Jadwal Kegiatan

Ibadah Umum - (08PM - 09PM)
Ibaadah Remaja - (09PM - 10PM)

Suplemen PA Moria : Masmur 143:8-10 ; Tgl 13 - 19 Oktober 2019

Ogen : Mazmur 143:8-10

Tema : “Kupakeken KepentarenNdu”

·           Kata Penaruh

 Ibas kegeluhenta si tep-tep wari erbage-bage si man alanken ras si man dahinken. Ibas si e perlu kal kita kepentaren si rehna ibas Dibata nari ibas ndalanisa gelah kai si idahiken kita e lit gunana man banta ras man kalak si deban (kita jadi pasu-pasu ibas kegeluhenta) ras terpuji gelar Dibata.

·           Mpebagesi pengankan kerna ogen

 Mazmur 143 enda encidahken uga Daud si sangana ibas kiniseran si mberat erkiteken imbang-imbangna ngelis-ngelis ia janah ersura-sura guna meneken ia. Erkiteken si e labuh kal ia, kote, lanai lit gegehna janah enggo bene ukurna. Penggejapen Daud ibas kekotenna ia seri ras kalak si enggo ndekah mate. Tapi ibas situasi si bage rupana, Daud nginget keleng ate Dibata ibas wari-wari si enggo lepas si perna igejapkenna, uga Dibata engkelini ia tupung ibas kesusahen. Iukur-ukuri Daud maka Dibata e Dibata si erkuasa ras erkeleng ate man kalak si tetap erpengarapen man baNa. I pekusur-kusurna ibas ukurna emaka keke ukur Daud, lit semangat si mbaru idatkenna, emaka ertoto ia man Dibata. (ay 1-7)

Ayat 8. Ibas ayat enda metedeh Daud gelah tep-tep erpagi-pagi Dibata mpersingeti ia kerna keleng ateNa. Sebab ibas Daud nggejapken ras nginget-nginget kerna kuasa ras keleng ate Dibata e erbanca tetap ukurna, igejapkenna Dibata si erkuasa jadi temanna. Sebab Dibata e la pernah nadingken ia, tetap ikawaliNa ku japa pe perdalanna. Erkiteken si e man Dibata saja ngenca ia ernalem.

“Pertotonku ku penangkih man baNa”; arah pertoton si isehken Daud man Dibata, igejapna kuasa Dibata e erdahin. Arah pertotonna idatna gegeh si mbaru ibas Dibata nari. Bage pe arah pertotonna, Dibata mabai ia ras nuduhken dalan si man dalanenna. Sebab adi Dibata si nuduhken dalan labo maba ku bas kebenen tapi kubas kesenangen (bnd. Mazmur 23)

Ayat 9-10. Ibas ayat enda nuriken uga Daud nggejapken maka Dibata e eme inganna cicio, ingan cilinggem, ingan erpengendes si mereken serpang pulah ras kemalemen ate. Iakuina Dibata emekap Dibatana si erkuasa ras mehuli. Emaka metedeh ia tetap iajari Dibata guna ndalanken peratenNA. Sebab adi Dibata si ngajari ia ibas kegeluhenna, la lepak si ilakokenna, ras la ia mengandalken gegehna jine tapi kepentaren Dibata jadi penggurun ibas ia ndalani kegeluhenna ras muat keputusen-keputusen si arus iputuskenna.

Ayat 11. Ibas kiniseran si ihadapi Daud, igejapna tuhu-tuhu kote ia bahken igejapna ia desken kalak si inggo ndekah mate (ay. 3). Emaka erpengarapen ia man Dibata gelah ipegeluh Dibata min ia, sebab Dibata kap si mada kegeluhen. “pegeluh min aku” se enda pe imaksudken gelah mulihi turah semangat, pengarapen ras kiniteken Daud. Alu bage Daud banci pulah ibas kesusahenna nari.

