Jadwal Kegiatan

Ibadah Umum - (08PM - 09PM)
Ibaadah Remaja - (09PM - 10PM)

Suplemen PJJ : Mazmur 52 : 10-11 ; Tgl 05-11 Agustus 2018

Ogen :Mazmur 52 : 10 - 11

Thema :“Momokenlah Kiniulin Dibata”

Ngataken bujur (bersyukur) e me salah sada tema utama kitab Mazmur. Bahan ogenta enda eme sada bagin kitab Mazmur isina pengataken bujur man Dibata erkiteken Ia nggo mulahi bangsana ibas musuh-musuhna nari, jenari ngataken bujur erkiteken kiniulin ras pemeliharaan Dibata si la erngadi-ngadi nandangi bangsa enda. Ngataken bujur erkiteken Dibata enggo mulahi bangsa enda I bas perkawanen nari rikut pe ras kiniulin bage pe pemeliharan sinigejapkenna e maka nina bangsa enda I bas Mazmur 52 : 11 “Rasa lalapateku ngataken bujur man baNdu erkiteken kai si ibahanNdu O Dibata. I tengah-tengah perpulungen kalak si ertutus ate man baNdu ku momoken kiniulindu.

Adi si oge kerina ibas Mazmur 52:1-11, Pemazmur ngidah lit dua tipe manusia e me sipemena kalak fasik (si la erkemalangen man Dibata), si erpenalem man gegehna jine misalna pemeteh, erta ras kekuasanna. Gambaren kalak fasik enda teridah bas diri si Doeg kalak Edom. Bangsa Edom e me keturunen Esau ras nina pemazmur  ia sekalak pahlawan Saul sebab ia memata-matai Daud bagepe munuh kerina imam Dibata I kuta Nob ekiteken Abimelekh pemimpin para imam nampati Daud. Tentu si Saul pe tergolong fasik sebab teken ia man kalak Edom asangken man si Daud si nggo naluken si Goliat panglima perang kalak Filistin. Labo terjeng segat atena ngenen Daud tapi pe ayak-ayakna Daud lako munuhsa atena. Jadi kalak fasik siniwakili Doek ras Saul ncidahken tipe manusia si la erkemalangen ras mengandalken kekuasanna.

Tipe sipeduaken eme manusia si erkemalangen man Dibata. Bas perikop pengogenta enda menunjuk pada diri Daud ras Abimelekh. Si Abimelekh pimpinen para imam bas paksa si e la mbiar nampati Daud. Abimelekh meteh maka lit resiko si mbelin erkiteken penampatna man Daud, tapi ia la mbiar membela kebenaren amin gia mbelin resikona. Daud sebagai kalak sierkemalangen man Dibata tentu melukah kel akapna naluken Saul (Goliat pe italukenna) tapi erkiteken ia meteh aturen kerna kewajiban mpehaga kalak siniurapi Dibata amin gia itehna perbahanen Saul nggo lanai bagi arusna,tapi  tetap ipehagana Saul bagi sekalak raja.

RENUNGEN

Pemazmur mempehadapken  pembacana ku bas dua pilihe tipe manusia e me tipe kalak fasik ras tipe kalak sierkemalangen man Dibata, apai siikutken ? Adi pemazmur ngatakenca, adi sipilih tipe kalak fasik maka si jadi e me kehancuren ras kematen. Bas ayat 7 nina pemazmur, maka Dibata ngkernepken ia seh maka masap kehaganna. Sinen sejarah Saul si gugur bas peperangen  rikut pe si Doeg ikut kernep ras tuanna Saul, bagem kedungen geluh kalak fasik si mementingken kesenangen sikentisik tapi rate mesui ras kernep rasa lalap.

Tapina kalak si erkemalangen man Dibata ersabar i bas penderitaan erkiteken kebenaren i pehaga bagi si Daud jenari ibereken Dibata kehagan jadi raja nggantiken Saul janah ibereken Dibata kepercayan lako ermomo ntah ersaksi kerna kiniulin Dibata.

Daud nggambarken dirina ibarat batang zaitun simbur bulungna ras meramis buahna i halamen rumah Tuhan. Batang zaitun man kalak Timur Tengah ibarat batang tualah man kalak Indonesia si mbelin kel manfaatna janah kerina kalak mbutuhkenca (contohna minak zaitun si berguna sebagai minak goreng, obat, rsd), bageme kalak sierkemalangen man Dibata siteridah arah perbahanena ras tergejap manfaatna man kalak sideban.  

