubuat Alkitab untuk menyelamatkan manusia berdosa. Melalui salib Yesus menunjukkan bahwa Dialah Mesias, Anak Allah yang pegang kendali bahkan sampai saat kematianNya. Untuk lebih jelasnya marilah kita mendengar dan menerima kebenaran Firman Tuhan.

ISI

Yesus disalibkan (ayat 23-24)

Prajurit-prajurit Romawi menyalibkan Yesus. Setelah disalibkan pakaian Yesus dibagi-bagi mereka. Sementara jubahnya tidak dibagi tetapi diberikan kepada yang menang undi. Dalam hati dan pikiran prajurit, penguasa Romawi mungkin juga imam-iman dan tua-tua Yahudi dengan melucuti pakaian dan jubahNya, Yesus dihina dan dipermalukan dengan sangat. Apakah benar demikian dalam pikiran dan cara pandang Yesus? Jawabnya: Tidak. Justru dengan tindakan prajurit itu Yesus bukan dinakan tapi dimuliakan dan ditinggikan. Melalui tindakan perbuatan prajurit itu, nubuan firman Tuhan dalam Mazmur 22:19 digenapi. 

Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalanKu dari jalanmu, rancanganKu dari rancanganmu’ (Yesaya 55:9). Penghinaan yang diterima oleh Yesus di kayu salib adalah untuk menebus dosa kita. Penghinaan kepadaNya adalah karena dosa-dosa kita. Dosa harus dihukum. Upah dosa adalah kematian. Yesus rela dan mau berkorban demi dan untuk keselamatan kita manusia berdosa. Pemuasan murka Allah sudah terlaksana dengan kematian Yesus di kayu salib untuk menggantikan dosa manusia, dosa dunia. Dia yang tak berdosa mau menanggung hukuman dosa. Karena itulah pengorbananNya memenuhi syarat, layak dan diterima. Bersyukurlah kepadaNya yang rela menggantikan posisi kita.

Yesus menghibur Maria dan Yohanes dari atas kayu salib (ayat 25-29)

Walau tergantung menderita di kayu salib, Yesus masih melayani dan memberi penghiburan. Dia menghibur ibuNya Maria dengan mengatakan bahwa Yohanes murid yang dikasihiNya sebagai anaknya. Demikian juga sebaliknya Maria menjadi ibu bagi Yohanes (ayat 25-27). 

Yesus tidak melawan ketika Dia disalibkan, pakaian dibagi-bagi dan jubahNya diambil. Derita dan aniaya ditujukan kepadaNya tetapi Dia tidak melawan. Dia membiarkan diriNya ditindas. Dia seperti anak domba yang taat, yang tidak membuka mulutnya ketika mau dibawa ke pembantaian. Dia seperti induk domba yang pasrah dan taat ketika bulunya digunting (Yesaya 53:7). Ya, Dia adalah Anak domba Allah (1:29; 1 Kor.5:7).

Yesus tidak mementingkan diriNya. Bahkan ketika menderita, dihina dan dianiaya di atas kayu salib Ia tidak minta supaya dihibur dan dikasihani. Sebaliknya, Dia menghibur Maria ibuNya dengan menunjuk Yohanes sebagai anaknya. Dia menghibur Yohanes dengan menunjuk Maria menjadi ibu Yohanes. Bagaimana dengan kita? Biasanya, lazimnya yang menderita, yang sengsara yang dihibur. Yesus yang menderita dan sengsara justru yang mengibur Maria dan Yohanes. Marilah kita mengikuti teladan yang telah ditunjukkan Tuhan Yesus. Sekalipun di saat kita susah, ada masalah kita masih bisa menjadi berkat bagi orang lain yang membutuhkan.

Yesus menggenapi semuanya lalu mati (ayat 30).