Ayat 12. Ijenda Daud mindo keadilen man Dibata, gelah Dibata mereken ukumen man musuh-musuhna si enggo ngelakoken si jahant man bana. Ijenda Daud mindo pebelan ibas Dibata nari, erkiteken Dibata e Dibata si perkeleng, erkiteken kekelengenNa gelah Dibata ertak-tak andangi imbang-imbangna.

·           Pengkenaina 

Ibas kegeluhenta si tep-tep wari erbage-bage si man alanken, subuk bagi ukur ntah la bagi ukur, melala perbeben ras tantangen. Ibas si e kita pe megati kote ibas ndalani kegeluhenta, merasa putus asa ras kelsehen. Tapi adi erlajar kita arah kegeluhen Daud ibas ngalaken perbebenna, ia tatap erpengarapen

ras erpengendes man Dibata. La iandalkena gegeh ras kepentarenna, tapi Daud mengandalken kepentaren ras gegeh Tuhan. Ibas persandanna ras Dibata ibas tep-tep wari, Daud:

1. Ngasup nggejapken keleng ate Dibata

2. Ndatken pengajaren ras kepentaren

3. Ndatken serpang pulah ibas Dibata nari ibas kerina perbebenna

4. Ndantken keadilen ibas Dibata nari

Bage me pe arusna kita, tetap ngerembakken dirinta ras Dibata gelah tetap kita mengandalken IA, alu bage si dat serpang pulah ras kemalemen ate. Adi si penalem gegeh ras kepentarenta, labo kita ngasup, kote me kita janah talu pe, erkiteken gegeh ras kepentarenta terbatas. Tapi Dibata e la ersibar kuasaNa, emak si jadiken ia inganta cicio ras si ngajari kita.

Ibas tanggal 16 Oktober 2019 enda, Moria enggo genap umurna 62 tahun. Ibas umur si pe 62 tahunken enda moria enggo min erdewasana, tetap mengandalken Tuhan ras kepentarenNa. Amain gia enggo metua tetaplah erpenggurun ras erpenalemen man Dibata, gelah moria reh pentarna ibas ndalani kegeluhenna ras muat keputusen-keputusen ibas kegeluhenna. Arah umur pe 62 tahunken enda, moria semakin menjadi berkat ibas jabu, gereja ras masyarakat, jadi nande ingan tertande ras jadi tiang doa man isi jabu bage pe man gerejaNa.

Pdt Evlida br Ginting

Rg GBKP Klender

Minggu 01 Desember 2019 ; Yesaya 40 : 1 - 8

(Advent I    : Nimai Kerehen Tuhan Yesus)

Invocatio      : Katakanlah kepada orang-orang yang tawar hati : “Kuatkanlah hati, janganlah takut! Lihatlah, AllahMu akan datang dengan pembalasan dan dengan ganjaran Allah, Ia sendiri datang menyelamatkan kamu!”.(Yesaya, 35:4)

Ogen            : Wahyu, 19:11-15.

Khotbah       : Yesaya 40:1-8

TEMA          : “BERITAKANLAH ALLAH SUDAH MENGAMPUNI DOSA”.

Syalom, Salam sejahtra bagi kita sekalian.

Puji Tuhan, Hari ini kita sudah memasuki minggu Advent I, minggu Advent adalah minggu yang mengingatkan tentang kedatangan Tuhan Yesus melalui kelahiranNya dan kedatanganNya yang kedua kalinya. Kelahiran Yesus sebagai sarana untuk menghadirkan keselamatan bagi dunia melalui kematiaan di kayu salib dan kebangkitan dari antara orang mati, sedangkan kedatanganNya kedua kali menggenapi keselamatan bagi orang yang percaya serta beriman kepadaNya. Pada Minggu-minggu Advent banyak gereja dan jemaat mengadakan perayaan Natal, hal ini tidaklah salah, namun esensi dari Advent itu sendiri jangalah dikaburkan dengan dengan seremonial saja tetapi wujudkanlah natal yang adventis.