Pohon  Zaitun e me symbol Israel baru dalam arti hidup yg bermakna man Dibata bage pe man manusia. Kegeluhen si berarti man Dibata bage pe man manusia lit telu tandana rikutken Mazmur 52 :10-11. Pertama : Tetap ngataken bujur (bersyukur) sebab Dibata si tetap nampati ibas geluhna. Dibata ngidah perbahanen si mehuli siniban anak-anak-Na, si erkemalangen man bana ras tetap ngasup ndalanken kebujuren kebenaren ras keadilen (erdiakonia).  Peduaken : Ermomo kerna kiniulin Dibata (ersaksi) ibas kegeluhenna. Ras peteluken : Tetap ersada i rumah pertoton ras teman-teman si sada kiniteken ibarat pohon zaitun si meratah bulungna iI halaman rumah pertoton (tetap ersekutu).

Kata Zaitun pe ibuat untuk gelar kategorial lansia eme ‘Saitun” gelah ibas umur si nggo metua pe tetap bermakna ras tetap ngataken bujur ras tetap ermomo (ersaksi) kerna kiniulin Dibata.

                                                                                                                  Pdt. I. B. Manik, M. Th., D. Min                        

Minggu tgl 16 September 2018 ; Kejadian 33 :1-11

Invocatio

Lukas 23:34a, Yesus berkata: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.”

Khotbah

Kejadian 33:1-11

Tema

Perdamaian mendatangkan Sukacita

Pengantar

                Damai bisa dimaknai dengan keadaan tenang, tiada peperangan atau konflik, ketiadaan kekerasaan dalam lingkup social kemasyarakatan dan sering juga dikaitkan dengan suasana hati, pikiran dan badan yang nyaman tanpa gangguan. Karena makna yang begitu positif maka ada begitu banyak tokoh dunia yang bercita cita mengadakan perdamaian di dunia. Sejak 1901, penghargaan nobel perdamaian diberikan secara tahunan kepada orang-orang yang telah memberikan upaya terbesar atau terbaik bagi persaudaraan antar bangsa, bagi penghapusan atau pengurangan angkatan bersenjata, dan bagi pelaksanaan atau promosi kongres perdamaian. Pada 2015, Penghargaan Perdamaian telah diberikan kepada 103 individual dan 23 organisasi namun upaya perdamaian dunia masihlah sebuah perjuangan yang berkelanjutan.

                Perdamaian dunia mungkin terlalu luas untuk kita kerjakan namun bukan hal yang mustahil karena perubahan yang besar tentu saja terjadi jika dimulai dari diri sendiri.

Matius 18:21-35

                Perdamaian dapat terjadi jika ada pengampunan. Mengampuni dalam bahasa Yunani disebut “aphiemi” artinya: membiarkan pergi, membiarkan pergi bebas, menutupi, menghapus, mengampuni, memulihkan hubungan yang baik antara dua pribadi yang retak karena suatu kesalahan. Menurut pembacaan kita ini mengampuni berarti membebaskan seseorang dari hutangnya; sebaliknyasikap tidak mengampuni adalah jika kita merasa orang lain tersebut masih berhutang sesuatu kepada kita.

Perbandingan jumlah hutang adalah sepuluh ribu talenta dan seratus dinar yang kalau diperhitungkan adalah sebagai berikut1 talenta = 6000 dinar (sumber : kamus Alkitab)hutang hamba A = 10.000 talenta = 10.000 x 6.000 dinar = 60.000.000 dinar kalau diperhatikan angka 100 dibandingkan dengan angka 60.000.000 sangatlah jauh berbeda. Kurang lebih seperti jika kita berhutang 60 juta dan yang berhutang 100 perak sungguh sangat jauh perbedaannya. Pengampunan yang ingin Tuhan Yesus tunjukkan melalui perumpaan ini adalah pertama, pengampunan Tuhan terhadap manusia dan kedua, pengampunan manusia terhadap sesamanya. Selayaknya pengampunan Tuhan terhadap manusia lah yang memampukan/ menggerakkan manusia tersebut untuk mengampuni sesamanya.

                Pertanyaan Petrus yang menyebut tujuh kali mengampuni adalah angka sempurna bagi budaya Yahudi saat itu dan kemungkinan jumlah ini merupakan kesimpulan Petrus dari pengajaran Yesus seperti tercatat di Lukas 17:4. Jawaban Yesus adalah tujuh puluh kali tujuh kali, artinya ada pengampunan yang tak berkesudahan tidak berhenti pada angka 7 atau 490; ada hati yang ikhlas tiada mengingat-ingat lagi kesalahan sesamanya manusia. Pengampunan menghadirkan perdamaian, perdamaian mendatangkan sukacita.