Yesus tahu bahwa segala sesuatu sudah selesai, sudah hampir digenapi, dicapai, dituju. Karena Dia tahu semuanya akan selesai dan untuk menggenapi nubuat yang tertulis tentang kematianNya maka Yesus berkata bahwa Ia haus. KepadaNya diberikan anggur asam lalu diminumNya. Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: “Sudah selesai”. Kata ‘selesai’ pada ayat 27 dan 30 (Yunani ‘Teleos’ dari kata ‘telos’ artinya tujuan, sempurna). Melalui kematianNya, Yesus dengan sempurna dan tuntas melaksanakan misiNya. ‘Lalu Yesus menundukkan kepalaNya dan  menyerahkan nyawaNya’. Ia menyerahkan nyawaNya. NyawaNya bukan diambil dan diserobot dariNya. Yesus sebagai subyek dalam kematinNya. Dia melakukan semuaNya, taat sampai mati supaya tergenapi nubuat dalam kitab suci. Supaya manusia percaya bahwa Dialah Mesias, Anak Allah. “…supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam namaNya” (20:31).  

Melalui sengsaraNya di kayu salib sampai mati, Yesus membayar hukuman dosa kita. Yesus membayar hukuman dosa dengan lunas. Yesus melaksanakan misiNya dengan tuntas. KematinanNya menyelamatkan kita. kematianNya menghidupkan kita.

Tema: “Rasakanlah Penderitaan Yesus”. Dalam bacaan yang pertama Maz. 22:1-9 kita melihat bagaimana Daud berseru kepada TUHAN karena penderitaannya. Ya, Daud sekalipun seorang beriman dan raja tapi dia menderita. Dia merasa sepertinya Tuhan meniggalkan dia. Akan tetapi Daud tidaklah sampai menderita seperti Yesus. Yesus sungguh-sungguh menderita. Dia sedia dan rela menderita. Tetapi Dia menderita bukan karena dosa dan pelanggaranNya. Dia menderita karena dosa-dosa kita. Rasakanlah bagaimana Dia berseru “Eli eli lama sabakhtani? (Tuhanku, Tuhanku mengapa Engkau meninggalkan Aku)”. Jadilah anak-anak Tuhan yang berperasaan. Bukan sebaliknya orang yang tidak punya perasaan. Dengan merasakan penderitaanNya kita akan semakin melihat pengorbananNya. Dengan semakin merasakan penderitaanNya, kita akan semakin percaya dan mengasihiNya. Kita semakin taat dan setia sekalipun menghadapi masalah dan penderitaan. Kita tidak lari dari masalah dan pergumulan kita. Kita bertekun menghadapinya dengan iman kepada Tuhan Yesus. Jikalau darah dan nyawaNya pun diberikanNya kepada kita, apalagi masalah dan pergumulan kita sehari-hari tentulah diberiNya jalan keluar.   

Penutup/ kesimpulan

Renungkan dan rasakanlah penderitaan Yesus di kayu salib yang bukan kebetulan tetapi kerelaanNya. Dia dianiaya, menderita dan menyerahkan nyawa bukan untukNya karena Dia tidak berdosa. Semua karena kasihNya yang besar. Dengan merasakan penderitaanNya kita mempunyai cara pandang dan pikir baru tentang kehidupan, masalah dan penderitaan. Kita tidak lagi takut, apalagi lari darinya. Kita menghadapinya dan mengatasinya dengan iman kepada Yesus. Karena kita tahu bahwa nyawaNya pun Dia berikan untuk menghidupkan kita. Apalagi untuk masalah dan penderitaan hidup sehari-hari. Benarlah firman Tuhan bahwa Ia sekali-kali tidak akan membiarkan dan meninggalkan kita (Ibrani 13:5b). KematianNya menyelamatkan kita, dan kematianNya menghidupkan kita. Maut dikalahkan oleh kematianNya. Maut tidak lagi berkuasa bagi orang beriman. Selamat Jumat Agung buat kita semua. Amin.  

Pdt. Juris Tarigan, MTh

GBKP RG Depok - LA

Info Kontak

GBKP Klasis Jakarta - Kalimantan
Jl. Jatiwaringin raya No. 45/88
Pondok Gede - Bekasi
Indonesia

Phone:
(021-9898xxxxx)

Mediate