Tema renungan minggu ini, mengajak seluruh umat untuk menjadi pembawa berita sukacita bagi dunia, dengan mengumandangkan “Allah sudah mengampuni dosa kita. Statement ini bukanlah kalimat pasif, namun merupakan kalimat Aktif yang menuntut tindakan nyata melalui pertobatan yang kelihatan di dalam pembaharuan hidup dan tindakan dalam kehidupan sehari-hari. Pengampunan itu nyata dalam pertobatan yang sungguh-sungguh.

Saudara-saudara yang terkasih dalam Kristus, ada beberapa hal yang akan saya bagikan bagi kita melalui teks renungan ini:

1. Dosa menimbulkan Penderitaan.

Perbuatan Dosa adalah perbuatan yang melawan kehendak dan Perintah Allah, perbuatan dosa mendatangkan murka Allah dan penderitaan bagi manusia sendiri. Alkitab mencatat bahwa kuasa dosa semakin lama semakin besar dan semakin menjauhkan manusia dari Allah. Bangsa Israel sebagai bangsa pilihan Allah selalu melakukan perbuatan dosa dan melawan Allah, sehingga mereka berulangkali dihukum dan dibuang kepada bangsa bangsa-bangsa asing yang kejam (Babilon, Mesir,Persia, Asyur, dll). Di dalam pembuangan itu umat Allah mengalami penderitaan yang hebat dan dahsyat. Walaupun dosa telah dikalahkan Yesus melalui Salib, namun Peperangan terhadap kuasa dosa tetap berlangsung sampai hari ini. Iblis selalu memiliki banyak cara agar manusia termasuk pengikut Kristus agar jatuh kedalam jerat. Oleh karenanya setiap orang orang harus selalu waspada dan berjaga-jaga terhadap tipu muslihat iblis yang menggiring kita kepada perangkap dosa (bdk.Mat.26:41). usia muda, setengah baya, serta lansia tidak terlepas dari godaan dosa, apa yang dapat kita lakukan untuk melawan dosa?, Matius 26:41, “Berdoa” kepada Tuhan untuk memohon kekuatan melawan dosa, Mazmur,119:9, belajar Firman Tuhan karena Firman Tuhan adalah pelita bagi kehidupan, 2kor,15:33, pergaulan yang baik/jangan meninggalkan persekutuan, apabila kita melakukan perbuatan dosa, bertobatlah dengan sungguh-sungguh karena Allah kita maha pengampun.

 

2.   Allah tetap memelihara dan Menghibur umatNya.

Yesaya pasal 40 adalah awal Deutro Yesaya, dimana bangsa Israel sedang dalam pembuangan yang penuh dengan penderitaan dan akan mendapatkan pembebasan, berita ini disebut juga sebagai “nubuat pemulihan”. Bangsa Israel kurang lebih hampir 70 tahun berada di dalam pembuangan, waktu yang sudah sangat lama mungkin saja mereka sudah lupa terhadap Allah serta latar belakang mereka sebagai bangsa Pilihan. Mungkin saja mereka juga sudah tidak memiliki harapan untuk kembali ke Yerusalem, Namun Allah tidak pernah melupakan umatNya sendiri Ia memberikan tetap memelihara umatNya dan akan membebaskan mereka dari pembuangan. Tujuan dari pembebasan ini adalah, agar Israel kembali melakukan tugasnya menjadi berkat bagi dunia. Allah tetap konsisten memegang janjiNya untuk memelihara umatNya walaupun di dalam pembuangan. Pemeliharaan Allah terlihat melalui kehadiran Yesaya dan nubuatan yang disampaikannya. Didalam kehidupan manusia kita tidak terlepas dari berbagai pergumulan hidup, antara lain : Kematian, Dukacita, Masalah, dll, Tetapi kita jangan pesimis dan putus asa karena Allah pasti akan mememelihara umatNya dengan berbagai cara.