 

Kejadian 33:1-11

                Konflik saudara antara Yakup dan Esau karena perebutan hak kesulungan berlangsung cukup lama sehingga perdamaian sepertinya agak susah tercapai. Bahkan ketika proses perdamaina akan berlangsung masih ada rasa kecurigaan diantara mereka berdua. Terlihat dari banyaknya pasukkan yang dibawa Esau bersamanya yaitu 400 orang dan bagaimana Yakup menyusun strategi meghadapi Esau dan pasukkannya dan keluarganya dalam menyambut Esau.

Yang ang terjadi Esau menanggapi dengan menunjukkan sikap murah hati yang nyaris terlalu baik. Dia telah memendam permusuhan terhadap Yakub namun seiring waktu hatinya telah berubah. Allah telah mengubah kebenciannya menjadi kemurahan hati. Dia datang menemui Yakub dengan pengertian dan pengampunan. Sepanjang dua puluh tahun perpisahan mereka, tangan kendali Allah telah mengubah kedua saudara itu. Yakup yang sujud dihadapan saudaranya sebanyak 7 kali menandakan bahwa dia sepenuhnya tunduk, setulus hati mau mendapatkan kasih saudaranya lagi. Dan tanggapan yang didapatkan Yakup adalah pelukkan rindu seorang kakak terhadap adiknya yang telah lama tak berjumpa. Tidak ada amarah dan dendam tapi ungkapan kasih saying dan rasa haru antar saudara.

Kembali ditekankan tentang perdamaian yang diraih, diawali dengan pengampunan satu terhadap yang lain.

Penutup

                Matius 5:9 “ Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Alah”. Pembawa damai bukanlah orang yang hidup dalam damai namun orang yang mengusahakan perdamain. Dengan kata lain perdamaina hanya akan tercapai jika setiap manusia berinisiatif dan aktif mengampuni dan diampuni. Mengusahakan perdamaian bukanlah sebuah kegiatan yang menyenangkan dan gembira Karena ada begitu banyak hambatan dan tantangan dalam mengusahakan perdamaian bahkan bisa sangat menyakitkan secara batin dan fisik.

                Untuk melakukan perdamaian, Yesus mengajak murid-muridnya melakukan hal yang tidak terpikirkan yaitu untuk mengasihi musuh; mengampuni. Ini melampaui kapasitas manusia, karena respons alami manusia terhadap tindakan musuh terhadap kita adalah membalas, untuk melenyapkan musuh jika memungkinkan. Melalui renungan ini Tuhan meminta kita untuk mengubah musuh kita menjadi seorang teman, menjadi saudara sesungguhnya dengan mengampuni, dengan memberi diri dan hati kita diubahkan oleh Tuhan. Karena kebahagiaan kita adalah dalam melakukan Firman Tuhan.

Pdt. Erlikasna Purba

Minggu tgl 9 September 2018 ; Pengkhotbah 11:9-12

Invocatio

Anak yang bijak menggembirakan ayahnya, tetapi orang yang bebal menghina ibunya. (Amsal 15:20)

Khotbah

Pengkhotbah 11:9-12:1

Tema

Nikmatilah Masa Mudamu, Tetapi Ingatlah Penciptamu.

Pendahuluan

Saudara-saudara yang terkasih kita sering mendengar kata-kata bahwa masa muda adalah masa yang paling indah. Masa yang tidak akan pernah terulang kembali. Masa yang memberikan banyak kesempatan untuk maju tetapi juga merupakan masa transisi sehingga kita harus mampu mengambil keputusan yang tepat untuk kebaikan kehidupan kita selanjutnya. Dan minggu Permata ini mengingatkan kita kembali bagaimanakah seharusnya permata menjalani kehidupan masa mudanya yang juga segera berlalu sehingga masa mudanya.

Isi

Teks khotbah dalam Pengkhotbah 11:9-12:1 merupakan bagian jawaban dari iman praktis tentang pandangan yang mengatakan “hidup itu sia-sia” seperti menjaring angin. Dalam menjalani kehidupan ini manusia selalu diperhadapkan pada banyak pilihan. Jadi pengkhotbah ingin manusia bisa memiliki tujuan yang jelas dalam hidupnya sehingga hidupnya tidak akan menjadi sia-sia, dengan mampunya manusia menentukan pilihan yang tepat.