3.   Allah sendiri yang membebaskan umatNya.

Allah kita adalah Allah pembebas bagi manusia, Nubuatan tentang pembebasan itu bukanlah rancangan manusia namun merupakan inisiatif Allah sendiri, Alkitab mencatat bahwa Allah sendiri melalukan pembebasan melaui, Musa, Para Hakim, Nabi-nabi, Raja-raja, dan Yesus Kristus. Kitab bacaan kita minggu ini Allah melihat bahwa Israel sudah cukup mengalami penderitaan di pembuangan akibat pelanggaran mereka sendiri, sehingga melalui nabi Yesaya Allah menyatakan pembebasan dan pengampunan dosa bagi mereka. Berita pembebasan dan pengampunan dosa ini adalah berita sukacita yang sungguh menghiburkan umatNya, pembebasan ini membuktikan bahwa kasih Allah tidak ada habisnya, umat yang hampir tidak memiliki harapan mendapatkan harapan baru. Allah memiliki banyak sekali cara untuk membebaskan kita dari berbagai penderitaan, Puncak pembebasan Allah adalah melalui Yesus Kristus Allah mendamaikan diriNya dengan manusia.

4.   Umat Percaya sebagai sarana untuk mengabarkan Pengampunan Dosa.

Pembebasan Israel adalah gambaran dari eksistensi Allah yang selalu mendatangkan kebaikan bagi manusia, bangsa Israel sudah dibebaskan dari pembuangan, namun hal ini adalah nubuatan terhadap rancangan Allah untuk mendatangkan pembebasan secara universal bagi dunia/bagi manusia berdosa melalui Yesus Kristus yang sudah datang 2000 tahun yang lalu, serta akan segera datang kembali pada masa parousia. Nabi Yesaya menubuatkan agar mempersiapkan “jalan”, untuk kedatangan Mesias sang pembebas, hal ini juga merujuk kepada Gereja dan umat percaya agar menjadi sarana untuk mempersiapkan kedatangan Yesus Kristus yang kedua dengan mengabarkan pertobatan dan pengampunan dosa sebelum hari maranatha tiba. Ini adalah berita sukacita yang harus direspons oleh setiap pengikut Kristus bagi dunia ini. Kita harus senantiasa bersyukur dan bersukacita untuk dipakai menjadi alat keselamatan bagi dunia ini, ini adalah tugas mulia dan sangat berharga. Karena kita sudah terlebih dahulu menerima anugerah pengampunan dosa.

Pdt Togu Persadan Munthe

Rg GBKP Cililitan

Minggu 24 November 2019 ; Matius 13 : 47 -50

Minggu Akhir Tahun Gereja

Invocatio      : Kepada Dia yang seorang diri melakukan keajaiban keajaiban besar! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

Bacaan         : Habakuk 3:1-5

Khotbah       : Matius 13:47-50

Tema          : TUHAN Memisahkan yang Baik dan yang Tidak Baik

I.     Pendahuluan

Tidak terasa minggu ini kita sudah masuk kalender gereja yang disebut  Minggu Akhir Tahun Gereja yang mengingatkan kita akan anak-anak Tuhan atau pun saudara-saudara kita yang sudah lebih dulu berjumpa dengan Allah Sang Penciptanya. Minggu inibukan peringatan untuk menangisi mereka yang sudah meninggal dunia tetapi mengingatkan akan adanya kematian atau pun menyadarkan kita akan adanya akhir kehidupan. Firman Allah juga mengingatkan bahwa kelak kita juga akan menghadapi kematian dan penghakiman. Memento Mori ‘ingat, kau harus mati’ atau ‘ingat, kematianmu’ menjadi pengingat agar apapun yang terjadi, apapun jalan yang kita pilih, kita harus bisa bertahan dan tidak melupakan siapa diri kita. Keyakinan kita bahwasanya Yesus Sang Juruselamat akan datang kembali untuk menghakimi kita dan memisahkan hidup manusia yang percaya dan tidak percaya kepadaNya.

II.   Penjelasan Nats

Firman Tuhan dalam Matius 13:47-50 merupakan perumpaan yang disampaikan Yesus kepada muridNya tentang hal Kerajaan Surga atau pun yang dipahami sebagai perumpamaan tentang penghakiman pada akhir zaman ketika orang benar dan orang jahat dipisahkan.Yesus mengambarkan hal Kerajaan Surga seperti pukat yang dilabuhkan di laut, lalu mengumpulkan berbagai-bagai jenis ikan. Pukat adalah sebuah alat penangkap ikan yang besar (jala besar), dan pukat ini sering kali ditinggalkan di laut selama waktu tertentu. Ketika pukat itu penuh dengan ikan maka diangkat ke tepi pantai dan para nelayan akan memisahkan ikan-ikan yang ada dalam pukat tersebut. Ikan yang baik dimasukkan dalam pasu dan ikan yang tidak baik di buang. Perumpamaan yang disampaikan Yesus meliputi kehidupan nelayan penangkap ikan yang tidak asing bagi para murid dan pendengar pada saat itu. Pastinya mereka mengerti pekerjaan dan fungsi nelayan. Nelayan menagkap segala jenis ikan, tetapi tidak semua ikan dapat dimakan sehingga ikan yang tidak baik mereka buang. Tradisi nelayan Palestina harus memisahkan ikan tangkapannya ke dalam 2 golongan yaitu ikan yang dapat dimakan dan tidak dapat di makan. Ikan yang halal dan haram yang sudah ditentukan dalam  Imamat 11:10-12.

Perumpaan ini menjelaskan bahwa misi Yesus dan murid-muridNya merupakan seruan kepada semua manusia dari berbagai tingkat sosial di dunia ini. Orang baik dan orang jahat sama-sama hidup di dunia ini tetapi tiba waktu pemisahan yang ditentukan TUHAN maka orang baik dan jahat akan dipisahkanNYa (bd. Hak. 3”1-5). 

Dalan buku Perumpaan Yesus (Arman Barus) Pukat atau jala besar dalam perumpamaan ini digambarkan adalah Gereja, laut adalah dunia hal ini menerangkan tentang pelayanan gereja yang membawa semua bangsa ke dalam gereja. Berbagai jenis ikan adalah beragam manusia, perumpamaan tentang universalitas pelayanan Yesus menjangkau manusia dari berbagia golongan. Melempar jala berarti mengumpulkan manusia. Oleh sebab itu gereja sebagai perpanjangan tangan TUHAN mempunyai peran penting untuk membawa manusia hidup baik. Dengan mengaplikasikan Firman Allah dalam kehidupan sehari-hari sehingga banyak orang yang mampu melihat kebenaran Firman Allah sehingga ia juga mampu untuk hidup baik.

III.       Penutup

1.    Perumpaan dalam Matius 13:47-50 merupkan perumpamaan yang menjelaskan adanya hari penghakiman dimana terjadi pemisahan antara orang yang baik dan tidak baik. Dan penghakiman hanya hak Allah bukan manusia.

2.    Penghakiman yang akan terjadi tidak hanya untuk warga gereja melainkan meliputi seluruh dunia. Semua kelompok etnis manusia tampa terkecuali. Penghakiman tahap eskatologis terjadi pada akhir zaman dimana malaikat-malaikat memisahkan orang baik dan orang jahat. Dan penghakiman yang demikian dilukiskan dengan mencampakkan orang jahat ke dalam tungku api yang terdapat ratapan dan kertak gigi.

3.    Kerajaan surga bersifat universal, meliputi semua suku bangsa dunia dan undangan masuk ke dalam Kerajaan Surga diberikan kepada semua kelompok etnis tampa perbedaan. Semua manusia dari berbagai status sosial.

4.    Firman Tuhan ini bukan untuk menakuti kita untuk menjalani hidup tetapi mengingatkan kita untuk tetap setia melakukan Firman Tuhan sampai hari yang ditentukan Allah tiba bagi kita manusia untuk menerima penghakiman dan pemisahan yang baik dan tidak baik. Dan yang menjadi harapan kita, kita masuk dalam bagian yang baik dihadapan Tuhan (bd. Invocatio).

Pdt Mulianta Enaria br Purba

Rg GBKP Cibubur

Info Kontak

GBKP Klasis Jakarta - Kalimantan
Jl. Jatiwaringin raya No. 45/88
Pondok Gede - Bekasi
Indonesia

Phone:
(021-9898xxxxx)

Mediate