Ayat 9: Berisi tentang ajakan/anjuran untuk “bersuka” melalui menuruti keinginan hati, pandangan mata,  Tapi kemudian dibagian terakhir juga berisi tentang peringatan tentang pengadilan Tuhan. Di satu sisi pengkhotbah memberikan kebebasan tapi disisi lain dia juga mengingatkan manusia tentang pengadilan. Ini menjelaskan bahwa dalam segala hal yang dilakukan oleh manusia tidak akan pernah luput dari pandangan Tuhan. Setidaknya dalam segala hal yang dilakukan tidak dilakukan dengan terburu-buru (5:1-7) baik yang dilakukan oleh mulut ketika makan, minum dan perkataan.

Ayat 10: berisi tentang Larangan  agar jangan bersedih karena hidup seperti  fajar yang juga akan segera  berganti menjadi malam. Jadi jangan isi harimu dengan kesedihan, karena adalam kesedihan kamu tidak akan mampu melakukan dan memikirkan sesuatu dengan baik. Setiap detik yang berlalu tidak akan pernah mampu kembalikan lagi, tetapi kita bisa membuat setiap detik yang akan datang menjadi waktu yang berguna.

Pasal 12 ayat 1: berisi tentang Peringatan dan ajakan  untuk tetap mengingat penciptamu (Allah).

Jadi jelas bahwa renungan kita hari ini memberikan kebebasan untuk menjalani hidup dengan bahagia, tetapi tidak melupakan nilai-nilai hidup yang takut akan Tuhan.

Saudara-saudara yang terkasih bacaan kita hari ini (Lukas 15:11-24) menceritakan seorang anak yang salah mengambil keputusan dalam hidupnya. Kesalahan itu memberikan banyak kerugian dan penderitaan. Dalam keadaan itu dia mengingat bahwa dia masih punya kesempatan untuk memperbaiki kehidupannya yaitu dengan cara kembali ke ayahnya. Dan memang benar bahwa ketika dia mengambil keputusan untuk bangkit dan kembali ke ayahnya dia mendapatkan kesempatan yang baru lagi untuk masa depan yang lebih baik. Ini adalah gambaran bahwa betapa banyak yang akan hilang dari kita ketika manusia salah menentukan jalan hidup kita.

Aplikasinya:

Saudara-saudara kita pasti kenal dengan “ Batu Permata”, yang sering dijadikan menjadi perhiasaan.   Batu permata terbentuk dari proses geologi yang memiliki harga jual yang tinggi. Tidak ada di semua tempat. Batu permata akan memiliki harga yang tinggi karena  memiliki ketahanan, keindahan dan kelangkaan. Sehingga tidak mengherankan sangat diminati oleh banyak orang termasuk kita.

Harapan anak-anak Permata GBKP juga memiliki nilai-nilai ketahanan, keindahan dan kelangkaan. Sehingga PERMATA GBKP memiliki kualitas hidup yang baik.

·         Ketahanan dalam menghadapi godaan yang menawarkan kenikmatan sesaat.

·          Keindahan  dalam sikap, tutur kata dan sapa.

·         Kelangkaan dengan berani berbeda dengan orang lain.

Hal itu hanya didapatkan dengan kesetiaan dalam proses perjalanan hidup yang setia pada nilai-nilai “TAKUT AKAN TUHAN”. Dan itulah yang  akan menjadi batas dan tolak ukur dalam hidup. Jika itu dimiliki oleh semua Permata GBKP  maka hidupnya tidak akan pernah menjadi sia-sia. Dan ingatlah bahwa sikap hidup/pilihan dan keputusan kita hari ini akan mempengaruhi hidup kita selanjutnya.

Masa muda memberi banyak kesempatan yang baik juga menawarkan banyak kesempatan membuat hidup kita kurang baik, jadi hati-hatilah dalam memilih. Seperti invocation kita hari ini  “Bijaklah” dan jangan menjadi “bebal”

Seperti syair lagu:

Masa muda sungguh senang, jiwa penuh dengan cita-cita. Dengan api yang tak kunjung padam, selalu membakar dalam kalbu.

Masa mudaku masa yang terindah. Masa Tuhan memanggilku. Masa mudaku masa yang ku kenang. Kutinggalkan semua dosaku..la..la..la..la..la..

Masa muda sungguh senang, kuberikan padaMu ya Tuhan apa yang ada pada diriku kus’rahkan untuk kemuliaanMu.

Nikmatilah masa mudamu, Tetapi tetap ingatah penciptamu.

Pdt. Sri Pinta Br ginting, S.Th

GBKP  Runggun Cileungsi.

Info Kontak

GBKP Klasis Jakarta - Kalimantan
Jl. Jatiwaringin raya No. 45/88
Pondok Gede - Bekasi
Indonesia

Phone:
(021-9898xxxxx)

Mediate